Bantuan
Free Tele x

Hati-Hati, Ini Bahaya Membunuh Kecoa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Hati-Hati, Inilah 5 Bahaya Membunuh Kecoa!

Kecoa adalah binatang kecil yang memiliki 6 kaki, 2 antena dan 2 sayap pada tubuhnya. Kecoa merupakan binatang kecil yang sering muncul di rumah terutama area rumah yang lembab. Kecoa adalah binatang berdarah dingin yang tampaknya tidak begitu membahayakan seperti binatang lainnya.

Membunuh kecoa sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Namun ternyata bahaya membunuh kecoa sangatlah banyak. Dampak bahaya membunuh kecoa memang tidak langsung terjadi pada saat Anda membunuhnya. Namun baru akan terasa beberapa bulan atau tahun.

5 Bahaya Membunuh Kecoa

Sebagian orang berpikir bahwa dengan membunuh kecoa maka akan menyelesaikan masalah. Anda perlu mengetahui bahwa membunuh kecoa adalah hal yang berbahaya bagi Anda. Jangan membunuh kecoa hingga isi perut atau cairan dalam tubuhnya keluar. Kecoa adalah binatang yang bisa hidup di tempat kering dan basah.

Hal tersebut membuat kecoa bisa makan dan minum dari apa saja yang didapatkannya. Kecoa bisa makan dan minum dari sampah, sisa makanan yang jatuh, feses dll. Itu sebabnya kecoa adalah gudangnya kotoran serta kuman yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Ketika Anda membunuh kecoa maka cairan dalam tubuhnya akan keluar.

Cairan dalam tubuh kecoa mengandung ulat yang masih bisa hidup meskipun induknya telah mati. Cacing tersebut akan mencari induk baru serta berkembang biak disana. Cacing tersebut berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihat oleh mata secara langsung. Berikut 5 bahaya membunuh kecoa yang akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

  1. Keracunan

Bahaya membunuh kecoa pertama adalah dapat menyebabkan keracunan. Keracunan ini disebabkan karena pada saat Anda membunuh kecoa kuman serta bakteri yang dibawa oleh kecoa tersebut keluar dari tubuhnya serta terkontaminasi dengan makanan yang Anda konsumsi.

Kecoa membawa banyak sekali kuman dan bakteri dalam tubuhnya. Maka hati-hati jika Anda ingin membunuh kecoa. Karena hal tersebut dapat menimbulkan keracunan bahkan yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian.

  1. Reaksi Alergi

Bahaya membunuh kecoa selanjutnya yaitu dapat menimbulkan reaksi alergi. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh ilmuwan dunia. Kecoa adalah termasuk hewan alergen dalam suatu ruangan. Artinya adalah kecoa dapat menimbulkan reaksi alergi.

Reaksi ini ditimbulkan karena kotoran, kuman serta bakteri yang dibawa oleh kecoa dapat menimbulkan reaksi gatal-gatal, bersin, ruam pada kulit, mata berair, pembengkakan area kelopak mata bahkan yang paling parah adalah infeksi pernapasan serius hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga: Cetirizine, Obat Golongan Antihistamin Untuk Atasi Alergi

  1. Gangguan Pencernaan

Kecoa juga ternyata dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Bahaya membunuh kecoa benar-benar tidak boleh diremehkan. Kecoa memindahkan makanan yang diambil menggunakan mulutnya. Di dalam mulut kecoa terdapat air liur kecoa yang tidak boleh dianggap remeh.

Dari liur kecoa inilah yang dapat menjadi penyebab gangguan pada pencernaan. Pasalnya kecoa dapat membawa kurang lebih 33 kuman dalam tubuhnya yang mengandung patogen yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, kolera dll.

  1. Asma

Bahaya membunuh kecoa selanjutnya tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan asma pada seseorang. Hal ini memang tidak langsung dirasakan pada saat itu, namun berangsur-angsur akan menyebabkan asma. Bagi Anda pengidap asma, Anda perlu meningkatkan kebersihan area rumah Anda. 

Sifat alergen kecoa dapat meningkatkan penyakit asma. Apalagi bila Anda membunuh kecoa hingga cairan dalam tubuhnya keluar. Jangan sampai bau cairan yang dikeluarkan oleh kecoa terhirup. Hal ini sangat rentan terjadi terutama pada anak kecil.

Baca Juga: Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Asma

  1. Masuk ke Dalam Tubuh

Bahaya yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang yaitu cacing yang keluar dari tubuh kecoa pada saat dibunuh dapat masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu saja sangat mengerikan bukan? Kasus ini beberapa kali terjadi.

Bahkan sebelum kecoa dibunuh pun, beberapa kasus pernah terjadi bahwa kecoa kecil masuk ke dalam telinga atau hidung seseorang ketika orang tersebut tidur. 

Bagi Anda yang masih ingin membunuh kecoa dengan cara-cara menginjak, atau memukul hingga cairan dalam tubuh kecoa keluar sebaiknya dihindari. Bahaya membunuh kecoa sangatlah banyak seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahaya membunuh kecoa berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber :

6 Bahaya yang bisa ditimbulkan kecoa pada kesehatan. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini