Bantuan

Tidak Hanya untuk Kecantikan, Ini Ragam Khasiat Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Feb 2022

Bagikan

Pegangan

Daun pegagan atau yang biasa disebut dengan nama Centella asiatica beberapa waktu belakangan ini cukup populer karena sering menjadi salah satu bahan andalan dalam produk skincare. Bagaimana tidak, pegagan memang telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati luka ataupun penyakit pada kulit.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata tanaman yang satu ini tidak hanya mampu mendatangkan manfaat untuk kulit atau dari bidang kecantikan saja, akan tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas apa saja manfaat dari pegagan atau Centella asiatica untuk kesehatan tubuh tersebut?

Overview Centella asiatica atau pegagan

Centella asiatica atau pegagan pada dasarnya adalah salah satu tanaman herbal yang mulanya ditanam untuk keperluan pengobatan. Dapat ditemui pada daerah-daerah di Asia, seperti India, Cina, dan termasuk juga di Indonesia, daun dari Centella asiatica ini berbentuk layaknya kipas. 

Tanaman herbal ini berasal dari keluarga Apiaceae dan memiliki kandungan zat bioaktif yang sangat baik untuk tubuh. Zat ini memiliki peran dan fungsi sebagai antivirus, antimikroba hingga antioksidan. Selain itu, pegagan juga memiliki sifat antiulcer, yang dalam hal ini dapat digunakan untuk mengatasi luka pada usus dua belas jari atau dinding perut. 

Manfaat Centella asiatica atau pegagan

Selama ini, manfaat Centella asiatica hanya terkenal bagus untuk kulit saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena ternyata pegagan ini memiliki khasiat lainnya yang bagus juga untuk organ tubuh lainnya. Adapun manfaat pegagan bagi kesehatan tubuh di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Menjaga fungsi otak

Manfaat Centella asiatica atau pegagan bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu mampu menjaga fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan sifat anti radang dari daun pegagan. Keduanya mampu menjaga kesehatan jaringan termasuk otak. Selain itu, dalam sebuah riset disebutkan bahwa suplemen pegagan mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun. 

Baca juga: Pahami Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Berikut Ini

  1. Melancarkan peredaran darah

Centella asiatica atau pegagan juga dipercaya mampu melancarakan peredaran darah. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa  pegagang efektif dalam mencegah serta mengatasi terjadinya pembekuan darah. Tidak hanya itu, pegagan juga mampu mengurangi risiko penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah. 

  1. Mengurangi kecemasan

Pegagan memiliki kandungan asam asiatat yang berguna dalam mengendalikan aktivitias gamma aminobutyric acid atau GABA di dalam tubuh. GABA itu sendiri merupakan neurotransmitter yang dapat menghambat sinyal otak yang merugikan. Dalam hal ini, asam asiatat akan membantu penyerapan GABA sehingga perasaan cemas akan berkurang. 

  1. Meradakan nyeri sendi

Manfaat Centella asiatica atau pegagan yang selanjutnya, yaitu mampu meredakan nyeri sendiri. Sebuah studi menjelaskan bahwa sifat anti radang dalam pegagan mampu meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis. Selain itu, pegagan juga telah lama menjadi salah satu obat tradisional yang mampu mengatasi nyeri sendi dan peradangan. 
Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Jenis Sendi Dan Cara Menjaga Kesehatannya

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa manfaat pegagan adalah dapat mengurangi kecemasan. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat kualitas tidur seseorang meningkat. Pada akhirnya, mereka yang menderita insomnia atau kesulitan tidur, dapat tidur dengan nyaman dan lebih tenang dengan pegagan. 

  1. Meredakan pembengkakan

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2001, pegagan ditemukan dapat mengurangi pembengkakan. Penelitian ini khususnya dilakukan pada penderita penyakit vena superfisial mulai dari ringan hingga sedang. Hasil pun menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen pegagan mengalami pembengkakan di pergelangan kaki yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak. 

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Pada tahun 2016 silam, dilakukan sebuah penelitian yang membandingkan efek dari asam folat dengan ekstrak pegagan dalam meningkatkan fungsi kognitif pada penderita stroke. Setelah dilakukan penilaian, ditemukan bahwa meskipun keduanya sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif, tetapi ternyata pegagan lebih efektif dalam menunjang ranah memori. 

Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat Centella asiatica atau pegagan untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mendatangkan banyak manfaat, pegagan juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, sakit kepala, pusing, dan lainnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengonsumsi pegagan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Saraf

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cronkleton, Emily. 2018. Everything You Need to Know About Gotu Kola. https://www.healthline.com/health/gotu-kola-benefits

Wong, Cathay. 2020. The Health Benefits of Gotu Kola. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-gotu-kola-89566

Fletcher, Jenna. 2020. What are the benefits of gotu kola?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/gotu-kola-benefit

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Saraf

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang