Bantuan
Free Tele x

Wajib Diketahui, Ini Dia Daftar Buah untuk Asam Lambung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Wajib Diketahui, Ini Dia Daftar Buah untuk Asam Lambung

Apakah Anda tahu apa saja buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi? Bagi penderita masalah pada asam lambung tentu harus memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya ada beberapa makanan, termasuk juga buah-buahan dapat memicu naiknya asam lambung. 

Ketika asam lambung naik, maka akan menyebabkan beberapa gejala seperti sensasi terbakar pada dada, rasa pahit pada mulut, mual, sakit perut dan lain sebagainya. Tentu saja gejala-gejala ini akan mengganggu para penderita masalah asam lambung bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih parah. 

Oleh karena itu, penderita masalah pada asam lambung perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya. Lantas apa saja buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi? Temukan jawaban dan penjelasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Macam-macam Obat Asam Lambung Untuk Atasi Gejalanya

  1. Pisang

Buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung yang pertama yaitu buah pisang. Hal ini karena, pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah atau memiliki kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2, sehingga aman dikonsumsi. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan kalium, vitamin, antioksidan, fitonutrien dan serat. Kandungan serat dalam pisang dapat mengurangi asam lambung dan juga memperbaiki sistem pencernaan. 

  1. Semangka

Buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu semangka. Buah yang kaya dengan kandungan air ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan juga menjaga Anda tetap terhidrasi. Selain itu, buah semangka juga dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi refluks. Tidak hanya itu, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin  C dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca Juga: Waspada, Ini Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu mempermudah penguraian protein dan juga melancarkan proses pencernaan. Dengan begitu, penguraian protein menjadi bentuk terkecil berupa asam amino semakin mudah dilakukan. Hal inilah yang membuat buah pepaya dapat memulihkan beberapa gejala naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, buah pepaya juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melawan diabetes, melawan penyakit jantung, bahkan melawan kanker. 

Baca Juga: Tidak Hanya Mual, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Tengah Naik

  1. Melon

Buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu buah melon. Di dalam buah melon terdapat kandungan magnesium yang cukup tinggi. Magnesium itu sendiri merupakan salah satu kandungan yang digunakan dalam membuat obat antisida untuk meredakan gejala maag. Tidak hanya itu, buah melon juga memiliki berbagai macam gizi yang akan membantu memenuhi kebutuhan Anda. Beberapa gizi yang terdapat di buah melon yaitu karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral dan beberapa vitamin. 

  1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Hal ini berkat kandungan kalsium, serat, kalium dan kalsium yang ada di dalam buah apel. Berbagai kandungan tersebut sangatlah membantu dalam meredakan gejala maag atau asam lambung yang muncul. Namun sebaiknya Anda memiliki buah apel yang berwarna merah dan sudah matang. Pasalnya, apel yang berwarna hijau memiliki rasa agak asam sehingga dikhawatirkan memicu asam lambung. 

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Yang Perlu Diketahui

  1. Kelapa

Buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu kelapa. Hal ini karena kelapa memiliki air yang mengandung kalium dan berbagai senyawa yang dapat menenangkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, air kelapa juga berguna dalam menghambat terjadinya peradangan pada lambung serta  menjaga suhu tubuh tetap normal. Untuk mendapatkan manfaat ini, rutinlah mengonsumsi satu buah kelapa setiap hari selamat 2 minggu.  

  1. Persik

Buah untuk asam lambung yang terakhir yaitu buah persik. Hal ini karena, buah persik memiliki berbagai macam kandungan sepersti, vitamin A, vitamin B6,vitamin B12, vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Tidak hanya itu, buah persik juga memiliki kandungan serat dan potasium yang dapat menurunkan asam lambung yang tinggi.

Nah itulah dia beberapa buah untuk asam lambung yang aman Anda konsumsi. Beberapa buah yang perlu dihindari bagi penderita masalah asam lambung yaitu alpukat tomat, jeruk, lemon, dan lainnya. Beberapa buah-buahan tersebut hanya akan memicu asam lambung naik ke kerongkongan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Emling, Shelley. 2017. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms. 
  2. Davenport, Tracy. 2019. Low-Acid Fruits for Acid Reflux.
Bagikan artikel ini