Bunda Wajib Tahu, Ini Tips Supaya Imun Anak Terjaga Selama Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Tips Menjaga Imun Anak Selama Pandemi COVID-19

Mengetahui tips supaya imun anak terjaga selama pandemi COVID-19 merupakan hal terpenting yang tidak dapat dilewatkan oleh setiap orang tua. Dalam hal ini, mengetahui tips supaya imun anak terjaga dapat menjadi tindakan pencegahan terbaik yang dapat dilakukan selama virus penyebab COVID-19 masih menjadi ancaman. 

Lantas bagaimana tips supaya imun anak terjaga selama pandemi COVID-19? Simak tips-tips meningkatkan daya tahan tubuh anak berikut ini. 

  1. Istirahat Dengan Cukup

Selama masa pandemi ini, ada baiknya Anda menjaga agar anak dapat istirahat dengan cukup dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dalam hal ini, sistem daya tahan tubuh anak tidak dapat terganggu ketika ia mendapatkan waktu istirahat dengan cukup.

Dan perlu diingat bahwa waktu istirahat yang sehat dan dibutuhkan anak sejatinya lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Berdasarkan penjabaran dari American Academy of Pediatrics, waktu istirahat ideal bagi anak adalah:

  • Untuk anak dengan usia 3 sampai 5 tahun membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 13 jam untuk beristirahat (termasuk dengan tidur siang).

  • Untuk anak dengan usia 6 sampai 12 tahun membutuhkan sekitar 9 sampai 12 jam waktu untuk tidur. 

  • Remaja membutuhkan waktu sekitar 8 sampai 10 jam waktu untuk tidur.

Agar anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, cobalah membuat rutinitas ataupun jadwal tertentu yang perlu dipatuhi. Selain itu, cobalah ciptakan kondisi dan situasi kamar senyaman mungkin untuk mendukung aktivitas tidurnya. 

  1. Berolahraga Dengan Rutin

Olahraga yang rutin adalah kunci dari kesehatan dan kebugaran tubuh anak. Apabila tubuh sehat dan bugar, tentu kekebalan tubuh juga akan meningkat. Dalam hal ini, cobalah untuk mengajak anak Anda berolahraga bersama di pekarangan rumah ataupun di halaman belakang.

Selain berolahraga, orang tua juga dapat mengajak anak terlibat dalam aktivitas fisik yang cukup, seperti mengajak anak bermain bersama, membersihkan rumah bersama, dan berkebun bersama. 

Berolahraga dan tetap aktif secara fisik tidak hanya baik dalam rangka peningkatan imun anak, akan tetapi juga dapat membantu tumbuh kembangnya, baik dalam kemampuan koordinasi, kemampuan motorik, hingga meningkatkan kekuatan grup otot dan juga stamina anak.

Oleh karena itu, pastikan anak tidak bermalas-malasan di tempat tidur untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dalam melawan COVID-19.

Baca Juga: Sehat Selama #StayAtHome: Sit to Stand Exercise dan Latihan Kaki

  1. Ajari Anak Mengelola Stres

Tidak hanya orang dewasa saja, anak juga rentan mengalami stres selama masa pandemi COVID-19, terutama dengan adanya pembatasan aktivitas sosial di mana sang anak hanya dapat berada di dalam rumah seharian. Belum lagi jika kita berbicara mengenai banyaknya tugas dan ujian yang harus dikerjakan anak selama masa pembelajaran daring. 

Berkaitan dengan hal ini, cobalah untuk mengajari anak Anda manajemen waktu dan stres, mengenali perasaan-perasaannya, dan memperhatikan gejala-gejala yang menandakan kesehatan mental yang menurun, seperti perubahan pola tidur, makan, hingga pola perilakunya. 

  1. Cukupi Kebutuhan Gizinya

Tips supaya imun anak terjaga selama pandemi COVID-19 berikutnya adalah memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak tercukupi dengan baik. Berkaitan dengan ini, anak Anda memerlukan pola makan yang sehat, seimbang, penuh dengan vitamin dan nutrisi. Pola makan yang sehat ini mampu membuat tubuh anak berfungsi dengan maksimal, termasuk dengan kekebalan tubuhnya.

Adapun makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:

  • Makanan mengandung protein seperti ikan dan ayam

  • Buah-buahan dan sayuran

  • Gandum utuh

  • Olahan susu rendah lemak

Itulah dia beberapa tips supaya imun anak terjaga selama pandemi COVID-19 yang dapat mulai Anda terapkan di rumah. Selain keempat hal tersebut, Anda juga dapat membiasakan anak untuk hidup bersih. Hal ini karena kita tidak pernah tahu kapan dan bagaimana anak dapat sepenuhnya terbebas dari mikroorganisme berbahaya, termasuk dari virus penyebab COVID-19.

Nah, dengan membiasakan hidup bersih dengan rutin mandi, mencuci tangan, serta membersihkan ruangan, risiko terpapar virus penyebab COVID-19 pada anak tentu akan menurun. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengajarkan dan membiasakan anak dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Imunitas Tubuh

 

Sumber:

1. Cleveland Clinic. 2020. How to Boost Your Kid’s Immunity Heading Into the New School Year.

2. Children’s health. 6 tips to prevent COVID-19 and other viruses.

3. Collen, Courtney. 2020. COVID-19 FAQs: Keeping kids healthy during pandemic.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi