Bantuan
Bantuan

Merasa Tidak Percaya Diri? Berikut Ini Pengertian Insecure Beserta Gejala dan Cara Menanganinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Insecure: Pengertian, Gejala & Cara Menanganinya

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah insecure. Akan tetapi, apakah Anda tahu apa itu insecure? Insecure merupakan suatu penggambaran akan perasaan tidak aman sehingga membuat seseorang merasa takut, malu, gelisah hingga merasa tidak percaya diri.

Pada dasarnya, perasaan ini wajar dan normal, tetapi apabila berlebihan dapat membuat Anda terhambat. Salah satu gejala perasaan insecure adalah tidak percaya diri, namun masih ada gejala-gejala lainnya. Berikut ini gejala dan cara menangani insecure

Gejala Insecure

  1. Merasa Rendah Diri

Tanda-tanda atau gejala Anda sedang mengalami insecure yaitu merasa rendah diri. Merasa rendah diri merupakan suatu hal yang wajar, yang bisa saja disebabkan oleh pengalaman yang kurang menyenangkan sehingga memandang rendah diri sendiri. Apabila Anda merasa berada di fase ini, maka cobalah untuk lebih menghargai diri sendiri dengan belajar memahami diri sendiri. 

  1. Suka Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Gejala selanjutnya Anda sedang mengalami insecure yaitu suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Perlu diingat bahwa setiap individu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Tidak hanya itu, Anda dan orang lain memiliki masa waktunya masing-masing, baik itu menikah, bekerja, sukses ataupun memiliki anak-anak. Apabila Anda fokus membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka hanya akan menghambat Anda untuk berkembang. 

  1. Menghindari Interaksi Sosial

Cenderung menghindari interaksi sosial merupakan salah satu gejala Anda sedang mengalami insecure. Hal ini karena Anda cenderung menghindari perbincangan mengenai prestasi, kesuksesan, tampilan, dan lainnya yang membuat Anda merasa down.

Padahal, ketika Anda bisa ikut dalam pembicaraan tersebut dan meresponnya dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan suatu insight yang baru yang dapat memotivasi Anda. 

  1. Ingin Mendapatkan Pengakuan Orang Lain

Apakah Anda merasa minder dan ingin diakui oleh orang lain? Mungkin Anda sedang mengalami insecure. Contoh sederhana yaitu ketika Anda memposting foto di media sosial dan selalu memerhatikan jumlah like.

Anda merasa membutuhkan banyak like untuk menambah rasa percaya diri. Apabila Anda merasa seperti ini, berarti Anda sedang merasa insecure

  1. Menyalahkan Diri Sendiri

Gejala insecure yang terakhir yaitu suka menyalahkan diri sendiri. Orang-orang dengan perasaan insecure menginginkan penampilan yang bagus, pekerjaan yang baik, pendidikan yang tinggi, dan kesempurnaan. Akan tetapi, ketika mereka tidak berhasil mencapai hal tersebut, maka akan merasa kecewa dan menyalahkan diri sendiri. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi COVID-19, Mudah Dilakukan!

Menangani Insecure

Apabila Anda mengalami semua gejala insecure yang sudah dijelaskan diatas, maka sebaiknya Anda segera menanganinya. Hal ini karena perasaan insecure yang berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan fisik dan juga mental. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara penanganan berikut ini. 

  1. Menerima Hasil Walaupun Tidak Sesuai Harapan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menerima hasil apa adanya, meskipun hasil tersebut tidak sesuai dengan harapan Anda. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami suatu kejadian yang membuat Anda malu, cobalah untuk menganggap kejadian tersebut adalah hal yang lucu.

  1. Membangun Harga Diri

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mulailah untuk membangun harga diri. Cobalah menikmati keadaan yang sedang Anda jalani saat ini dan fokus terhadap hal-hal yang Anda sukai. Anda bisa membuat target-target yang akan dicapai dan buktikan bahwa diri Anda dapat mencapainya. 

  1. Mencari Kelebihan dan Keunikan Diri Sendiri

Anda juga dapat mencoba mencari kelebihan dan keunikan diri sendiri. Berhentilah untuk membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Lebih baik waktu tersebut untuk mencari kelebihan dan keunikan yang dirimu miliki. 

  1. Meluangkan Waktu Bersama Orang-Orang Terdekat

Cara menangani perasaan insecure dapat juga dilakukan dengan meluangkan waktu berkumpul bersama orang-orang terdekat dan tersayang. Anda perlu meluangkan waktu bersama orang terdekat dan menjauhi orang-orang yang menimbulkan perasaan insecure muncul. Cara ini akan membuat Anda lebih percaya diri. 

  1. Mencoba Untuk Selalu Bersyukur

Cara menangani perasaan insecure yang terakhir yaitu dengan selalu bersyukur. Bersyukur akan membuat beban pada pikiran Anda semakin lama akan semakin berkurang. Selain bersyukur, Anda juga harus terus berusaha. 

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian, gejala dan juga cara menanganinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda terhindar dari perasaan insecure.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Mental yang Sehat

 

Sumber:

1. Signs of Insecurity (2020)

2. Lamothe, Cindy. How to Stop Being Insecure and Build Self-Esteem (2020)

Tag :
Bagikan artikel ini