Bantuan
Bantuan

Dikenal Sebagai Star fruit, Apa Saja Manfaat Belimbing untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Feb 2022

Bagikan

Buah Belimbing

Sudahkah Anda mengetahui apa saja manfaat belimbing untuk kesehatan? Memiliki bentuk bintang yang unik, buah belimbing yang kerap ditemukan pada negara dengan iklim tropis ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang terkenal menyegarkan dengan rasa asamnya ini disebut-sebut dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Namun benarkah demikian? Jika iya, apa yang menjadikan buah bintang ini kaya akan manfaat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak terus penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat belimbing berikut ini. 

Kandungan nutrisi belimbing

Buah belimbing yang nama lainnya adalah Averrhoa carambola ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam, termasuk berbagai macam vitamin dan juga mineral. Tak lupa pula, tentu belimbing juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rincian nutrisi yang terdapat pada 100 gram belimbing.

  • Energi: 36 kkal

  • Air: 90 gr

  • Karbohidrat: 8,8 gr

  • Serat: 3,2 gr

  • Protein: 0,4 gr

  • Lemak: 0,4 gr

  • Kalium: 130 mg

  • Fosfor: 12 mg

  • Kalsium: 4 mg

  • Natrium: 4 mg

  • Zat besi: 1,1 mg

  • Zinc: 0,1 mg

Tidak hanya berbagai nutrisi di atas, buah belimbing juga kaya akan karoten, vitamin B, dan tentunya vitamin C dalam jumlah yang tidak sedikit. 

Manfaat belimbing untuk kesehatan

Mengingat kandungan nutrisinya yang sangat beragam, tentu tidak mengherankan apabila manfaat belimbing untuk kesehatan terbilang sangat beragam. Adapun manfaat dari belimbing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan tidak bisa dilewatkan adalah sebagai berikut. 

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat belimbing bagi kesehatan yang pertama, yaitu menyehatkan jantung. Hal ini karena belimbing memiliki kandungan sodium dan kalium yang cukup banyak dan dapat berfungsi sebagai elektrolit di dalam tubuh. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus ditemukan bahwa belimbing mampu mengurangi kadar kolesterol. Kolesterol yang berlebih merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. 

Baca juga: Ayo Konsumsi Beberapa Buah Yang Baik Untuk Jantung Ini

  1. Membantu diet

Ternyata belimbing juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan sehingga dapat membantu program diet yang sedang Anda jalani. Hal ini karena belimbing memiliki kalori yang rendah sehingga dapat menjadi cemilan sehat saat diet. Selain itu, kandungan serat pada belimbing juga akan membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan. 

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat belimbing bagi kesehatan yang selanjutnya, yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini karena belimbing memiliki serat tak larut air yang dapat mempercepat perpindahan makanan di saluran pencernaan. Hal inilah yang meningkatkan gerakan tinja melalui saluran pencernaan. Pada akhirnya manfaat belimbing ini dapat mencegah Anda mengalami berbagai masalah pencernaan seperti kembung atau sembelit. 

  1. Mencegah kanker

Mencegah kanker merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi belimbing. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengukur risiko kanker hati. Dalam penelitian itu ditemukan hasil bahwa belimbing mampu mencegah perkembangan kanker hati. Selain itu, serat belimbing juga dapat membersihkan usus sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya dari belimbing untuk kesehatan, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena belimbing memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya itu, belimbing juga memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Kandungan antioksidan ini akan berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Belimbing juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang sehingga terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis. Hal ini karena belimbing memiliki kandungan zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan kalsium. Berbagai kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga tulang tetap sehat. 

  1. Mengontrol kolesterol

Manfaat belimbing bagi kesehatan yang terakhir, yaitu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena belimbing hanya memiliki kandungan lemak yang sedikit tetapi kandungan seratnya begitu banyak sehingga mampu mengontrol kadar kolesterol. 

Itulah dia berbagai manfaat belimbing yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah berbentuk bintang berwarna kuning ini. Setelah mengetahui berbagai khasiat dari buah tersebut, tentu Anda sudah tidak perlu ragu lagi dalam memasukkan buah belimbing ke dalam menu makanan keluarga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jenis-jenis Buah Untuk Asam Lambung yang Bisa Dikonsumsi

Referensi

Gunnars, Kris. 2019. Star fruit 101-Is It Good For You?. https://www.healthline.com/nutrition/star-fruit-101

Sherrell, Zia. 2021. The health benefits of star fruit and how to enjoy it. https://www.medicalnewstoday.com/articles/star-fruit

WebMD. Star fruit. https://www.webmd.com/diet/star-fruit#1

Bagikan artikel ini