Segudang Manfaat Buah Pir Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Segudang Manfaat Buah Pir yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat buah pir? Buah yang memiliki rasa manis dan renyah ini ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan apa saja manfaat buah pir tersebut? Mari ikuti terus penjelasan dalam artikel ini. 

Kandungan Buah Pir

Segudang manfaat yang diberikan oleh buah pir datang dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Setidaknya, dalam 178 gram buah pir terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut. 

  • Kalori 101

  • Protein 1 gram

  • Karbohidrat 27 gram

  • Serat 6 gram

  • Vitamin B1

  • Vitamin B2

  • Vitamin B3

  • Vitamin B5

  • Vitamin B6

  • Vitamin C

  • Vitamin K

  • Potasium

  • Tembaga 

  • Natrium

Manfaat Buah Pir

Lalu apa saja manfaat bisa diberikan buah pir bagi kesehatan tubuh? Tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari simak penjelasan mengenai manfaat buah pir di bawah ini.

  1. Mencegah Sembelit

Manfaat buah pir yang bisa Anda peroleh pertama yaitu mampu mencegah sembelit. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah pir. Serat yang terdapat di dalam buah pir ini merupakan jenis pektin yang dalam sebuah penelitian mampu meringankan  sembelit dan juga mendukung pertumbuhan bakteri usus. Selain itu, kandungan serat ini juga mampu membantu buang air besar menjadi lebih lancar. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daging buah pir terdapat sebuah zat antioksidan yang disebut prosianidin. Zat ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik dan juga meredakan kekakuan pada jaringan jantung. Selain itu, pada kulit buah pir ditemukan kandungan antioksidan yang disebut dengan quercetin. Zat ini dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan menjaga jantung tetap sehat. 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah pir memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh Anda baik, maka Anda akan terhindari dari berbagai peradangan, sehingga membuat Anda menjadi lebih fit. Tidak hanya itu, beberapa kandungan lain dalam buah pir seperti vitamin K, tembaga, flavonoid mampu melawan peradangan.

Baca Juga: Sering Dijadikan Obat Demam Berdarah, Sebenarnya Apa Saja Manfaat Jambu Biji?

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Tahukah Anda, ternyata Anda bisa menggunakan buah pir sebagai teman untuk diet. Pasalnya, kandungan air dan serat yang dimiliki buah pir ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan Anda akan dapat dikendalikan. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan, bahwa mengonsumsi buah pir dengan rutin dapat mengecilkan lingkar pinggang. Jadi, Anda yang berniat untuk menurunkan berat badan, bisa mulai mengonsumsi buah yang satu ini. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah pir yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan tembaga dan juga vitamin C dalam buah pir. Kedua kandungan nutrisi ini memiliki peran dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit tetap elastis. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pir yaitu vitamin K yang membantu menjaga tulang tetap sehat. Selain itu, buah pir juga mengandung fosfor dan magnesium yang berperan dalam menjaga kepada tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Tidak hanya itu, buah pir juga memiliki kandungan boron yang bertugas dalam menjaga kadar vitamin D serta meredakan peradangan yang terjadi di sekitar tulang. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat buah pir yang terakhir dan luar biasa yaitu mampu mencegah kanker. Hal ini karena, buah pir memiliki kandungan antosianin serta asam sinamat yang berpotensi melindungi cukup dari serangan sel-sel kanker. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa kandungan flavonoid dalam buah pir mampu menurunkan risiko kanker ovarium dan payudara. Bahkan, kandungan flavonoid merupakan yang paling tinggi. 

Nah, itulah dia segudang manfaat buah pir bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Sebelum Anda mengonsumsi buah pir ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk mencucinya di air mengalir agar bakteri yang terdapat di kulit bisa hilang.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Khasiat Buah Apel bagi Kesehatan

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Wartenberg, Lisa. 2019. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears.
  2. Ware, Megan. 2019. What to know about pears.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi