Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami?

Sudahkah Anda mencoba cara mengecilkan perut buncit menggunakan bahan alami? Mungkin beberapa dari Anda merasa tidak nyaman dengan perut buncit atau mungkin tidak percaya diri karenanya.

Menghilangkan perut buncit menjadi tantangan tersendiri atau bahkan sangat sulit namun harus dihadapi. Rutin berolahraga dan melakukan diet mungkin bisa menjadi salah satu solusi.

Bahan Alami untuk Mengecilkan Perut Buncit

Nah, ternyata ada bahan alami yang bisa membantu Anda menyingkirkan perut buncit, lho! Berikut ini beberapa bahan alami sebagai cara mengecilkan perut buncit:

  1. Teh jahe, menambahkan jahe pada teh dapat menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efektif. Dikatakan bahwa jahe memiliki efek signifikan terhadap penurunan berat badan dan lemak perut karena adanya kandungan gingerol. Gingerol memiliki efek anti obesitas yang mana mendorong aktivitas biologis dalam tubuh. Efek inilah yang membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat serta menstabilkan kadar gula yang menjadi kunci untuk membakar lemak perut. 

  2. Daun mint, dimana akan membantu mengurangi lemak perut dengan mengeluarkan empedu tambahan dari kantung empedu Anda. Empedu membantu memproses dan menyimpan lemak. Tak hanya sebagai cara mengecilkan perut buncit, mint juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu menghilangkan lemak tubuh Anda. Hal ini karena mint secara alami rendah kalori dan mengandung antioksidan didalamnya.

  3. Semangka, buah yang mengandung 90 persen air ini dapat menghilangkan lemak perut Anda. Anda dapat mengkonsumsi beberapa potong semangka pada awal makan. Semangka akan membuat Anda kenyang tanpa menambahkan sejumlah besar kalori ke makanan yang dikonsumsi, yang mana membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  4. Kacang polong, mengonsumsi dengan teratur berbagai jenis kacang akan membantu mengurangi lemak tubuh. Selain itu, juga akan membantu mengembangkan otot dan meningkatkan proses pencernaan, serta membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga mencegah Anda makan berlebihan, yang mana akan membantu perut Anda lebih mengecil.

  5. Mentimun, makanan satu ini sangat menyegarkan dan rendah kalori, yang dapat menjadi salah satu bahan alami untuk cara mengecilkan perut buncit. 100 gram mentimun mengandung sekitar 96 persen air, serta hanya mengandung 45 kalori. Mentimun mengandung nutrisi bermanfaat seperti mineral, vitamin, dan serat. 

  6. Tomat, sayuran berwarna merah ini hanya mengandung 33 kalori bahkan dengan tomat berukuran besar sekalipun. Tomat mengandung senyawa yang membantu mengurangi lipid dalam darah, dimana pada bagiannya dapat membantu mengontrol lemak perut. Senyawa ini juga yang akan melawan penyakit kronis seperti obesitas.  

Baca Juga: Pahami Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya!

Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Sederhana

Selain itu, terdapat cara mengecilkan perut buncit dengan sederhana, tanpa perlu diet berat atau olahraga intens, yaitu:

  1. Meningkatkan asupan protein, menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga tambahan. Protein dapat membantu menjaga kadar gula darah secara optimal, dengan menurunkan produksi insulin yaitu hormon yang memberi sinyal untuk menyimpan lemak dalam bentuk jaringan adiposa.

  2. Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan Anda, menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya. Minyak kelapa terdiri dari trigliserida rantai menengah, tak seperti banyak minyak nabati dan biji-bijian yang mana terdiri dari trigliserida rantai panjang. Manfaat dari minyak kelapa inilah yang banyak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Trigliserida rantai menengah mudah atau MCT mudah dicerna dan diubah menjadi energi oleh hati. 

  3. Pilih teh hijau setiap hari, dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda dan membantu hati Anda untuk membakar lemak. Hal ini karena teh hijau mengandung katekin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti kopi dengan teh hijau bisa membantu menghilangkan lemak perut secara serius. Perlu Anda ketahui cara mengecilkan perut buncit dengan teh hijau lebih baik juga harus menghindari menggunakan teh hijau olahan, karena sering kali mengandung tambahan gula. Dimana dapat merusak manfaat kesehatan apa pun. 

  4. Tidur yang cukup, tidur selama 6 sampai 8 jam setiap malam akan menjaga kadar insulin dan kortisol Anda tetap terkendali. Tak hanya itu, membiarkan diri Anda tidur cukup pada malam hari akan memberi energi yang baik untuk membakar kalori di siang hari.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

 

Referensi:

1. Stoppler, Melissa Conrad. PCR (Polymerase Chain Reaction).

2. Cleveland Clinic. COVID-19 and PCR Testing.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi