Bunda Wajib Tahu, Berikut ini Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Bunda Wajib Tahu, Berikut ini Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan dari Minggu ke Minggu

Mengetahui tahapan perkembangan janin adalah suatu hal penting yang tidak bisa Anda lewatkan. Dalam hal ini, tahapan perkembangan janin dibagi menjadi 3 trimester, atau periode tiga bulan masa kehamilan. Dengan mengetahui perkembangan janin ini, Anda sebagai orang tua akan mampu mengenali dengan mudah, ketika terdapat gangguan ataupun kelainan dalam usia kehamilan tertentu.

Nah, agar pemahaman mengenai tahapan perkembangan janin ini menjadi lebih detail lagi, berikut adalah tahapan yang perlu Anda pahami dari minggu ke minggu.

Tahapan Perkembangan Janin

Dalam kandungan, perkembangan janin sejatinya berjalan dengan cukup cepat. Berikut adalah penjelasan mengenai perkembangan janin tersebut. 

  1. Usia 1 sampai 3 minggu

Usia kehamilan sebenarnya dimulai dari hari pertama haid terakhir. Pada 2 minggu setelah menstruasi terakhir terjadi pembuahan oleh jutaan sperma untuk membuahi sel telur dan hanya 1 sel yang berhasil menembus sel telur. Dalam tiga minggu, sel telur yang berhasil dibuahi akan membentuk embrio dan pada saat itulah sel saraf bayi telah terbentuk.  

  1. Usia 4 sampai 5 minggu 

Ketika usia kehamilan mencapai 4 sampai 5 minggu, jantung bayi sudah mulai terbentuk dan berfungsi. Pada saat ini pun pembuluh darah sudah mulai memiliki aliran darah sendiri. Selain itu, tangan, mata, telinga, dan mulut bayi sudah mulai dibentuk, serta struktur dasar otak dan sistem saraf sudah terbentuk. 

  1. Usia 6 sampai 8 minggu

Pada usia sekitar 6 minggu, Anda sudah dapat mendeteksi detak jantung si kecil. Pada saat ini pula bayi sudah tidak disebut sebagai embrio lagi, melainkan sebuah janin dengan panjang sekitar 2,5 cm dan memiliki berat sekitar 1/30 ons. 

  1. Usia 9 sampai 12 minggu

Pada saat ini, belum dapat dipastikan jenis kelamin dari bayi yang sedang dikandung. Akan tetapi, ibu hamil sudah mulai merasakan hentakan yang berasal dari cegukan bayi di dalam kandungan. Pada minggu ke-10, anatomi bayi telah mencapai 90% dari yang dimiliki orang dewasa. 

Baca Juga: Manakah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

  1. Usia 13 sampai 17 minggu

Usia kehamilan 13 sampai 17 minggu dapat juga disebut sebagai trimester kedua. Saat ini, organ dalam bayi Anda sudah mulai terbentuk dan terus mengalami perkembangan. Mata sang bayi masih terpejam, akan tetapi ia sudah mulai bisa mendengar. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajak bayi Anda berbicara ataupun membacakan cerita kepadanya.

  1. Usia 18 sampai 21 minggu

Pada usia 18 hingga 21, ibu hamil akan mulai merasakan tendangan atau gerakan bayi hingga memasuki minggu ke-22. Pada minggu ke-22, bayi yang dikandung telah mencapai sebesar kelapa. Tidak hanya itu, pada usia inilah Anda bisa mengetahui apakah bayi yang dikandung laki-laki atau perempuan. 

  1. Usia 22 sampai 25 minggu

Di usia kehamilan 22 sampai 25 minggu, bayi Anda sudah memiliki berat sekitar 500 gram. Selain itu, kemampuan dalam melihat, mendengar, dan bahkan mencium serta merasakan pun telah semakin kuat. Tidak hanya itu saja, pita suara bayi Anda pun semakin berkembang, sehingga lebih mudah dalam mengenali suara serta hal-hal lainnya di tubuh Anda. 

  1. Usia 26 sampai 30 minggu

Fase usia kehamilan 26 sampai 30 minggu, atau dapat dikatakan memasuki trimester ketiga, adalah tahap terakhir dari masa kehamilan Anda. Saat ini Anda sudah harus siap dalam menunggu kehadiran si kecil dengan melengkapi seluruh kebutuhan persalinan. Di tahap ini si kecil sudah dapat membuka mata, berkedip, hingga mulai latihan bernapas, serta mulai bertambah berat badannya.

  1. Usia 31 sampai 34 minggu

Pada usia 31 hingga 34 minggu, berat bayi diperkirakan telah mencapai seukuran melon atau 1,5 kg. Berat tersebut akan terus bertambah sebanyak 750 gr tiap minggunya hingga nantinya lahir. Pada tahap ini juga, otak dan paru-paru telah berkembang sepenuhnya. 

  1. Usia 35 minggu hingga kelahiran

Pada tahapan terakhir ini, posisi bayi Anda sudah terbalik di dalam rahim untuk persiapan menuju persalinan. Kepalanya akan bersandar pada mulut rahim, dan akan sedikit terasa pergerakan bayi akibat ruangan yang semakin sempit. Saat ini, Anda hanya tinggal menunggu sang bayi lahir dengan kondisi yang siap. 

Demikianlah tahapan perkembangan janin dalam kandungan tiap minggunya yang perlu  bunda ketahui. Untuk menjaga kondisi bayi dalam kandungan tetap sehat, pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan kandungan  secara rutin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

 

Sumber:

WebMD. Your Pregnancy Week by Week: Weeks 1-4. 

NHS. Pregnancy week-by-week. 

Babycenter. Pregnancy Week by Week.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi