Bantuan
Free Tele x

Ayo Konsumsi Beberapa Buah Yang Baik Untuk Jantung Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jul 2021

Bagikan

Ayo Konsumsi Beberapa Buah Yang Baik Untuk Jantung Ini

Bagi Anda yang ingin terhindar dari berbagai masalah jantung, maka harus mengkonsumsi beberapa buah yang baik untuk jantung. Ada beberapa buah yang mudah ditemui baik di supermarket, pasar tradisional bahkan tukang sayur keliling, yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Lantas, apa saja buah tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

  1. Pisang

Buah yang baik untuk jantung pertama yaitu pisang. Pisang memiliki kandungan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium ini mampu mengontrol tekanan darah serta mengurangi ketegangan yang terjadi di pembuluh darah jantung. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki serat yang banyak. Makanan yang kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

  1. Apel

Buah yang baik untuk jantung yang selanjutnya yaitu apel. Apel memiliki serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga memiliki kandungan polifenol yang memiliki efek antioksidan. Salah satu jenis polifenol yang dimiliki apel yaitu flavonoid epicatechin. Jenis polifenol ini dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Jeruk

Jeruk memiliki banyak kandungan yang menyehatkan jantung seperti vitamin C, serat, kalium dan juga kolin. Kandungan kalium dalam jeruk dapat menghindarkan Anda dari masalah jantung seperti aritmia. Tidak hanya itu, buah menyegarkan yang satu ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan kulit. 

  1. Melon Jingga

Melon jingga memiliki banyak kandungan air yang membuat Anda akan langsung terhidrasi ketika mengkonsumsinya. Ketika tubuh terhidrasi, maka tugas jantung dalam memompa darah akan menjadi lebih ringan. Tidak hanya itu, kandungan serat yang tinggi pada melon jingga juga dapat menurunkan risiko diabetes dan serangan jantung. 

  1. Buah Beri

Buah yang baik untuk jantung yang selanjutnya yaitu buah beri seperti, blueberry, strawberry dan blackberry. Mengkonsumsi buah beri ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Bahkan, zat kimia yang terdapat dalam buah beri dapat membantu perdagangan yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan begitu, jantung akan jauh lebih sehat. 

  1. Persik

Buah persik dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini karena, buah persik mampu mengikat asam empedu, kemudian membuangnya melalui kotoran. Pada pembuangan tersebut, kolesterol juga akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Pada sebuah studi mengatakan bahwa buah persik dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. 

  1. Pepaya

Buah yang baik untuk kesehatan jantung yang selanjutnya yaitu pepaya. Pepaya memiliki kalium dan juga serat. Kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Oleh karena itu, jika Anda mencari buah yang baik untuk jantung jangan pernah lewatkan buah yang sangat mudah ditemukan satu ini. 

  1. Plum

Memiliki banyak kandungan antioksidan membuat buah plum menjadi salah satu buah yang baik untuk jantung. Salah satu antioksidan yang dikandung plum yaitu polifenol. Pada sebuah studi menyatakan polifenol dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi tidak mengherankan jika buah ini menjadi salah satu buah yang baik untuk jantung. 

  1. Kiwi

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengurangi garam dan menambah asupan kalium. Anda bisa mendapatkan asupan kalium dari pisang, tetapi Anda juga dapat menggunakan kiwi sebagai alternatif. Buah kiwi juga memiliki kandungan kalium yang penting untuk berguna mengontrol tekanan darah. Dalam  satu buah kiwi terdapat 215 gram kalium. 

  1. Aprikot

Buah yang baik untuk jantung yang terakhir yaitu aprikot. Buah aprikot ini memiliki banyak kandungan antioksidan seperti beta karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin E. Tidak hanya itu, aprikot juga memiliki flavonoid dalam bentuk asam klorogenat, kuersetin dan katekin. Komponen-komponen ini akan menetralkan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung. 

Nah, itulah beberapa buah yang baik untuk jantung dan sangat mudah ditemukan disekitar Anda. Walaupun buah-buahan tersebut baik untuk kesehatan jantung, namun tetap tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Anda juga perlu menjaga pola hidup sehat guna membantu menjaga kesehatan jantung. Mulailah untuk berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan. 


Sumber:

Horton, Brierley. Start Eating More of These 7 Fruits That Are Good for Your Heart. (2020). 

Healthline. 10 Impressive Health Benefits of Apples. (2018) 

Ware, Megan. Benefits and health risks of bananas. (2020).

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami