Bantuan
Free Tele x

Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat?  Pada umumnya, seorang wanita akan mengetahui bahwa mereka telah hamil melalui hasil test pack atau pemeriksaan USG. Namun, pada umumnya mereka tidak tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dalam program hamil bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Mengapa perlu tahu cara menghitung usia kehamilan?

Mengapa seorang wanita perlu untuk mengetahui usia kehamilan? Berikut ini beberapa alasan Anda perlu untuk mengetahui usia kehamilan. 

1. Hari Perkiraan Lahir

Alasan pertama mengapa perlu mengetahui usia kehamilan yaitu untuk menentukan hari perkiraan lahir. Ketika Anda mengetahui perkiraan hari lahir, maka Anda bisa menentukan perawatan yang diperlukan. Selain itu, mengetahui usia kandungan juga akan membantu dokter dalam memantau kondisi kehamilan Anda. 

2. Jadwal Tes USG

Alasan Anda perlu mengetahui usia kehamilan yang selanjutnya yaitu menentukan jadwal tes USG. Tes USG harus dilakukan ketika usia kehamilan telah memasuki usia 6 minggu. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah bayi kembar berbagi plasenta atau kantung ketuban. Selain itu, usia kehamilan juga membantu dokter dalam menentukan tes darah AFP.

3. Metode Persalinan

Alasan terakhir Anda perlu mengetahui usia kehamilan yaitu menentukan metode persalinan baik caesar atau normal. Terutama bagi ibu hamil yang berencana melakukan persalinan caesar, mengetahui usia kehamilan merupakan hal yang penting. Hal ini karena kesalahan dalam menghitung usia kehamilan dapat menyebabkan janin belum siap terlahir ke dunia.

Cara menghitung usia kehamilan yang tepat

Lalu bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat? Berikut ini ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan yang tepat. 

1. Berdasarkan HPHT

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Pertama-tama ingatlah HPHT Anda, kemudian majukan selama 7 hari. Setelah menambahkan 7 hari, tambahkan lagi 40 minggu hingga mendapatkan hari perkiraan lahir. Sebagai  contoh, hari pertama haid terakhir Anda adalah 18 Juli 2021, kemudian ditambahkan 7 hari menjadi 25 Juli 2021. Setelah itu tambahkan 40 minggu menjadi 24 Januari 2022.  Jadi, hari perkiraan lahir yaitu 24 Januari 2022. 

2. Berdasarkan USG

Cara menghitung usia kehamilan yang kedua yaitu menggunakan USG. Cara ini bisa dilakukan apabila menganggap cara sebelumnya tidak akurat karena beberapa alasan seperti haid yang tidak teratur atau lupa tanggal. USG mampu menghitung usia kehamilan jauh lebih akurat apabila di lakukan pada awal-awal kehamilan. Hal ini karena pada minggu pertama, perkembangan janin berlangsung dengan kecepatan yang sama. Sedangkan USG yang dilakukan pada trimester akhir untuk memantau janin tumbuh dengan baik. 

3. Berdasarkan kalkulator kehamilan

Anda juga bisa mengetahui usia kehamilan yang tepat dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Cara yang digunakan pada kalkulator kehamilan sama seperti perhitungan menggunakan HPHT. Anda hanya perlu mengingat tanggal HPHT dan siklus haid, serta menginputnya ke dalam kalkulator kehamilan. Setelah itu, secara otomatis akan muncul perkiraan usia janin dan perkiraan lahir. Cara ini sangat memudahkan Anda tanpa harus menghitung secara manual perkiraan usia kehamilan. 

Lupa hari pertama haid terakhir

Apa yang perlu dilakukan jika lupa tanggal hari pertama haid terakhir? Apabila Anda sudah merencanakan kehamilan, sebaiknya untuk selalu mencatat jadwal haid dalam beberapa bulan. Namun, apabila Anda terlanjur lupa, maka dokter kandungan akan melakukan USG. cara menghitung usia kehamilan yang tepat menggunakan USG biasanya dilakukan pada usia kehamilan 6 hingga 14 minggu, namun semakin dini maka semakin akurat usia kehamilan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menghitung usia kehamilan yang tepat. Perlu Anda ingat, menghitung usia kehamilan menggunakan hari pertama haid terakhir tidaklah 100% akurat. Jadi, wajar saja apabila hari perkiraan lahir tidak sesuai dengan kenyataan. 

Selain mengetahui usia kehamilan, Anda juga perlu memantau kehamilan. Jadi, selama hamil rutinlah untuk memeriksakan kandungan ke dokter agar bisa dipantau. Dokter juga akan memberikan beberapa saran terkait hal-hal yang perlu Anda hindari. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting Untuk Mengetahui Usia Kehamilan, Ini Cara Menghitung HPHT

 

Sumber:

How to count your pregnancy in weeks and months. 

 

Danielsson, Krissi. (2021)

Bagikan artikel ini