Waspadai Covid Varian Baru, Pahami Jenis-Jenis dan Gejalanya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Waspadai Covid Varian Baru, Pahami Jenis-Jenis dan Gejalanya

Ditengah pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari 1 tahun ini, terdapat Covid varian baru yang merupakan hasil mutasi dari Covid-19. Beberapa Covid varian baru tersebut diantara yaitu Alfa, Beta, Delta dan Gamma. Berbagai varian ini mulai ditemukan pada akhir tahun 2020 dan telah menyebar di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda perlu memahami berbagai jenis varian dan juga gejala yang ditimbulkan. 

Covid Varian Baru

  1. B.1.1.7  atau Alfa

Covid varian baru yang pertama yaitu Covid varian Alfa yang memiliki kode B.1.1.7. Varian Alfa ini pertama kali terdeteksi di Inggris, sehingga sering juga disebut dengan varian Inggris. Selain itu, Covid varian baru ini memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi yaitu 36% hingga 75% dibandingkan Covid-19 yang sebelumnya. 

Pada Covid varian Alfa juga tidak sepenuhnya efektif terhadap vaksin Covid-19 yang telah beredar. Namun, berdasarkan penelitian ada beberapa vaksin yang memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi. Beberapa vaksin tersebut yaitu vaksin AstraZeneca dengan tingkat efektifitas 70,4% melawan gejala dan vaksin Pfizer-BioNTech tingkat efektivitas mencapai 89,5%.

  1. B.1.351 atau Beta

Covid varian baru yang selanjutnya yaitu Beta yang memiliki kode B.1.351. Covid varian Beta ini merupakan mutasi yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada akhir tahun 2020. Selain itu, Covid varian Beta juga dipercaya mampu menghindari sistem kekebalan tubuh. Sehingga, beberapa vaksin tertentu hanya mampu memberikan perlindungan sekitar 10% terhadap gejala ringan dan sedang. 

Vaksin yang memiliki efektivitas lebih tinggi terhadap Covid varian baru ini yaitu vaksin Novavax. Vaksin Novavax memiliki tingkat efektivitas hingga 60%. Sedangkan untuk Vaksin AstraZeneca hanya memiliki tingkat efektivitas sebesar 10% saja.

  1. B.1.617.2 atau Delta

Covid varian Delta atau B.1.6.7.2 merupakan varian baru yang selanjutnya. Covid varian Delta ini pertama kali terdeketsi di India. Selain itu, varian baru ini merupakan varian yang terkuat dan juga sangat menular dan telah menyebar ke seluruh dunia. 

Covid varian Delta juga memiliki banyak mutasi dan belum diketahui dampak pasti yang diakibatkannya. Akan tetapi, mutasi yang terjadi pada varian Delta mampu membuat virus mengikat sel tubuh manusia yang dapat menghindari respons dari sistem imun tubuh

  1. Gamma atau P.1

Covid varian Gamma merupakan varian yang pertama kali terdeteksi di Brazil sehingga banyak yang menyebutnya varian Brazil. Pada beberapa waktu yang lalu, varian ini berkembang di Amerika Serikat dan menunjukkan penolakan terhadap antibodi atau sistem kekebalan tubuh. Pada varian Gamma ini, terdapat beberapa mutasi yang sama seperti Alfa dan Beta sehingga tingkat penularannya cukup tinggi.

Gejala Covid Varian Baru

Pada umumnya, gejala yang ditimbulkan oleh Covid varian baru ini sama seperti Covid-19. Beberapa gejala yang mungkin muncul yaitu demam, kelelahan, sakit kepala, hilangnya indra perasa atau penciuman, dan nyeri tenggorokan. Selain itu, terdapat beberapa gejala serius lainnya seperti sesak napas, nyeri dada, atau sulit untuk bergerak dan berbicara. 

Akan tetapi, pada Covid varian Alfa memiliki gejala berupa batuk yang berlendir dan mengeluarkan lendir dari mulut serta hitung. Gejala yang ditimbulkan varian Alfa umumnya memiliki reaksi yang lebih kuat dari varian lainnya. Sedangkan untuk varian Delta, gejala yang ditimbulkan mirip dengan flu yang parah tanpa kehilangan indra penciuman, sehingga banyak yang tidak sadar telah terinfeksi virus varian Delta. 

Apakah perlu divaksin meski ada Covid varian baru?

Vaksin merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dalam memerangi pandemi Covid-19 ini. Vaksin Covid mungkin akan mengalami penurunan terhadap Covid varian baru. Akan tetapi, hal ini tetap dapat memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi virus Corona. Oleh karena itu, vaksin yang merupakan salah satu perlindungan diri yang perlu digunakan selama mencari vaksin yang bisa mencegah berbagai Covid varian baru yang bermunculan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Covid varian baru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan bisa lebih memahami Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Berapa CT Kondisi Bahaya pada Pasien COVID?


Sumber:

Variants of the Virus (2021) 

What are the Covid-19 variants and how do Alpha, Delta and Delta differ? (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi