Bantuan
Free Tele x

Cara Mengatur Jadwal Makan Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Jul 2022

Bagikan

Cara Mengatur Jadwal Makan Anak

Penerapan aturan makan atau feeding rules menjadi hal yang penting. Anak usia satu tahun ke atas sudah bisa makan dengan menu keluarga. Dimana anak mulai senang mengeksplorasi kebiasaan, lingkungan sekitar, dan situasi, tak terkecuali waktu makan. Perlu Anda perhatikan bahwa anak usia satu sampai lima tahun, sama seperti bayi yang mana membutuhkan jadwal makan yang teratur. Bukan hanya itu, jadwal makan juga akan mengajarkan balita mengenai waktu yang tepat jika ingin makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua menjadi penting untuk mengetahui bagaimana penerapan aturan makan atau feeding rules

 

Pentingnya Aturan Makan

Pada usia satu sampai lima tahun, anak mulai menunjukkan perkembangan emosional dan sosial yang cepat. Maka dari itu, usia tersebut menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan anak untuk menerapkan aturan makan. Saat Anda membuat aturan jadwal makan untuk anak, maka ia akan mengerti mengenai waktu dan juga kebiasaan teratur. Bila aturan makan telah diajarkan sejak dini, kebiasaan baik juga akan terbawa sampai anak dewasa. Dengan demikian, proses metabolisme tubuh anak bisa teratur kemudian memengaruhi perkembangan si Kecil. Anak nantinya juga akan terbiasa untuk mengetahui kapan ia kenyang dan lapar. Diketahui bahwa anak membutuhkan makan setiap tiga atau empat kali dalam satu hari. Hal tersebut guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

Baca juga: Penyebab dan Tanda-tanda Anak Alami Gizi Buruk

 

Aturan Makan Anak 1-5 Tahun

Penerapan aturan makan untuk anak bisa Anda ketahui dengan penjelasan di bawah ini:

  • Jam 08.00 anak sarapan

  • Jam 10.00 anak makan selingan atau camilan

  • Jam 12.00 anak makan siang

  • Jam 14.00 anak mengonsumsi susu formula atau UHT

  • Jam 16.00 anak makan selingan atau camilan

  • Jam 18.00 anak makan malam

Dapat disebutkan bahwa aturan makan untuk anak 1 sampai 5 tahun yakni tiga kali makanan utama yaitu siang, malam, dan pagi serta sebanyak dua kali makan selingan. Penerapan aturan makan malam sebaiknya tidak berdekatan dengan waktu tidur. Sebaiknya Anda sisakan dua sampai tiga jam sebelum anak tidur. Hal ini disebabkan tubuh perlu waktu dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuhnya yang kecil. 

Jika waktu tidur anak jam tujuh malam, sebaiknya anak makan jam lima sore. Jangka waktu makan anak yang baik biasanya adalah jam lima sore sampai tujuh malam. Bila anak diberi makan malam terlambat, maka ia tentu menjadi kelaparan. Bukan hanya itu, terlambat makan malam juga akan membuat jeda waktu makan malam dengan tidur menjadi dekat. Hal tersebut bisa menyebabkan sistem pencernaan anak menjadi bekerja lebih berat. 

 

Pola Makanan Seimbang 

Bukan hanya memperhatikan waktu makan saja, dalam penerapan aturan makan Anda juga harus mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil. 

  1. Karbohidrat

Dalam menunjang aktivitas anak, diperlukan jumlah energi yang tidak sedikit. Salah satu sumber energi yakni karbohidrat, yang mana membantu tubuh dalam menggunakan protein serta lemak. Guna memperbaiki dan juga membangun jaringan tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat cocok untuk anak 1 sampai 5 tahun adalah seperti mi, jagung, singkong, makanan bertepung, nasi, bihun, kentang, dan ubi.

  1. Protein

Protein penting untuk anak sebagai zat pembangun guna membantu berat dan tinggi sang buah hati. Ada dua jenis protein yakni nabati dan hewani yang mana dapat Anda masukkan ke menu makan anak nantinya. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein baik untuk anak, yakni seperti telur, ikan, ayam, susu, tahu, tempe, daging sapi, dan keju. 

  1. Sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki peran sebagai zat pengatur, yang mana keduanya berperan penting untuk kesehatan sang anak. Buah dan sayur berwarna kuning atau hijau seperti pisang, jeruk, wortel, brokoli, bayam, dan kangkung dapat menjadi pilihan Anda. 

Jika waktu makan dan kandungan nutrisi telah dipenuhi, Anda juga jangan lupa untuk memberikan kebutuhan cairan untuk anak. Kebutuhan cairan harian menjadi sangat penting bagi anak, mengapa? sebab dalam proses metabolisme tubuh serta fungsi organ sangat dipengaruhi oleh cairan. 

Baca juga: Pola Makan Anak Saat Pubertas

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/nutrition-fitness/Pages/Feeding-and-Nutrition-Your-4-to-5-Year-Old.aspx

https://www.health.govt.nz/system/files/documents/publications/food-nutrition-guidelines-healthy-children-young-people-background-paper-feb15-v2.pdf

https://www.eatright.org/food/nutrition/dietary-guidelines-and-myplate/when-should-my-kids-snack

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang