Bantuan

Dipercaya Memiliki Banyak Khasiat, Berikut Ini Manfaat Buat Tin yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Feb 2022

Bagikan

Buah Tin

Manfaat buah tin yang terkenal sangatlah banyak, mulai dari untuk mengatasi sembelit hingga asma. Oleh karena manfaat inilah, buah tin telah menjadi salah satu buah yang digunakan secara turun-temurun, bahkan sejak berabad-abad waktu yang lalu.

Berasal dari Asia Barat, buah tin kini sudah dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Dengan begitu, sudah tidak ada alasan lagi untuk melewatkan konsumsi buah yang disebutkan dalam kitab suci umat Islam ini. Belum lagi jika mengingat kandungan nutrisi serta manfaat buah tin yang sangat melimpah. 

Baca juga: Segudang Manfaat Buah Pir Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kandungan nutrisi buah tin

Jika Anda bertanya-tanya dari mana rasa manis dan menyegarkan buah tin, jawabannya adalah dari kandungan nutrisi berupa gula alami yang ada di dalam buah itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram buah tin.

  • Energi: 74 kkal

  • Karbohidrat: 19 gr

  • Gula: 16,26 gr

  • Serat: 2,9 gr

  • Protein: 0,75 gr

  • Kalium: 232 mg

  • Kalsium: 35 mg

  • Magnesium: 17 mg

  • Vitamin C: 3 mg

Tidak hanya itu saja, buah tin juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B-6 dan juga tembaga yang tentunya cukup melimpah.

Manfaat buah tin

Mengingat kandungan nutrisinya yang begitu melimpah, tentu tidak mengherankan apabila manfaat buah tin bagi kesehatan juga terbilang begitu beragam. Adapun beberapa manfaat buah tin yang tidak bisa dilewatkan adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga jantung tetap sehat

Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam hal ini, buah tin mengandung zat-zat vital yang baik untuk sistem kardiovaskuler, yakni kalium, tembaga, dan zat besi. Kandungan inilah yang membuat aliran darah lebih lancar, tekanan darah terkendali hingga pada akhirnya menghindarkan jantung dari berbagai ancaman penyakit. 

  1. Mencegah osteoporosis

Demi menjaga kesehatan tulang, konsumsi buah tin yang memiliki kandungan kalsium dan kalium merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan. Dalam hal ini, kandungan tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah penyakit osteoporosis yang berkaitan dengan pengeroposan tulang. 

  1. Mencegah kanker

Manfaat buah tin lainnya yang penting untuk diketahui, yakni dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker usus. Hal ini karena buah tin memiliki kandungan zat antioksidan berupa flavonoid yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker. 

  1. Mampu mengatasi sembelit

Buah tin telah lama digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, terutama sembelit. Ternyata, khasiat yang satu ini hadir dari kandungan serat dalam buah tin yang sangat melimpah. Kandungan serat ini akan dapat melunakkan feses sehingga pada akhirnya membuat pencernaan menjadi lebih lancar. 

  1. Mengatasi disfungsi seksual

Khasiat buah tin lainnya yang tidak bisa dilewatkan adalah dapat meningkatkan kesuburan, terutama berkaitan dengan disfungsi seksual seperti kemandulan serta disfungsi ereksi. Dengan begitu, tentu tidak mengherankan jika banyak obat-obatan herbal untuk kesuburan yang memiliki kandungan buah tin ini.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan berlebih tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan saja, akan tetapi juga dapat membahayakan kesehatan. Nah, apabila Anda sedang berusaha menjalani diet untuk menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal maka konsumsi buah tin ini tidak bisa dilewatkan. Selain kaya akan kandungan serat, buah tin yang rendah kalori ini juga dapat melancarkan metabolisme tubuh Anda.

  1. Prebiotik alami

Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah tin telah menjadikan buah ini sebagai salah satu prebiotik alami. Dalam hal ini, kandungan dalam buah tin dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini memiliki peranan penting dalam menghalau mikroorganisme berbahaya serta menyehatkan pencernaan. 

Itulah dia penjelasan mengenai buah tin beserta kandungan nutrisi dan manfaatnya. Tidak hanya itu saja, sejatinya masih banyak manfaat buah tin lainnya yang bisa Anda dapatkan, mulai dari menjaga kesehatan organ hati, mengobati luka, meningkatkan sistem imun tubuh, membantu tidur lebih nyenyak hingga mencegah anemia. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengandung Antioksidan, Apa Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh?

Referensi

WebMD. Health Benefits of Figs. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-figs#1

Caporuscio, Jessica. 2019. Can figs be beneficial to our health?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327207

Shoemaker, SaVanna. 2020. All You Need to Know About Figs. https://www.healthline.com/nutrition/figs-benefits

Bagikan artikel ini