Bantuan

Berencana Menggunakan Kawat Gigi? Ketahui Jenis Behel dan Fungsinya Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Nov 2021

Bagikan

Berencana Menggunakan Kawat Gigi? Ketahui Jenis Behel dan Fungsinya Berikut Ini

Sebelum memutuskan akan menggunakan kawat gigi, ada baiknya Anda mengetahui tentang behel, jenis behel dan fungsinya. Behel merupakan salah satu cara yang banyak diminati banyak orang untuk mencapai bentuk dan juga struktur gigi yang terlihat rapi. Namun tahukah Anda bahwa behel ternyata terdiri dari berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda? Nah untuk lebih jelasnya lagi, simak terus penjelasan mengenai jenis behel dan fungsinya. 

Apa itu behel?

Behel atau yang biasa juga disebut sebagai kawat gigi, merupakan salah satu alat yang berfungsi sebagai pengatur struktur gigi yang bermasalah. Beberapa permasalahan dari struktur gigi yang dapat diatasi dengan pemakaian behel adalah gigi yang tidak rata, berjarak, hingga gigi maju.

Dilengkapi dengan kawat yang dapat memberikan tekanan, behel dapat membantu memindahkan gigi hingga ke posisi normal yang rapi. Saat ini, tidak hanya sebagai alat yang dapat memperbaiki gigi, behel kini sudah semakin diminati karena dapat menjadi aksesoris bagi gigi.

Jenis behel dan fungsinya

Agar tidak salah pilih, mengetahui berbagai macam pilihan jenis behel dan fungsinya adalah suatu hal yang penting. Bagaimana tidak, setiap jenis behel memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda yang nantinya akan disesuaikan dengan permasalahan gigi Anda. Adapun jenis behel dan fungsinya tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Behel konvensional

Jenis behel yang pertama ini merupakan jenis behel konvensional yang paling banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan struktur gigi hingga rahang. Fungsi dari behel yang satu ini adalah memberikan tekanan yang cukup kuat pada gigi agar dapat berpindah pada posisi yang lebih ideal. Behel konvensional pada dasarnya terbuat dari bahan metal (logam) anti karat. Karena terbuat dari bahan tersebut, jenis behel yang satu ini mungkin akan terasa lebih berat. Selain itu, pada saat mengunyah, makanan akan lebih mudah menempel pada kawat dan juga bracket gigi.

  1. Behel invisalign

Behel berikutnya ini merupakan jenis behel yang bersifat transparan dan cukup populer sebagai alternatif behel konvensional. Memiliki fungsi untuk merapikan gigi agar lebih selaras, behel yang satu ini tidak akan terlihat begitu mencolok sehingga mengganggu penampilan. Mengingat kepopulerannya, ada banyak produsen yang memproduksi behel invisalign ini dengan kualitas yang tidak memenuhi standar dengan harga yang jauh lebih murah. Dalam hal ini, sebaliknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu mengenai pemakaian behel ini, dan pilihlah produk terbaik yang bersertifikasi internasional.

  1. Behel keramik

Disebut juga sebagai behel estetis, behel keramik ini pada dasarnya memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan behel konvensional. Yang menjadi pembeda kedua jenis behel ini hanyalah bahan penyusunnya, dimana behel keramik terbuat dari keramik bening berwarna seperti gigi, sedangkan behel konvensional terbuat dari logam. Karena warnanya yang serupa dengan warna gigi, jenis behel keramik ini terbilang lebih baik dalam hal penampilan. Meskipun begitu, warna ini dapat berubah sewaktu-waktu akibat sering mengonsumsi kopi dan makanan lainnya.

  1. Behel self-ligating (damon)

Berikutnya adalah jenis behel self-ligating yang sekilas terlihat mirip dengan tampilan behel konvensional. Meskipun begitu, keduanya memiliki pembeda yakni berkaitan dengan tidak digunakannya klip khusus yang menahan posisi logam pada setiap bracket gigi. Karena inilah, jenis behel yang satu ini berfungsi sebagai pengatur gigi yang bersifat lebih minim gesekan, dan mampu mempermudah proses sikat gigi Anda.

  1. Behel lingual

Ingin mendapatkan behel yang tidak mengganggu penampilan? Jenis behel lingual ini bisa menjadi alternatif, karena di pasang pada bagian belakang gigi. Dengan begini, ketika Anda menampilkan gigi, behel yang digunakan tidak akan tampak. Meskipun memiliki fungsi yang sama sebagaimana jenis behel lainnya, behel lingual ini sejatinya memiliki harga yang lebih mahal mengingat proses pemasangannya yang cukup rumit, terutama pada mereka yang memiliki gigi kecil.

Itulah dia beberapa jenis behel dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Sudah memutuskan akan memilih jenis behel yang mana?

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ingin Gigi Tampak Lebih Putih? Ketahui Manfaat Veneer Gigi dan Efek Sampingnya

 

Sumber:

American Association of Orthodontists. 2020. How Orthodontics Works: Braces. 

WebMD. Braces.

Spring Cypress Dental. Choosing the right type of braces for yourself.

Tag :
Bagikan artikel ini