Ketahui Penyebab Gummy Smile dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Penyebab Gummy Smile dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendengar istilah gummy smile? Gummy smile atau senyum tampak gusi kerap membuat banyak orang tidak percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena  gummy smile masih bisa diatasi.

Penyebab Gummy Smile

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi gummy smile, berikut ada beberapa penyebab gummy smile  yang perlu Anda ketahui: 

  1. Terlalu Banyak Jaringan Gusi

Salah satu penyebab paling umum gummy smile adalah terlalu banyak jaringan gusi. Pertumbuhan jaringan gusi kadang terjadi ketika erupsi gigi permanen yang menutupi banyak gigi. Kondisi ini merupakan infeksi yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan menutupi terlalu banyak gigi. Penyebab gummy smile ini bisa Anda cegah dengan mempraktikkan kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang baik, serta mengunjungi dokter gigi  dua kali setahun untuk pembersihan profesional. 

  1. Bibir atas Hiperaktif

Penyebab gummy smile selanjutnya adalah karena bibir atas hiperaktif ketika tersenyum. Bibir hiperaktif terjadi ketika otot-otot di bibir atas mengangkat bibir terlalu tinggi. Terlalu sering menggunakan otot-otot tersebut, bisa menyebabkan bibir atas terangkat dan mengekspos jaringan gusi.  

  1. Gigitan Buruk

Gigitan buruk menimbulkan senyum bergetah. Kondisi ini terjadi ketika rahang atas Anda tidak sejajar dengan rahang bawah Anda. Gigitan yang buruk bisa menyebabkan banyak masalah mulai dari nyeri rahang, gigi bengkok serta senyum bergetah. Gigitan buruk sering menyebabkan rahang atas menonjol lebih jauh dari yang seharusnya.

  1. Kebersihan Gigi yang Buruk

Kebersihan gigi yang buruk bisa memicu munculnya gummy smile. Kondisi ini terjadi ketika plak menumpuk di gigi Anda, lalu plak tersebut menemukan jalannya di bawah gusi, yang kemudian menjadi meradang dan membesar

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat

Cara Mengatasi Gummy Smile

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab gummy smile di atas. Kini Anda bisa menentukan cara mengatasi gummy smile berdasarkan penyebabnya. Berikut cara mengatasi gummy smile berdasarkan penyebabnya, yang perlu Anda ketahui: 

  1. Pengangkatan Gusi atau Pemanjangan Mahkota

Terlalu banyak jaringan gusi merupakan salah satu penyebab gummy smile yang bisa Anda atasi dengan pengangkatan gusi atau pemanjangan mahkota. Pengangkatan gusi merupakan proses menghilangkan beberapa jaringan gusi di sekitar gigi dan merestrukturisasi garis gusi menjadi lebih tinggi. Beberapa dokter gigi akan merekomendasikan perawatan pemanjangan mahkota, yang tidak hanya mengubah struktur gusi, tetapi juga melibatkan perubahan tulang di sekitar gigi.

  1. Scaling dan Root Planing

Gummy smile bisa disebabkan oleh gusi yang meradang dan terinfeksi. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan memulai pembersihan gigi profesional, yang disebut scaling dan root planing. Pembersihan tingkat lanjut mencapai kantong gusi di sekitar gigi Anda, untuk menghilangkan bakteri dan membantu menyembuhkan infeksi. Setelah infeksi hilang, peradangan pada gusi pun cenderung mereda.

  1. Orthodonsi 

Orthodonsi biasa digunakan untuk merawat gummy smile yang disebabkan oleh gigitan yang buruk. Kawat gigi atau pelurus gigi bening seperti Invisalign atau Clear Correct bisa membantu menyesuaikan gigitan ke posisi ideal dan mengurangi jumlah jaringan gusi yang terlihat saat tersenyum, berbicara atau tertawa. Menggunakan cara orthodonsi untuk memperbaiki gigitan yang buruk bisa meringankan masalah gigi lainnya seperti nyeri rahang.

  1. Menurunkan Bibir

Dalam perawatan gigi ini, dokter gigi Anda tidak akan benar-benar menurunkan bibir Anda. Dokter gigi hanya akan menghilangkan sebagian kecil jaringan gusi di bawah bibir atas, lalu bagian atas dan bawah dijahit bersama, sehingga bibir tampak lebih pendek. Bibir yang lebih pendek ini akan membuat bibir atas Anda tidak terlalu tinggi, sehingga menutupi gusi dan mengurangi tampilan gummy smile. 

  1. Bedah Ortognatik

Bedah ortognatik merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk memperbaiki kelainan susunan tulang rahang atas dan bawah. Bedah ortognatik biasanya didahului dengan perawatan ortodontik selama satu tahun. Waktu pemulihan dari bedah ini cukup lama dan membutuhkan rawat inap di rumah sakit dan anestesi umum. Namun, hasilnya sangat terlihat dan mampu mengubah tampilan gummy smile.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi gummy smile yang perlu Anda ketahui. Jika gummy smile menyebabkan Anda tidak percaya diri, jangan khawatir, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter gigi, lalu memilih perawatan terbaik untuk mengatasi gummy smile Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berencana Menggunakan Kawat Gigi? Ketahui Jenis Behel dan Fungsinya Berikut Ini

 

Sumber:

1. Phuro. What Are The Causes Of A Gummy Smile And How Is It Treated?. (2018).

2. MT PLEASANT DENTIST: WHAT CAUSES A GUMMY SMILE AND HOW CAN YOU FIX IT?. (2020).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi