Jenis-jenis Buah Untuk Asam Lambung yang Bisa Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Jenis-jenis Buah Untuk Asam Lambung yang Bisa Dikonsumsi

Sudahkah Anda tahu apa saja buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi? Walaupun pada dasarnya buah-buahan dapat menyehatkan tubuh, namun tidak semua buah baik untuk penderita asam lambung. Bahkan beberapa buah-buahan dapat menyebabkan asam lambung kambuh. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung sebaiknya mengetahui buah apa saja yang aman untuk dikonsumsi. Lalu apa saja buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan mengenai buah untuk asam lambung di bawah ini. 

Buah untuk Asam Lambung

  1. Pisang

Buah untuk asam lambung yang sangat baik yang pertama yaitu buah pisang. Pasalnya buah yang satu ini memiliki tingkat keasaman yang rendah yaitu kadar pH yang rendah sekitar 4,5 hingga 5,2. Tidak hanya itu, buah pisang juga memiliki kandungan vitamin, antioksidan, kalium, serat dan fitonutrien yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang dimiliki pisang mampu memperbaiki sistem pencernaan dan juga mengurangi asam lambung. 

  1. Melon

Buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu buah melon. Hal ini karena, buah melon memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Berkat kandungan tersebut, buah melon mampu menurunkan berbagai gejala karena naiknya asam lambung.

Pasalnya, magnesium itu sendiri merupakan salah satu kandungan yang digunakan untuk membuat obat antasida. Tidak hanya itu, buah melon juga memiliki berbagai macam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, protein, vitamin dan mineral. 

  1. Semangka

Buah yang kaya dengan kandungan air ini juga baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Hal ini karena kandungan air yang ada di dalam semangka mampu membuat tubuh tetap terhidrasi dan melancarkan pencernaan. Buah  semangka juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks. Tidak hanya air, semangka juga memiliki berbagai kandungan lain yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C dan juga antioksidan.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa tentu sangat menyegarkan terutama ketika cuaca sedang panas. Namun tidak hanya menyegarkan, air kepala juga memiliki kandungan  berupa mineral kalium serta berbagai senyawa yang dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat dalam menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghambat terjadinya peradangan pada lambung. Jika Anda ingin mendapatkan khasiatnya, maka konsumsi lah air kelapa setiap hari selama 2 minggu berturut-turut. 

  1. Persik

Dari beberapa buah lainnya, mungkin buah ini sedikit jarang Anda konsumsi. Namun  buah yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung. Hal ini karena di dalam buah persik terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, zat besi dan juga magnesium. Bahkan buah persik juga memiliki kandungan serat dan potasium yang mampu menurunkan asam lambung. 

  1. Pepaya

Di dalam buah pepaya terdapat kandungan enzim papain yang berguna untuk mempermudah penguraian protein dan juga melancarkan proses pencernaan. Berkat enzim papain tersebut, maka penguraian protein menjadi bentuk terkecil yaitu asam amino dapat dilakukan lebih mudah.

Oleh karena itu, buah pepaya dapat memulihkan gejala asam lambung ketika kambuh. Tidak cukup sampai disitu saja, buah pepaya juga memiliki manfaat dalam melawan berbagai penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker. 

  1. Apel 

Buah yang baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung yang terakhir yaitu buah apel. Hal ini karena di dalam apel terdapat berbagai kandungan seperti serat, kalium dan kalsium. Berbagai kandungan tersebut mampu meredakan berbagai gejala asam lambung serta mencegah asam lambung naik. Akan tetapi, sebaiknya Anda memilih buah apel yang berwarna merah. Pasalnya, buah apa yang berwarna hijau memiliki rasa yang lebih asam.

Itulah dia beberapa buah untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi. Walaupun buah-buah tersebut baik, namun Anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Macam-Macam Makanan Untuk Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

 

Sumber:

1. Davenport, Tracy. 2019. Low-Acid Fruits for Acid Reflux.

2. Emling, Shelley. 2017. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi