Bantuan
Bantuan

Dapat Memaksimalkan Kualitas Hidup Pasien, Paliatif Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Dapat Memaksimalkan Kualitas Hidup Pasien, Paliatif Adalah?

Tahukah Anda bahwa perawatan paliatif adalah suatu jenis perawatan penting yang ditujukan untuk memaksimalkan kualitas hidup pasien? Dalam menjalankan perawatan paliatif, setiap tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, serta ahli, saling bekerja sama dalam memberikan pelayanan dan dukungan tambahan untuk pasien dan keluarga. Pada umumnya, perawatan paliatif ini ditujukan pada mereka dengan jenis penyakit yang serius dan kronis seperti kanker.

Baca Juga: Asupan Makanan dan Minuman pada Perawatan Paliatif

Mengapa perawatan paliatif diperlukan?

Dengan mendapatkan perawatan paliatif, pasien dan keluarga mendapatkan konsultasi mengenai tujuan dan harapan-harapannya. Dilakukannya perawatan paliatif adalah untuk mengoordinasikan dan memastikan bahwa semua gejala dan permasalahan lainnya yang mungkin timbul akan ditangani dengan sebaik mungkin.

Pada penjelasan di atas Anda mungkin sudah dapat mengetahui bahwa perawatan paliatif memiliki tujuan yang jelas. Dalam hal ini, tujuan perawatan paliatif adalah untuk meredakan gejala yang dirasakan pasien, sekaligus meningkatkan kualitas hidup pasien tersebut beserta dengan keluarganya.

Selama menjalani pengobatan dalam menghadapi penyakit kronis, serius, dan terminal, tentu akan timbul gejala-gejala penyakit mengancam jiwa, serta mungkin akan timbul pula komplikasi dari pengobatan yang tengah dijalani. Perawatan paliatif kemudian hadir untuk mengurangi beban tersebut, tidak hanya secara fisik, akan tetapi juga secara psikologis, emosional, sosial, dan juga spiritual. Oleh karena itu, tentu tidak heran jika sebutan lain dari perawatan paliatif adalah perawatan pendukung dan kenyamanan.

Siapa yang memerlukan perawatan paliatif?

Sejatinya, tidak ada pengecualian dari perawatan paliatif ini. Dalam artian, setiap orang dapat menerima perawatan paliatif tanpa memandang usia, serta tanpa memandang prognosis penyakit. Meskipun begitu, yang paling memerlukan perawatan paliatif adalah pasien yang memiliki penyakit rumit. 

Dalam hal ini, perawatan paliatif akan dapat diberikan pada pasien dengan penyakit yang diperkirakan akan berlangsung lama dan akan terus dijalankan baik hingga pasien tersebut pada akhirnya sepenuhnya pulih ataupun mengalami perkembangan dari penyakit yang satu ke penyakit lainnya.

Apa manfaat perawatan paliatif?

Tentu saja perawatan paliatif ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk para pasien beserta keluarganya. Dalam hal ini, penelitian telah menunjukkan bahwa pasien akan merasa lebih tenang dan nyaman dengan pengobatan yang tengah dijalani, ketika kekhawatiran-kekhawatiran fisik dan emosionalnya dapat dikelola dengan baik.

Selain itu, manfaat perawatan paliatif adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga agar tidak terbebani dengan penyakit yang tengah diderita dan dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Perawatan paliatif juga dapat membantu pasien dan keluarga secara ekonomi, yakni untuk meringankan beban dari biaya rumah sakit karena melalui perawatan paliatif ini, pasien dan keluarga akan dikenalkan dengan prioritas pengobatan yang lebih baik, dengan mengeliminasi pemeriksaan yang tidak perlu dan bisa dihindari. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), pijakan dasar dari perawatan paliatif adalah:

  • Dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

  • Menanamkan anggapan bahwa kematian merupakan sebuah proses yang normal.

  • Tidak mempercepat ataupun memperlambat kematian.

  • Dapat menghilangkan berbagai rasa nyeri dan keluhan fisik lainnya yang mengganggu.

  • Menjaga keseimbangan kondisi psikologis dan spiritual.

  • Berusaha membuat pasien tetap aktif hingga akhir hayatnya.

  • Berusaha membantu mengatasi rasa duka cita yang dirasakan oleh keluarga pasien.

Apa yang membedakan perawatan paliatif dengan perawatan medis biasanya?

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, perawatan medis pada umumnya bertujuan untuk mengobati ataupun menyembuhkan penyakit. Adapun tujuan utama yang menjadi fokus dari perawatan paliatif adalah membuat pasien dapat hidup dengan senyaman mungkin, dengan cara mengurangi penderitaan yang dirasakan serta meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit. 

Demikianlah penjelasan mengenai perawatan paliatif yang perlu Anda ketahui. Banyak yang beranggapan bahwa perawatan paliatif hanyalah diperuntukkan untuk pasien yang tengah menghadapi kematian. Meskipun memang benar bahwa pasien yang berada pada stadium terakhir akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari perawatan paliatif, namun sejatinya perawatan paliatif ini juga sangat dapat memberikan manfaat bagi pasien yang juga tengah menghadapi penyakit serius dan berada pada stadium lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Paliatif Bagi Anak

 

Sumber:

WHO. Palliative care. 

NIH. What Are Palliative Care and Hospice Care?. 

Get Palliative Care. What Is Palliative Care?

Bagikan artikel ini