Bantuan
Free Tele x

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Ampuh & Efektif

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 27 Jun 2022

Bagikan

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Ampuh & Efektif

Tidak percaya diri dengan perut buncit? Ingin badan sehat, ramping dan bugar? Bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang ampuh dan efektif? Simak artikel ini. 

Setelah mengonsumsi makanan biasanya perut akan membuncit karena lambung terisi penuh oleh makanan. Kondisi perut buncit tidak akan kembali seperti semula karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurang berolahraga. Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Mari cari tahu cara mengecilkan perut buncit melalui ulasan berikut ini.

 

Apa itu Perut Buncit? 

Perut buncit yaitu suatu kondisi di mana lingkar perut melebihi 102 cm pada laki-laki dan 88 cm pada perempuan. Ini karena terdapat banyak lemak yang menumpuk di dalam perut. Tidak hanya terjadi pada mereka yang mengalami kelebihan berat badan, perut buncit bisa juga terjadi pada Anda yang memiliki berat badan normal. Untuk cara mengatasinya bisa dengan mengonsumsi makanan serat, berpuasa dan beberapa cara lain yang bisa Anda temukan di sini. 

 

Penyebab Perut Buncit

Selain mengganggu kesehatan, perut buncit dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Kondisi ini bisa terjadi karena beragam faktor, berikut penyebab perut buncit yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

  1.  Jarang Berolahraga 

Salah satu faktor penyebab perut buncit atau lemak menumpuk di dalam perut ialah jarang berolahraga. Sehingga untuk menghilangkannya, Anda perlu berolahraga secara konsisten seperti lari, kardio atau workout. Lakukanlah secara rutin minimal 30 menit sehari atau 3-5 hari dalam seminggu. 

  1.  Makanan Berlemak

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti kentang goreng, daging sapi, susu, keju dan makanan cepat saji. Untuk menghilangkannya, hindari makanan berlemak dan perbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran atau buah-buahan. 

  1.  Kurang Tidur

Kurang tidur turut menjadi penyebab perut buncit. Ini karena kurang tidur dapat mempengaruhi jumlah lemak di dalam perut. Hal ini telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang mana menjelaskan bahwa seseorang dengan tidur kurang dari 5 jam per hari akan meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami

 

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Mengecilkan perut buncit memang tidak selalu soal olahraga dan diet. Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit lainnya yang bisa Anda coba. Berikut cara mengecilkan perut buncit, di antaranya:

 

  1.  Minum Air Mineral yang Cukup

Minum air mineral yang cukup, terutama setelah makan dapat menurunkan berat badan, yang akan membantu untuk mengecilkan perut buncit. Dalam sebuah studi, orang dewasa yang minum setengah liter air sebelum makan dapat membantu mengurangi asupan kalori dan rasa lapar. Jika dilakukan selama 12 minggu berturut-turut maka bisa menurunkan 44% lebih berat badan. 

  1.  Mengurangi Asupan Garam

Cara mengecilkan perut buncit yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan garam (sodium/natrium). Kandungan garam yang terdapat di makanan asin dan gurih dapat menahan air di dalam tubuh, sehingga jika terlalu sering dikonsumsi, natrium dapat menimbulkan kenaikan berat badan dan perut buncit.

  1.  Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Selain makanan berserat, kandungan protein di dalam makanan dapat mengurangi rasa lapar dan mengurangi kalori. Ini karena protein mengandung hormon ghrelin dan GLP-1, yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. Beberapa makanan yang mengandung protein ialah telur, tahu, ikan tuna, susu, brokoli, kacang tanah dan oat.

  1.  Hindari Makanan yang Mengandung Tinggi Gula

Cara mengecilkan perut buncit bisa dicoba dengan menghindari makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula karena bisa meningkatkan jumlah lemak di dalam perut. Misalnya minuman atau makanan manis dengan tambahan gula (yoghurt, selai, aneka kue, granola, es krim, kopi dengan tambahan topping dan lainnya). 

Cara mengecilkan perut buncit sebetulnya terbilang mudah asal dilakukan secara rutin dan konsisten. Misalnya berolahraga 30 menit sehari, tidur yang cukup, mengurangi stres, memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung natrium dan tinggi gula.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Pahami Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

WebMD: Remedies to Relieve a Bloated Stomach. 2020. Available at: https://www.webmd.com/digestive-disorders/remedies-for-bloated-stomach (Accessed: 21 April 2022).

Cleveland Clinic: Abdominal Distension (Distended Abdomen). 2022. Available at: https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21819-abdominal-distension-distended-abdomen (Accessed: 21 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang