Bantuan
Free Tele x

Diet Pisang: Manfaat, Tips dan Cara Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 20 Jul 2022

Bagikan

Diet Pisang: Manfaat, Tips dan Cara Melakukannya

Diet pisang diperkenalkan oleh negara Jepang sejak tahun 2008 dan menawarkan rencana penurunan berat badan sehat tanpa membuat Anda merasa lapar. Diet pisang tidak membatasi ukuran pisang, jumlah yang dimakan setiap hari, atau metode asupan.

Diet pisang tidak dianjurkan untuk waktu yang lama atau untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Biasanya diet pisang dilakukan dalam waktu 3 hari dan akan menghasilkan penurunan berat badan sekitar 2,5-3 kg. Selain itu, jika melakukan diet pisang selama 7 hari akan membersihkan badan Anda secara alami dan dapat membantu menurunkan berat hingga 3-4 kg.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

 

Manfaat Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Begitu pula jika digunakan untuk diet, pisang memberikan daftar manfaat kesehatan yang berkisar dari fisik hingga mental. Berikut ini menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dari diet pisang, yaitu:

1. Mengelola Tekanan Darah

Pisang ukuran sedang memiliki kandungan kalium sebanyak hampir 9% dari kebutuhan kalium harian seseorang. Kalium ini dapat membantu mengelola tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

2. Mencegah Asma

Diet pisang dapat membantu mencegah kumatnya asma pada anak penderita asma karena memiliki kandungan antioksidan dan kalium.

3. Mencegah Kanker

Protein pada buah pisang dapat membantu mencegah leukemia. Selain itu, terdapat lektin yang bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas. 

4. Kesehatan Jantung

Pisang juga mengandung serat, kalium, folat, dan antioksidan, seperti vitamin C yang sangat mendukung kesehatan jantung. Sehingga bagi orang yang mengikuti diet pisang memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada mereka yang menjalani diet rendah serat. 

5. Menurunkan Kadar Gula Darah (Diabetes)

Serat pada pisang baik untuk penderita diabetes karena dapat membuat Anda kenyang dan menurunkan gula darah. Kadar gula yang terjaga oleh buah pisang juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes pada orang sehat.

6. Kesehatan Pencernaan

Selain kaya akan serat, pisang juga mengandung air, yang dimana keduanya dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Pisang juga dapat digunakan untuk mengobati diare pada seseorang dengan menggantikan nutrisi seperti kalium dan air yang hilang saat diare. 

7. Menjaga Memori dan Meningkatkan Mood

Pisang juga mengandung tryptophan, asam amino yang dapat membantu menjaga memori, meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat sesuatu serta dapat mengatur suasana hati pelaku diet.

8. Menurunkan Berat Badan

Pisang adalah tambahan makanan yang sehat untuk program diet seimbang, karena pisang menyediakan berbagai nutrisi penting dan merupakan sumber serat yang baik. Pisang berkontribusi baik dalam diet penurunan berat badan, karena beberapa khasiat buah ini dapat membantu meminimalkan kembung, mengatur nafsu makan, dan menggantikan gula rafinasi.

Baca juga: Apa Saja Kandungan Kulit Pisang? Apakah Bisa Dikonsumsi?

 

Tips Diet Pisang

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan pisang sebagai bahan diet:

  • Tambahkan irisan pisang ke sereal pagi atau oatmeal untuk sarapan yang lebih bergizi.

  • Hancurkan pisang matang dan gunakan untuk menggantikan minyak atau mentega dalam makanan yang dipanggang.

  • Tambahkan pisang pada kue untuk rasa manis alami.

  • Tambahkan pisang dalam smoothies.

  • Bawalah pisang ke kantor atau sekolah untuk cemilan sehat.

 

Cara Melakukan Program Diet Pisang

Diet pisang biasanya memiliki sejumlah aturan yang bervariasi tergantung pada program rencana diet yang anda ikuti. Hampir semua menginstruksikan untuk makan setidaknya satu pisang untuk sarapan dengan segelas air. 

Salah satu aturan terpenting dari rencana awal diet pisang adalah bahwa Anda harus berhenti makan pada jam 8 malam dan tidur sebelum tengah malam. Selain itu Anda juga dapat melakukan hal berikut ini, yaitu:

  • Makan siang atau makan malam biasa. Ingatlah untuk makan sampai Anda merasa kenyang dan tidak makan makanan penutup.

  • Hanya minum air mineral saat makan. Di luar jam makan, Anda dapat minuman non-kalori (teh, kopi, dan soda diet).

  • Makan perlahan dan nikmati setiap gigitan.

  • Buat jurnal diet.

Diet pisang sebaiknya tidak dianjurkan untuk jangka waktu yang panjang. Ada baiknya Anda menggabungkan pola makan sehat dan olahraga untuk dapat menurunkan berat badan. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai pilihan diet Anda.

Baca juga: Cara Diet Alami dan Aman Tanpa Obat

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Medical news today. 2020. Benefits and health risks of bananas. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157#risks.

Webmd. 2021. The Morning Banana Diet. https://www.webmd.com/diet/a-z/morning-banana-diet.

Wise Geek. 2021. What Is the Banana Diet?. https://www.wise-geek.com/what-is-the-banana-diet.htm

Bagikan artikel ini