Bantuan
Bantuan

Harga Tambal Gigi Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Harga Tambal Gigi Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Tahukah Anda bahwa harga tambal gigi akan bergantung dari tingkat keparahannya? Tambal gigi adalah upaya untuk mengatasi gigi berlubang, yang mana mungkin banyak orang alami. Ketika memutuskan untuk melakukan tambal gigi di dokter terpercaya, Anda akan diberikan opsi bahan yang digunakan. Selain itu, Anda juga akan dijelaskan tentang bagaimana tahap-tahap yang akan dijalankan nanti. Untuk bahan yang digunakan dalam proses tambal gigi ini pun bermacam. Akan tetapi, di Indonesia sendiri hanya ada dua bahan yang biasa digunakan yakni GIC dan resin komposit. 

Jika Anda cemas dengan harga tambal gigi yang mahal, maka bisa mencoba layanan BPJS Kesehatan. Diketahui dari panduan praktis pelayanan gigi dan juga prothesa gigi untuk pengguna jaminan kesehatan atau JKN dari BPJS Kesehatan, bahwa tambal gigi masuk ke dalam pelayanan yang dijamin. Tambal gigi yang dijamin adalah menggunakan bahan glass ionomer cement atau GIC, atau bahan resin komposit. Pelayanan tambal gigi ini bisa Anda peroleh di beberapa fasilitas kesehatan yakni seperti puskesmas, klinik, dan juga tempat mandiri dokter gigi. 

Bila Anda ingin memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk menekan harga tambal gigi, maka pastikan bahwa anda mempunyai akses ke fasilitas kesehatan tingkat I. Hal ini bisa dipastikan ketika Anda mendaftar kepesertaan jaminan kesehatan. Perlu Anda ingat bahwa tidak semua tambal gigi dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Misalnya tambal gigi yang dilakukan guna estetika. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Rumahan Lainnya

Perkiraan Harga Tambal Gigi

Bisa dikatakan bahwa harga tambal gigi cukup besar, yang mana untuk kondisi lubang gigi yang paling ringan sekalipun akan membutuhkan 150.000 sampai 300.000 rupiah untuk satu gigi. Harga tambal gigi tersebut pun menggunakan bahan yang sangat terjangkau. Akan tetapi, ada juga fasilitas kesehatan yang menawarkan harga tambal gigi yang lebih murah daripada itu. Jika kasus gigi berlubang yang ingin ditambal memiliki tingkat keparahan yang sedang, maka harga tambal gigi yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Dimana akan berkisar antara 400.000 sampai 600.000 rupiah per satu giginya. 

Selain bergantung dari tingkat keparahan lubang gigi, harga tambal gigi juga dapat bergantung dari bahan yang digunakan. Sehingga, pasien dapat menentukan rendah atau tingginya tambal gigi. Sedangkan untuk kondisi gigi berlubang yang sudah sangat parah, maka bahan yang digunakan haruslah yang terbaik. Sebab, diperlukan bahan terbaik untuk menahan beban mengunyah. Jika gigi berlubang sudah sangat parah, harga tambal gigi dapat mencapai 700.000 sampai 1.000.000 rupiah per giginya. Beberapa faktor lain yang memengaruhi rendah atau tingginya proses tambal gigi. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Ada atau tidaknya proses pemeriksaan gigi yang diperlukan, misalnya seperti rontgen. 

  • Bahan tambal gigi yang digunakan.

  • Lokasi fasilitas kesehatan sebagai tempat melakukan tambal gigi. 

Baca Juga: Mengapa Rontgen Gigi Diperlukan? Mari Cari Tahu di Bawah Ini

Prosedur Tambal Gigi

Untuk bisa melakukan prosedur tambal gigi ini, tentu Anda tidak bisa begitu saja langsung melakukannya. Dimana ada beberapa prosedur yang diperlakukan, yakni sebagai berikut:

  1. Pembersihan area gigi

Pertama, area gigi berlubang Anda harus dibersihkan dengan baik sampai tuntas. Hal ini agar bakteri benar-benar dapat menghilang, yang mana dilakukan dengan menggunakan bur gigi. Anda tidak perlu cemas sebab dokter bisa memberikan bius lokal pada gigi yang sedang dibor, apabila rasa nyeri terasa sangat mengganggu. 

Baca Juga: Ini Obat Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh Yang Anda Dapatkan Di Apotek

  1. Pengolesan bahan perekat

Sesudah gigi Anda benar-benar dibersihkan dengan baik, maka gigi Anda akan dioleskan bahan perekat tambalan. Pengolesan bahan perekat ini disebut sebagai bonding, yang mana memiliki fungsi supaya bahan tambal, dapat merekat ke permukaan gigi dengan sempurna. 

  1. Bahan tambal dimasukkan

Dimana dokter akan membentuk bahan tambal supaya sesuai dengan permukaan gigi pengunyah Anda.

  1. Tes gigi

Prosedur ini dilakukan supaya mengetahui ada tidaknya rasa mengganjal dari tambal gigi yang dilakukan. Apabila Anda merasa gigi mengganjal, maka dokter nantinya akan menyesuaikan tinggi tambalan. 

  1. Finishing

Langkah ini tidak kalah penting dengan prosedur lainnya, yang mana supaya permukaan tambal menjadi semakin halus dan tidak bercelah. 

Jika Anda ingin melakukan tambal gigi, maka pastikan melakukannya di fasilitas kesehatan resmi. Hal ini agar Anda terhindar dari kerusakan gigi yang semakin parah nantinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. https://bpjskesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/22ae6b463ebf13302666f1d79da799dc.pdf
  2. https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-fillings#1
  3. https://www.dentalhealth.org/different-filling-materials
Bagikan artikel ini