Bantuan

Bunda Tidak Perlu Khawatir, Ini Dia Obat Sakit Gigi Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Bunda Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Obat Sakit Gigi Untuk Anak

Obat sakit gigi anak dengan orang dewasa tentunya berbeda, sehingga anak Anda tidak bisa mengonsumsi obat sembarangan, karena adanya perbedaan dosis antara obat dewasa dengan anak-anak. Selain beda dosis, penggunaan obat sembarangan pada anak bisa menyebabkan efek samping dan keracunan. Maka berhati-hatilah dalam memberikan obat untuk anak. 

Sakit gigi pada anak biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman manis dengan kadar gula tinggi, seperti permen, rambut nenek atau beberapa makanan manis lainya. Jika anak Anda mengalami sakit gigi, segeralah bawa ke dokter untuk mendapat resep obat yang cocok, namun Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa obat sakit gigi anak melalui pembahasan di bawah ini. 

Apa Itu Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan nyeri atau peradangan yang terjadi di dalam gigi atau di sekitar gigi, biasanya disebabkan oleh gigi yang tidak terawat atau tidak dibersihkan, sehingga sisa-sisa makanan tersimpan di rongga mulut dan menimbulkan zat asam yang bisa merusak gigi.

Gigi yang tidak terawat bisa mengakibatkan peradangan dan infeksi, sehingga jika anak Anda mengalami sakit gigi akan cenderung lebih rewel karena rasa sakit berdenyut pada gigi, terutama ketika makan-makanan manis atau minum-minuman dingin.

Obat Sakit Gigi Anak

Sakit gigi tidak hanya membuat anak Anda kesulitan makan, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati anak Anda, sehingga tidak heran jika anak Anda akan sedikit lebih rewel. Dalam beberapa kondisi, sakit gigi bisa menyebabkan anak mengalami demam, gusi bengkak, sulit mangap dan pusing. Melalui pembahasan di bawah ini Anda akan mengetahui beberapa rekomendasi obat sakit gigi anak.

  1. Paracetamol

Sebelum Anda membawanya ke dokter, Anda bisa menggunakan paracetamol sebagai pereda sakit gigi. Paracetamol tidak hanya digunakan untuk menurunkan panas yang muncul ketika sakit gigi, tetapi bisa juga Anda gunakan sebagai pereda sakit kepala, gigi dan beberapa nyeri lainnya. Paracetamol bisa diminum 4 sampai 5 jam sekali dan tidak melebihi 5 kali dalam sehari. Sesuaikan dosis dengan umur dan petunjuk yang telah diberikan pada kemasan obat.

  1. Cataflam Drop

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, Anda bisa menggunakan obat Cataflam drop. Ada dua jenis Cataflam drop, ada yang berbentuk tablet untuk orang dewasa dan ada juga yang berbentuk tetes dan bisa digunakan pada anak usia di atas 6 tahun. Obat ini mengandung zat aktif kalium diclofenac untuk meredakan sakit gigi. 

Dalam setiap ml Cataflam mengandung 15 mg diclofenac. Obat ini bisa anak Anda konsumsi 2x sehari dengan dosis 1 mg/kg berat badan, jadi jika anak Anda 20 kg bisa Anda berikan 20 mg Cataflam drop.

Baca Juga: Apa Obat Sakit Gigi Paling Ampuh? Temukan Di Sini

  1. Cengkeh

Peradangan yang disebabkan sakit gigi bisa Anda obati dengan cengkeh. Cengkeh memiliki sifat antibakteri, anti radang dan analgesik untuk mengobati sakit gigi. Sebagai obat sakit gigi anak, Anda bisa melarutkan 2 hingga 3 tes minyak cengkeh ke dalam ¼ sendok teh minyak biji wijen. Larutkan pada kapas bersih lalu tempelkan kapas pada gigi anak Anda yang berlubang setiap malam, sebelum tidur. 

  1. Dentasol

Obat sakit gigi anak yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Dentasol. Dentasol memiliki bentuk cair seperti gel kental yang bisa Anda teteskan pada bagian gigi atau gusi anak Anda yang terasa sakit. Obat ini memiliki antiseptik dan zat patirasa untuk mengobati gigi yang rusak karena bakteri. Dentasol tidak dianjurkan tertelan, sehingga harus digunakan pada anak yang sudah lebih mengerti untuk mengeluarkan ludah tanpa harus menelan obatnya.

  1. Kumur Garam

Garam merupakan obat alami sakit gigi, yang bisa Anda gunakan untuk anak ketika sakit gigi. Obat alami ini sudah digunakan secara turun temurun karena dipercaya mengandung antibakteri dan antiseptik yang baik untuk mengatasi infeksi gigi karena zat atau bakteri. Garam bisa mengurangi peradangan, sakit gigi dan gusi. Anda bisa mencobanya dengan membantu anak Anda untuk berkumur air hangat yang telah diberi garam.

Melalui pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui macam-macam obat sakit gigi anak yang bisa Anda coba gunakan untuk anak Anda. Jika beberapa cara di atas tidak berhasil, segera konsultasikan dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Panduan Merawat Gigi Anak Bagi Orang Tua

 

Sumber:

1. Dentistry On Dusk: 9 Home Remedies for Toothaches in Children. 2020.

2. Kid’s Dentistree. What to Do if Your Child Has a Toothache. 2017.

Tag :
Bagikan artikel ini