Bantuan
Free Tele x

Penyebab Lutut Sakit Dan Cara Mengatasi Yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Penyebab Lutut Sakit & Cara Mengatasinya

Mungkin di antara Anda, pernah merasakan lutut sakit, tetapi apakah Anda tahu apakah penyebab lutut sakit tersebut? Tentunya, masalah yang terjadi pada lutut akan membuat Anda susah bergerak ataupun  beraktivitas.

Hal ini karena, lutut memiliki fungsi yang penting dalam menopang badan saat berjalan, berlari, duduk dan jongkok. Lantas, apa yang menyebabkan lutut sakit? Simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Lutut Sakit

Lutut sakit dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Apabila pada saat Anda meluruskan kaki, berjongkok ataupun duduk merasakan beberapa gejala seperti nyeri saat menekuk lutut, kaki atau betis terasa lemas, dan lutut terasa kaku pada saat jongkok atau duduk.

Bisa jadi Anda mengalami patellofemoral yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat sehingga membuat stress berulang pada tempurung lutut. 

Contoh kegiatan dengan aktivitas berat yaitu, olahraga berlebihan seperti angkat beban dan lari. Oleh karena itu, kondisi ini sering dialami oleh atlet, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada semua orang. 

Selain patellofemoral, ternyata ada beberapa penyebab lutut sakit yang lain. Berikut ini beberapa penyebab lutut sakit lainnya. 

  1. Bursitis atau peradangan yang disebabkan oleh penggunaan lutus yang berulang hingga membuat tulang rawan pada lutut rusak.

  2. Osteoarthritis atau pengapuran sendi yang disebabkan oleh penuaan trauma, obesitas atau faktor lainnya. 

  3. Dislokasi atau pindahnya tempurung lutut yang disebabkan oleh trauma.

  4. Robekan meniskus atau kondisi dimana ketika salah satu ligamen yang ada di dalam lutut pecah atau robek. 

  5. Kista baker atau penumpukan cairan sinovial yang melumasi sendi di belakang lutut.

  6. Osteosarcoma atau kanker tulang juga dapat menjadi penyebab lutut sakit yang Anda alami.

Baca Juga: Pergelangan Kaki Sakit? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengobatinya

Cara Mengatasi Lutut Sakit

Lutut sakit pada dasarnya dibutuhkan pengobatan medis untuk mengatasinya. Akan tetapi, apabila rasa nyeri dan sakit pada lutut Anda masih ringan, maka Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah. 

  1. Mengontrol Berat Badan

Cara mengatasi sakit lutut yang pertama yaitu mengontrol berat badan. Sebaiknya Anda selalu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena, berat badan yang berlebih akan memiliki risiko sakit lutut yang jauh lebih besar.

Berat badan berlebih akan membuat lutut bekerja lebih keras dalam menyangga tubuh. Bahkan, jika Anda sudah mengalami sakit lutut, maka berat badan berlebih hanya akan memperparah kondisi lutut yang sakit. 

  1. Beri Pijatan Ringan

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan pijatan yang ringan pada lutut. Pertama-tama, Anda harus berada pada posisi duduk dan meluruskan kedua lutut dan kaki. Setelah itu, kepalkan kedua tangan lalu ketuk dengan perlahan pada paha bagian atas, bawah dan tengah.

Kemudian, gunakan keempat jari Anda selain ibu jari untuk menepuk lutut secara perlahan ke atas dan bawah. Dan yang terakhir yaitu letakkan telapak tangan di atas paha, lalu pijat bagian pada dan lutut. 

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Menghilangkan rasa sakit pada lutut bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Anda bisa mengonsumi obat apabila rasa nyeri yang Anda rasakan mulai terasa sakit dan tidak nyaman. Beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi yaitu, aspirin, ibuprofen, paracetamol. Namun, apabila rasa sakit tidak kunjung membaik, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Melindungi Lutut

Cara mengatasi sakit lutut yang paling utama yaitu mengistirahatkan dan melindungi lutut. Melindungi lutut merupakan hal yang penting karena dapat mencegah terjadinya cedera dan rasa sakit yang lebih parah.

Selain itu, Anda juga perlu mengistirahatkan lutut dengan cara mengurangi aktivitas berat untuk sementara waktu. Mengistirahatkan lutut ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan. 

  1. Kompres Panas Atau Dingin

Cara mengatasi rasa sakit pada lutut yang terakhir yaitu dengan mengompresnya dengan kompres panas ataupun dingin. Efek panas dari kompres dapat melemaskan otot dan sendi sehingga mengurangi kekakuan yang menjadi penyebab rasa sakit. Sedangkan rasa dingin dapat meredam pembengkakan dan rasa nyeri.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab lutut sakit dan juga cara mengatasinya. Apabila lutut Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya segera untuk memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah Ini Terbukti Ampuh

 

Sumber:

1. Holland, Kimberly. Chronic Knee Pain. (2019)

2. Knee Pain.

Bagikan artikel ini