Bantuan
Free Tele x

Waspadai, Ini Bahaya Merokok yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Feb 2022

Bagikan

Bahaya Merokok

Sampai saat ini, masih banyak dari kita yang menyepelekan bahaya merokok. Rokok dalam hal ini tidak hanya membahayakan perokok aktif, akan tetapi juga para perokok pasif yang secara tidak sengaja sering menghirup asap rokok dari perokok pasif. Dalam hal ini, risiko yang mampu ditimbulkan oleh rokok bagi kedua jenis perokok tersebut tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru, akan tetapi juga kesehatan jantung dan organ lainnya.

Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan yang berada dalam sebuah rokok. Dengan demikian, simak terus penjelasan mengenai bahaya rokok bagi kesehatan dan beberapa kandungan berbahayanya berikut ini. 

Kandungan berbahaya dalam rokok

Sebuah rokok diketahui memiliki lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya di dalamnya. Sekitar 70 dari bahan kimia ini mampu meningkatkan risiko terkena kanker kepada seseorang. Adapun bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam rokok di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Nikotin. Meskipun dapat memperbaiki suasana hati, tetapi nikotin juga dapat menimbulkan efek kecanduan yang mengakibatkan seseorang sulit menghentikan kebiasaan merokok. Jika dipaksa berhenti, seorang perokok yang telah mengalami kecanduan akan mengalami gejala putus nikotin, yakni timbulnya rasa cemas dan gelisah, susah konsentrasi, kelelahan, dan mudah marah.

  • Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemui pada knalpot mobil ini dapat menghalangi suplai darah ke bagian-bagian tubuh. Hal ini kemudian akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dan juga dapat mengganggu kinerja paru-paru.

  • Benzena. Biasa ditemukan dalam bensin dan pestisida, kandungan benzena dapat meningkatkan risiko leukemia serta kondisi kelainan darah lainnya.

  • Tar. Kandungan berbahaya yang satu ini dapat menyebabkan saluran udara di paru-paru yang bertugas menyerap oksigen menjadi sempit. Selain itu, tar juga memiliki kandungan bahan kimia karsinogen yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Zat ini juga menjadi penyebab gigi dan jari perokok tampak kekuningan.

Bahaya merokok bagi kesehatan

Bahan-bahan yang terkandung dalam rokok sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah bagi kesehatan seseorang. Dalam hal ini, beberapa masalah yang mungkin timbul di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kanker

Rokok pada dasarnya merupakan salah satu penyebab paling utama dari terjadinya kanker paru-paru. Lebih dari itu, rokok bahkan dapat meningkatkan risiko kanker mulut, kanker faring, laring, ginjal, serviks, hati, perut, kandung kemih, pankreas, hingga kanker usus 12 jari. Risiko terjadinya kanker ini sejatinya terjadi ketika sel-sel tubuh terpapar asap rokok. 

Baca juga: Benarkah Vape Sebabkan Kanker Paru? Cari Tahu Faktanya di Sini!

  1. Melemahnya kekebalan tubuh

Memiliki kandungan tar dan zat kimia berbahaya lainnya, rokok dapat menyebabkan semakin melemahnya kekebalan tubuh seseorang. Ketika hal ini terjadi, tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi dan penyakit, bahkan yang ringan sekalipun. 

  1. Penyakit gigi dan mulut

Ketika seseorang aktif merokok, terutama hingga beberapa kali dalam sehari, maka risiko terjadinya penyakit gigi dan mulut tidak dapat dihindarkan. Selain itu, rokok dalam hal ini juga dapat menodai gigi, dengan timbulnya warna coklat atau kuning pada bagian depan gigi.

  1. Penyakit kardiovaskular

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Hal ini karena kandungan nikotin di dalamnya yang dapat membuat pembuluh darah mengencang dan pada akhirnya menyumbat aliran darah. Selain itu, merokok juga dapat melemahkan dinding pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, hingga dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner.

  1. Gangguan pada sistem pernapasan

Asap rokok sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, memiliki kandungan zat kimia berbahaya yang dapat merusak sistem pernapasan manusia secara perlahan. Apabila kebiasaan merokok tidak segera dihentikan, tubuh akan beresiko terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Perlu diketahui bahwa penyakit yang satu ini tidak dapat disembuhkan dan pada kondisi paling parah dapat menyebabkan penderitanya seperti sedang tenggelam di dalam air.

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan dan kandungan-kandungan zat kimia di dalamnya yang dapat meningkatkan risiko bahaya dari merokok tersebut. Sejatinya, masih banyak lagi bahaya yang bisa didatangkan dari aktivitas merokok. Oleh karena itu, cobalah untuk segera menghentikan kebiasaan ini sedini mungkin agar terhindar dari bahaya tersebut.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Perokok Pasif Yang Mengintai Ibu Hamil Dan Anak-Anak

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

American Cancer Society. Health Risks of Smoking Tobacco. https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/health-risks-of-tobacco/health-risks-of-smoking-tobacco.html

Luo, Elaine K. 2019. How does smoking affect the body?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324644

NHS. What are the health risks of smoking?. https://www.nhs.uk/common-health-questions/lifestyle/what-are-the-health-risks-of-smoking/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami