Bantuan

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Rumahan Lainnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jan 2022

Bagikan

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Rumahan Lainnya

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan alami lainnya? Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, karang gigi ini dapat menimbulkan berbagai efek buruk lainnya seperti radang gusi, dan membuat gigi menjadi rapuh.

Cara membersihkan karang gigi ini bisa dilakukan dengan scaling yang bisa dilakukan di dokter gigi. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan scaling ini sangatlah bervariasi mulai dari Rp150 ribu hingga Rp500 ribu. Namun, bagi Anda yang enggan mengeluarkan uang bisa mencoba menghilangkan karang gigi dengan bahan-bahan alami. 

Apa Itu Karang Gigi?

Karang gigi merupakan plak yang mengendap dan akhirnya mengeras pada permukaan gigi. Plak itu sendiri merupakan lapisan tipis namun lengket yang terbuat dari kotoran, sisa-sisa makanan dan bakteri. Plak yang tidak dibersihkan ini akan mengeras seiring berjalannya waktu. Umumnya dibutuhkan 12 hari hingga menjadi  karang gigi. Namun, pada beberapa orang mungkin pengerasan akan terjadi lebih cepat. 

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi

Lalu bagaimanakah cara membersihkan karang gigi menggunakan bahan-bahan alami? Tidak perlu risau, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan-bahan rumahan lainnya.

  1. Menyikat gigi dengan garam

Tahukah Anda, ternyata garam yang sering digunakan untuk memasak bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Untuk dapat melakukannya, Anda cukup campurkan garam dan 1 sdm soda kue. Dalam hal ini, soda kue dibutuhkan karena sifat antibakterinya yang juga cukup kuat. Oleskan campuran ini ke sikat gigi kemudian basahi dengan sedikit air, lalu gunakan untuk menyikat gigi.

  1. Menggunakan scrub lidah buaya

Selain cara membersihkan karang gigi dengan garam, bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah lidah buaya. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mencampurkan 1 sdt lidah buaya, 4 sdt gliserin, air, dan minyak lemon menjadi pasta. Gunakan campuran pasta ini untuk menyikat gigi Anda setiap malam sebelum tidur. Dengan m 

  1. Menggosokkan kulit jeruk

Bahan alami yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu kulit jeruk. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk langsung ke permukaan gigi. Namun bagian kulit jeruk yang digunakan yaitu bagian dalamnya. Jika ingin menjangkau bagian yang sulit, Anda bisa melumat kulit jeruk hingga menyerupai pasta. Setelah itu campurkan sedikit pasta gigi dan gunakan untuk menyikat gigi.

  1. Menyikat gigi dengan baking soda

Cara membersihkan karang gigi yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menggunakan baking soda. Pasalnya, baking soda memiliki sifat abrasif atau pembersih alami. Bahkan, baking soda disebutkan  mampu menahan pertumbuhan karang gigi selama 24 jam dibanding dengan pasta gigi biasa. Cara menggunakannya yaitu dengan menyikat gigi seperti biasa namun menggunakan baking soda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda, Amankah?

  1. Menggunakan benang gigi

Benang gigi merupakan salah satu alat pembersih mulut yang wajib Anda miliki. Benang gigi ini akan membantu menghilangkan berbagai sisa-sisa makanan yang berada di tempat yang sulit terjangkau seperti sela-sela gigi. Oleh karena itu, benang gigi ini efektif dalam membersihkan karang gigi yang membandel. Namun perlu hati-hati saat membersihkan gigi agar tidak melukai gusi.  

  1. Menggunakan obat kumur

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk membersihkan karang gigi yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur. Obat  kumur akan membantu merontokkan plak dan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Selain membersihkan karang gigi, obat kumur akan membuat napas menjadi lebih segar. 

  1. Mengunyah biji wijen

Cara membersihkan karang gigi yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan mengunyah biji wijen. Caranya yaitu dengan mengunyah biji wijen hingga halus,  namun jangan sampai tertelan. Setelah itu, sikatlah gigi Anda menggunakan biji wijen yang sudah halus tersebut. 

Nah itulah dia beberapa cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan-bahan rumahan lainya. Agar tidak tercipta karang gigi, rajinnya menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Selain itu, gunakan juga benang dan obat kumur untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang tersisa. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Eske, Jamie. 2019. Removing plaque and tartar from teeth. 
  2. Bloor West Smiles. 2018. Natural Ways To Remove Tartar Build-Up At Home.
  3. Cleveland Clinic. Dental Plaque.
Bagikan artikel ini