Sehat selama #StayAtHome: Sit to Stand Exercise dan Latihan Kaki

16 Nov 2020 • Tips Kesehatan

Selama masa pandemi ini, kita mengalami banyak perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang harus disesuaikan adalah kebiasaan bekerja dan belajar.

Pemberlakuan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah dan tidak pergi kemana-mana.

Kita banyak duduk berkutat dengan gawai di atas kursi, atau bahkan kasur, dan bekerja selama berjam-jam tanpa memperhatikan kebugaran kita.

Jumlah langkah dalam sehari juga jauh berkurang dibandingkan sebelum pemberlakuan PSBB. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas sit to stand exercise dan latihan kaki yang bisa dikerjakan selama periode #DiRumahAja.

Sit to Stand Exercise

Sesuai namanya, sit to stand adalah gerakan dari duduk, berdiri, dan kembali duduk diperuntukkan untuk meningkatkan keseimbangan orang dewasa dan lansia.

Selain itu, latihan ini juga dapat mengukur kekuatan anggota gerak bawah. Pengukuran tersebut dapat berlangsung selama 30 detik maupun 5 menit.

Bagaimana melakukannya?

  1. Duduk di tengah kursi
  2. Silangkan tangan Anda di depan dan letakkan pergelangan tangan Anda di bahu
  3. Letakkan kaki rata di lantai
  4. Pastikan punggung Anda lurus dan tangan Anda menempel di dada
  5. Ketika Anda sudah nyaman, berdiri penuh dan duduk kembali selama durasi yang telah Anda tentukan.

Aktivitas ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan dan kemampuan Anda. Latihan ini juga dapat dikerjakan oleh semua usia, dalam semua keadaan, senyaman mungkin, meskipun Anda membutuhkan alat bantu untuk berdiri.


Latihan Kaki

Latihan yang satu ini dapat dikerjakan di tempat tidur maupun sambil duduk—senyaman Anda. Gerakan ini dapat meningkatkan aliran darah. Lakukanlah setidaknya 2 kali sehari dengan pengulangan 10 kali tiap latihan.

Pergelangan kaki/ankle pump (lihat gambar di bawah)

Posisikan kaki lurus pada pergelangan tangan kaki. Kemudian, tekuk kaki Anda dan arahkan ke telapak kaki dan punggung kaki. Ulangi gerakan ini beberapa kali.


Gerakan memutar (lihat gambar di bawah)

Putar pergelangan kaki searah jarum jam sebanyak 10 kali. Ulangi ke arah yang berlawanan.


Yuk, lakukan kedua latihan tersebut dan tetap bugar selama pandemi!

Referensi

Nusdwinuringtyas N. Catatan Nury on Facebook. 2020 [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.facebook.com/Catatan-Nury-1666597136911962/