Bantuan

Berjalan Disebut Sebagai Aktivitas Fisik Terbaik, Mengapa?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Berjalan Disebut Sebagai Aktivitas Fisik Terbaik, Mengapa?

Benarkah berjalan sebagai aktivitas fisik terbaik untuk kesehatan karyawan dibanding olahraga lainnya? Berjalan kaki adalah bentuk aktivitas fisik ringan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Meskipun terlihat biasa saja, dan tidak banyak menggunakan tenaga, namun anda perlu tahu bahwa berjalan kaki banyak direkomedasikan oleh para ahli untuk dilakukan. Untuk anda yang ingin lebih aktif secara fisik, maka dengan berjalan kaki bisa menjadi solusinya. Bila anda belum terbiasa, maka bisa dengan mencoba mulai berjalan kaki saat aktivitas harian. Misalnya, saat menuju suatu tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh. Anda juga dapat mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan sore, sedangkan jika ingin jalan kaki yang lebih intes, maka anda dapat mencoba melakukan kegiatan mendaki atau berjalan di treadmill.

Berjalan kaki adalah aktivitas olahraga ringan yang sangat mudah dilakukan. Selain itu, orang pasti sudah tahu cara melakukannya. Banyak manfaat yang akan anda dapat dengan berjalan kaki, yaitu seperti memperkuat otot kaki dan paha. Juga akan bantu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh akan membakar kalori lebih cepat. Nah, untuk anda yang sedang menjalankan program diet, tentu berjalan kaki wajib untuk dimasukkan ke list program ya! Bahkan dikatakan bahwa dengan berjalan kak, dapat memperpanjang hidup. 

Berjalan sebagai aktivitas fisik terbaik untuk kesehatan karyawan dibanding olahraga lainnya, ini tentu benar adanya. Mengapa? Bagi karyawan yang miliki banyak pekerjaan kantor yang perlu dikerjakan, mungkin agak sulit untuk meluangkan waktu untuk pergi ke gym. Bahkan, untuk melakukan olahraga yang termasuk ringan, seperti bersepeda juga mungkin akan sulit. Berjalan kaki dapat anda lakukan beberapa menit saja, dan tidak memerlukan peralatan yang sulit. Jika anda adalah seorang karyawan, maka anda dapat mencoba untuk berjalan kaki pada saat-saat tertentu. Misalnya, saat pergi mencari makan siang. Dikarenakan tidak membutuhkan banyak waktu, atau peralatan pendukung seperti olahraga lainnya. Maka, dikatakan berjalan sebagai aktivitas fisik terbaik untuk kesehatan karyawan dibanding olahraga lainnya.

Alasan berjalan sebagai aktivitas fisik terbaik untuk kesehatan karyawan dibanding olahraga lainnya, bukan karena hal yang disebutkan diatas saja. Namun, ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan dengan hanya melakukan aktivitas fisik ringan ini. Berikut ini adalah manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh :

  1. Menenangkan pikiran, dengan berjalan kaki, ternyata dapat memperbaiki depresi, pada pasien yang menderita penyakit tersebut. Dimana orang merasa suasana hati sedang tidak senang atau secara mental merasa lelah. Tentu saja ini dapat memperbaiki bad mood. 

  2. Mencegah penyakit jantung, dengan berjalan kaki akan sama efektifnya seperti berlari. Dalam hal ini untuk pencegahan stroke dan jantung, aktivitas berjalan kaki ini tentunya akan membantu mencegah penyakit jantung. Dimana dengan menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol. Tak ketinggalan, juga bantu memperlancar sirkulasi darah.

  3. Perbaiki penglihatan, jika anda berpikir bahwa tidak ada hubungan antara berjalan kaki dan penglihatan, maka anda salah. Dengan berjalan kaki, ada keuntungan atau manfaat yang akan anda dapatkan. Berjalan kaki dapat membantu melawan glaukoma. Apa itu glaukoma? Ialah penyakit yang diakibatkan cairan terkumpul pada bagian mata. Penyakit ini akan meningkatkan tekanan atas saraf penglihatan. 

  4. Memperbaiki pencernaan, dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Maka, dapat mengurangi risiko kanker usus di masa yang akan datang. Tak hanya itu, tetapi berjalan kaki juga dapat memperbaiki pencernaan. Ketika anda berjalan kaki tentu badan juga ikut bergerak, yang mana akan melancarkan peristaltik usus sehingga, buang air besar anda akan semakin teratur. 

  5. Stabilnya berat badan, berjalan kaki akan meningkatkan laju tubuh. Dengan berjalan kaki, kelebihan kalori juga akan terbakar karena meningkatnya metabolisme tubuh. Maka dari itu, kenaikan berat badan tidak terjadi.

Banyaknya manfaat yang diberikan dengan berjalan kaki, diharapkan semakin membuat anda untuk rajin berjalan kaki. Tidak perlu langsung berjalan kaki intens, anda dapat melakukannya dari hal kecil. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Gerakan dan Manfaat Pemanasan Yang Perlu Anda Ketahui

 

Referensi: 

 

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-manfaat-berjalan-kaki

Bagikan artikel ini