Bantuan
Bantuan

Gerakan Plank: Manfaat dan Cara yang Benar Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Gerakan Plank: Manfaat dan Cara yang Benar Melakukannya

Tahukah Anda, plank merupakan gerakan yang sangat sederhana, tetapi sangat berdampak pada tubuh. Plank tidak hanya mampu memperkuat otot, namun juga mampu meningkatkan kelenturan serta memperbaiki postur tubuh.

Jika Anda dapat melakukan gerakan plank dengan benar, maka banyak manfaat yang Anda dapatkan. Walaupun gerakan plank sangat sederhana, namun Anda tetap memerhatikan cara-cara melakukannya.

Ada beberapa kesalahan umum yang mungkin Anda lakukan seperti melengkungkan punggung ataupun mendongak. Simak terus penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara yang benar melakukan plank

Cara Melakukan Plank

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika plank yaitu meletakkan siku di atas lantai dan pergelangan tangan berada di depan sejajar dengan siku.

  • Gunakan siku yang menempel di lantai untuk mendorong dan menahan badan Anda. Pastikan posisi leher lurus, kaki lurus ke belakang dan pastikan yang menempel pada lantai hanyalah ujung-ujung jari. 

  • Pastikan badan Anda lurus dan mengencangkan otot perut, hindari badan melengkung. Rasakan otot gluteal di daerah pantat yang mengencang ketika menahan tubuh tetap lurus.

  • Pertahankan posisi tersebut sembari bernapas dengan normal. 

  • Lakukan gerakan ini selama Anda mampu melakukannya. 

Baca Juga: Jangan Remehkan Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga

Manfaat Plank

Setelah Anda berhasil melakukan gerakan plank dengan benar, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Lantas apa saja manfaat yang didapatkan dari gerakan plank ini? Temukan jawabannya dibawah ini. 

  1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Manfaat plank yang pertama yaitu dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Kelenturan itu diperlukan oleh tubuh karena dapat membuat Anda dapat bergerak dengan bebas. Salah satu contohnya yaitu ketika membungkuk untuk mengikat tali sepatu, bagi orang yang memiliki kelenturan rendah, hal ini dirasa sangat menguras tenaga.

Dengan melakukan plank, dapat membantu otot ini menjadi kuat dan stabil, namun tetap fleksibel.  Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh untuk membuat gerakan yang lebih leluasa dan efisien. 

  1. Membakar Kalori

Manfaat plank yang selanjutnya yaitu dapat membakar kalori. Walaupun gerakan plank tidak dapat disamakan dengan gerakan kardio yang membakar lebih banyak kalori setiap melakukannya, namun gerakan plank juga dapat meningkatkan pembakaran kalori.

Efek pembakaran kalori ketika Anda melakukan plank dapat bertahan meski sudah selesai melakukan gerakan tersebut. Pada orang dengan berat badan 68 kg dapat membakar 3 kalori per menitnya. 

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Bagi Anda yang memiliki postur tubuh yang tidak tegak atau bungkuk, plank dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh tersebut. Hal ini karena, ketika Anda menahan posisi saat plank, maka otot-otot bagian atas tubuh akan tertarik ke belakang dan tubuh.

Sehingga dapat memperbaiki tulang belakang yang bengkok dan juga menguatkan daerah punggung atas, leher, baru dada dan otot perut. 

  1. Menghindari Nyeri Punggung Bagian Bawah

Plank juga memungkinkan Anda terhindar dari nyeri punggung bagian bawah. Hal ini karena, plank melatih kekuatan otot inti tubuh yang berfungsi untuk menstabilkan tubuh. Apabila otot inti lemah, maka akan membuat otot lainnya bekerja lebih keras untuk menjaga postur tubuh.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka otot-otot lainnya akan mengalami ketegangan sehingga menyebabkan nyeri punggung bawah.  

  1. Mengencangkan Perut

Manfaat plank yang terakhir yaitu mengencangkan perut. Hal ini karena plank melatih kekuatan otot inti. Otot inti yang kuat mampu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh yang berguna untuk penyerapan gizi, membersihkan racun, hingga mengontrol keseimbangan hormon yang lebih efisien. 

Itulah beberapa manfaat plank yang bisa Anda dapatkan. Apabila Anda masih seorang pemula, Anda dapat mulai dari melakukan plank selama 5 detik dan istirahat selama 5 detik. Lakukan hal ini secara berulang sebanyak 3 hingga 6 set. Apabila Anda sudah mulai terbiasa, Anda dapat meningkatnya menjadi 10 detik setiap plank dan terus menambah durasinya secara bertahap. 

Semoga informasi mengenai cara melakukan dan manfaat plank ini dapat berguna untuk Anda. Agar Anda dapat mencapai manfaat yang maksimal dan usahakan Anda rutin melakukan gerakan ini.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Sumber:

1. How to do the perfect plank. (2017)

2. Kelly, Erin. The Worthwhile Benefits of Plank Exercises. (2020)

Tag :
Bagikan artikel ini