Bantuan

Macam-macam Jenis Operasi Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

jenis operasi plastik

Saat ini, ada berbagai macam jenis operasi plastik yang ada dalam dunia medis yang perlu diketahui. Mengetahui jenis-jenis operasi plastik ini sangatlah penting demi menambah informasi dan juga pemahaman mengenai operasi plastik itu sendiri. 

Tahukah Anda bahwa operasi plastik sebenarnya tidak selamanya berbicara tentang kecantikan saja? Hal ini benar adanya, karena memang operasi plastik tidak selamanya berbicara seputar wajah saja, akan tetapi juga bisa dilakukan pada bagian tubuh lainnya, seperti perut misalnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah macam-macam jenis operasi plastik yang perlu Anda ketahui.

Jenis Operasi Plastik

Setiap jenis operasi plastik pasti memiliki fungsi dan risikonya masing-masing. Dari berbagai macam jenis operasi plastik yang ada, berikut ini adalah jenis yang paling populer dan paling banyak dijalankan prosedurnya.

  1. Rhinoplasty

Jenis operasi plastik yang pertama ini cukup populer dan banyak diminati untuk tujuan memperbaiki bentuk hidung seseorang. Selain untuk alasan estetika wajah, operasi plastik yang satu ini juga terkadang dilakukan dengan alasan medis. Hal ini karena bentuk hidung yang tidak pas juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan bernapas.

Secara singkatnya, tujuan dilakukannya rhinoplasty ini di antaranya adalah untuk memperbaiki cacat lahir, mengatasi gangguan pada hidung pasca cedera, hingga meningkatkan kondisi yang menyebabkan gangguan pernapasan, dan juga kerap dijalankan dengan tujuan untuk mengubah sudut hidung dan memperkecil serta mempersempit lubang hidung.

  1. Rhytidectomy

Pada kalangan masyarakat umum, prosedur operasi plastik yang satu ini kerap dikenal dengan sebutan face lift, dan bertujuan untuk mengatasi keriput dan juga tekstur pada wajah yang timbul karena bertambahnya usia. 

Menjalankan operasi plastik yang satu ini berarti wajah Anda akan diangkat lalu dihilangkan kelebihan kulitnya, kemudian diposisikan kembali agar dapat mengatasi kulit kendur. Selain untuk wajah, jenis operasi plastik yang satu ini juga dapat dijalankan untuk bagian leher.

  1. Blepharoplasty

Jenis operasi plastik berikutnya yang tidak kalah populer adalah blepharoplasty yang banyak digemari oleh masyarakat Asia. Hal ini karena prosedur yang satu ini bertujuan untuk membentuk kelopak mata seseorang, demi kepentingan medis, ataupun demi kepentingan kecantikan. 

Jika dilihat dari sisi medis, operasi ini dilakukan demi mengatasi permasalahan penglihatan yang tertutup oleh kelopak mata. Adapun dari sisi kecantikan, adanya eyelid atau kelopak mata memang merupakan hal yang didamba oleh banyak orang untuk mempercantik penampilan.

  1. Ortognatik

Dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada rahang, jenis operasi plastik ortognatik ini juga cukup populer dan banyak diminati oleh para wanita. Prinsip dari operasi plastik ini sejatinya dilakukan dengan memotong kemudian meratakan tulang rahang, lalu menambahkan penyangga tambahan demi menahan posisi rahang yang baru saja dipotong. 

Hasilnya, rahang pun akan tampak lebih kecil dibanding sebelumnya. Meskipun begitu, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda perlu hati-hati dalam memilih dokter terbaik dengan jam terbang yang tinggi. Hanya saja, untuk menjalankan prosedur ini, Anda perlu merogoh kocek yang tidak sedikit.

  1. Liposuction

Dikenal pula dengan sebutan sedot lemak tubuh, jenis operasi plastik yang satu ini bertujuan untuk membuang lemak pada area tubuh tertentu. Jadi, sudah dapat diketahui bahwa prosedur yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai dengan keinginan. 

Karena membutuhkan effort yang lebih, tidak heran jika prosedur yang satu ini memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai lebih dari 40 juta. Biaya itu sebenarnya masih bersifat tentatif dan akan disesuaikan kembali dengan seberapa sulit tindakan yang dilakukan.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai jenis operasi plastik yang perlu kamu ketahui. Selain itu, masih banyak lagi jenis operasi plastik lainnya yang bisa dilakukan, seperti dermabrasi yang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat, milia, pertumbuhan kulit abnormal, hingga keriput di wajah. Ada juga operasi buccal fat pad removal yang bertujuan untuk membuang lemak pada pipi, lalu ada operasi plastik untuk membesarkan payudara, hingga operasi plastik untuk mengecilkan payudara yang tidak kalah populer.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Dapat Mengobati Rasa Nyeri Sesudah Operasi, Analsik Adalah

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Stanford Health Care. Types of Plastic Surgery. https://stanfordhealthcare.org/medical-treatments/p/plastic-surgery/types.html

Florida Medical Clinic. 2016. 8 Most Common Types of Cosmetic Plastic Surgery. https://www.floridamedicalclinic.com/blog/eight-most-common-types-of-cosmetic-surgery/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang