Bantuan
Bantuan

Jangan Sembarangan Makan, Ini Daftar Makanan untuk Sakit Tipes yang Boleh Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Makanan untuk penderita tipes

Tahukah Anda, ternyata makanan untuk sakit tipes tidak boleh sembarangan. Apabila penderita sakit tipes mengonsumsi makanan yang sembarangan maka bisa menyebabkan penyakit yang diderita akan semakin parah. Oleh karena itu, selain beristirahat total, penderita tipes juga diharuskan menerapkan pola makan yang baik. 

Makanan untuk Sakit Tipes

Lalu apa saja makanan untuk sakit tipes yang boleh dikonsumsi? Bagi Anda yang menderita penyakit tipes, wajib memahami makanan untuk sakit tipes yang bisa dikonsumsi berikut ini. 

  1. Makanan Lunak

Makanan untuk sakit tipes yang pertama, yaitu makanan lunak. Pasalnya penderita penyakit tipes memiliki sistem pencernaan yang tidak dalam kondisi baik. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan lunak membantu kerja dari sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Selain itu, makanan lunak juga bermanfaat dalam menghindari berbagai komplikasi tipes seperti pendarahan di usus ataupun perforasi usus. 

  1. Makanan Tinggi Kalori

Makanan yang memiliki kalori yang tinggi merupakan salah satu makanan untuk sakit tipes yang selanjutnya. Pasalnya, makanan yang mengandung kalori tinggi akan membantu proses penyembuhan  penyakit tipes. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penurunan berat badan secara drastis. Beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi, yaitu kentang rebus, pisang, roti putih hingga pasta. 

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Selain makanan tinggi kalori, penderita tipes juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan mudah dicerna, yaitu kentang panggang, telur rebus, dan bubur. Makanan yang mengandung karbohidrat ini akan membantu pemulihan  penderita tipes. 

  1. Makanan Tinggi Protein

Makanan untuk sakit tipes yang selanjutnya, yaitu makanan tinggi protein. Pasalnya, protein merupakan sumber tenaga dan juga zat pembangun yang bertugas untuk memelihara jaringan yang rusak. Bagi penderita penyakit tipes, protein sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan protein yang baik dari daging ayam, telur, ikan, hati ayam, tahu, dan tempe. 

  1. Makanan Rendah Serat

Selama mengalami penyakit tipes, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Hal ini karena serat yang tinggi akan sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan iritasi usus menjadi lebih parah. Beberapa makanan yang memiliki kandungan serat yang rendah adalah pisang, alpukat, tomat tanpa kulit, dan biji serta kentang tanpa kulit. 

  1. Makanan Olahan Susu

Makanan olahan susu merupakan sumber protein lainnya yang sangat diperlukan oleh penderita tipes. Selain itu, produk olahan susu seperti yogurt dan keju sangatlah mudah dicerna oleh sistem pencernaan dibandingkan oleh sumber protein lainnya sehingga sangat cocok untuk penderita tipes. 

  1. Cairan

Walaupun bukan makanan, tetapi bagi penderita tipes mencukupi cairan tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, salah satu gejala tipes, yaitu diare yang bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, untuk mengembalikan cairan tubuh Anda wajib minum air sebanyak 6 hingga 8 gelas per hatinya. 

Tips Cepat Sembuh 

Selain mengetahui beberapa makanan untuk sakit tipes, Anda juga perlu tahu bagaimana tips untuk cepat sembuh. Pasalnya, walaupun telah menjaga pola makan yang baik tanpa didukung oleh hal lainnya maka proses penyembuhan penyakit tipes bisa berjalan lama. Lalu apa saja tips cepat sembuh dari tipes? Simak penjelasan di bawah ini. 

  • Mengkonsumsi antibiotik. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, namun  antibiotik perlu dikonsumsi hingga habis walaupun sudah sembuh agar tidak terjadinya resistensi antibiotik. 

  • Hindari aktivitas berat. Pasalnya aktivitas berat dapat menurunkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, hindari terlebih dahulu aktivitas berat hingga  benar-benar sembuh.

  • Konsumsi suplemen probiotik. Probiotik dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan manusia. 

  • Menjaga kebersihan tangan. Salah satu penyebab Anda mengalami tipes yaitu karena mengonsumsi makanan tidak higienis. Oleh karena itu, selalu cuci tangan untuk meminimalisir perpindahan bakteri ke makanan ataupun ke dalam tubuh. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai makanan untuk sakit tipes yang bisa dikonsumsi. Pastikan Anda menaati apa yang sudah dijelaskan di atas agar penyakit tipes tidak semakin parah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Demam Menurun Hingga Tubuh Lebih Bertenaga, Berikut Ini Ciri Tipes Mulai Membaik

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Link, Rachel. 2020. Typhoid Diet: Overview, Foods, and Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/typhoid-diet#bottom-line

Kids Health. 2017. Typhoid Fever. https://kidshealth.org/en/parents/typhoid.html

Dayal, Lakshmi. 2021. 10 Foods You Should Eat In Typhoid. https://emoha.com/blogs/health/food-to-eat-during-typhoid

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang