Ini Obat Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh Yang Anda Dapatkan Di Apotek

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Ini Obat Sakit Gigi Di Apotek Agar Anda Cepat Sembuh

Sudahkah Anda tahu apa saja obat sakit gigi agar cepat sembuh? Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang membuat banyak orang merasa kesal. Pasalnya, saat seseorang sakit gigi akan merasa sulit makan hingga berbicara. Oleh karena itu, tidak jarang orang yang mengalami sakit gigi akan segera mencari obat sakit gigi.

Anda bisa menemukan banyak obat sakit gigi yang bisa dibeli dengan bebas di apotek bahkan tanpa resep sekalipun. Lalu apa saja obat sakit gigi yang bisa didapatkan di apotek tersebut? Simak penjelasan mengenai obat sakit gigi di bawah ini. 

  1. Ibuprofen

Obat yang bisa Anda beli di apotek yang pertama yaitu obat ibuprofen. Obat yang satu ini merupakan obat golongan antiinflamasi non steroid. Cara kerja obat ibuprofen yaitu dengan menekan produksi hormon penyebab peradangan. Ada berbagai merk obat ibuprofen yang bisa Anda pilih di apotek.

Perlu ingat, saat mengkonsumsi obat ini sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong. Sedangkan untuk dosis yang diperlukan yaitu 20 mg hingga 400 mg untuk orang dewasa setiap 4 hingga 6 jam maksimal 32000 mg/hari. Untuk anak-anak di atas 6 bulan, dosisnya diukur berdasarkan berat badan yaitu 10 mg/kg setiap 6 hingga 8 jam sekali, maksimal 40 mg/hari. 

  1. Hydrogen Peroxide 3%

Obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan di apotik yang selanjutnya yaitu hydrogen peroxide 3%.  Obat ini merupakan obat antiseptik yang mungkin Anda sering mengenalnya sebagai obat kumur yang dapat membunuh bakteri serta kuman. 

Cara menggunakannya yaitu dengan melakukan hydrogen peroxide 3% ke dalam air secukupnya. Setelah itu, gunakan larutan  tersebut untuk berkumur kurang lebih selama 30 detik. Jika sudah, maka muntahkan cairan tersebut lalu lanjutkan dengan berkumur air bersih. Perlu diingat, pastikan Anda melarutkan terlebih dahulu obat ini sebelum digunakan berkumur karena dapat melukai mulut.

Baca Juga: Beberapa Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapatkan

  1. Paracetamol

Mungkin banyak dari Anda yang mengenal obat paracetamol sebagai obat penurun demam. Namun sebenarnya, paracetamol juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Cara kerjanya yaitu dengan menghambat produksi prostaglandin di otak sehingga dapat menghentikan rasa sakit. 

Dosis paracetamol untuk setiap golongan umur berbeda-beda. Untuk orang dewasa, dosis yang diperbolehkan yaitu 1000 mg setiap 6 hingga 8 jam, atau 500 mg untuk 4 hingga 6 jam. Untuk anak-anak usia 12 atau lebih, dosis yang diperbolehkan yaitu 325-650 mg setiap 4 hingga 6 jam dan dosis maksimal 4000 mg/hari.

  1. Benzocaine

Obat sakit gigi yang selanjutnya yaitu benzocaine yang merupakan obat anestesi lokal. Cara kerja dari obat ini yaitu dengan memblokir sinyal saraf yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, terdapat juga jenis benzocaine topikal yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. 

Jika Anda menggunakan obat ini sebaiknya berhati-hati. Pasalnya obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti kulit pucat, pusing, sakit tenggorokan, bibir dan telapak tangan membiru, sakit kepala, demam tinggi, dan mual  

  1. Naproxen

Obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan di apotek yang terakhir yaitu obat naproxen. Obat ini merupakan golongan  obat antiinflamasi non steroid yang bekerja dengan cara menekan produksi hormon penyebab peradangan. Anda bisa menemukan obat ini dalam berbagai merk di apotek. 

Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa yaitu 550 mg sekali sehari atau setiap 12 jam. Sedangkan untuk anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun, dosisnya dihitung dengan cara 2,5 - 10 mg/kg yang diberikan setiap 8 hingga 12 jam. Apabila dosis penggunaan obat ini berlebih, maka dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, pastikan Anda menaati aturan pakainya. 

Nah, itulah dia beberapa obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat bahkan tanpa resep sekalipun. Namun alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar sakit gigi yang Anda alami mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

 

Sumber:

1. Conoway, Brenda. 2015. Which OTC Pain Reliever Is Right for You?.

2. Watson, Shawn. 2020. Over-the-Counter Pain Relief Medication for Dental Use.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi