Bantuan
Free Tele x

Berbagai Penyebab Penyakit Menular Seksual (PMS) yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Jun 2022

Bagikan

Berbagai Penyebab PMS yang Wajib Anda Ketahui

Dari berbagai macam PMS (penyakit menular seksual), semuanya memiliki penyebab yang berbeda. Lantas, apakah Anda tahu apa saja penyebab dari berbagai penyakit menular seksual tersebut? Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai penyebab setiap macam penyakit menular seksual.

Baca juga: Jangan Asal Berhubungan Badan, Ini Penyakit Seksual yang Mengintai Anda



Penyebab PMS

Lantas apa saja penyebab PMS tersebut? Secara umumnya ada berbagai macam penyebabnya mulai dari bakteri, virus, hingga jamur. Di bawah ini akan dijelaskan satu per satu penyakit menular seksual dan juga penyebabnya. Jadi, simak terus penjelasan di bawah ini.

1. HIV/AIDS

HIV/AIDS merupakan penyakit menular seksual yang paling banyak diketahui. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penderita penyakit ini memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan rentan mengalami infeksi. Jika penderita infeksi HIV ini tidak segera diobati, maka akan menjadi semakin parah dan berkembang menjadi AIDS. Pada kondisi yang lebih parah lagi, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya dan berujung pada kematian.

2. Sifilis

Penyakit menular seksual yang selanjutnya, yaitu sifilis. Mungkin Anda lebih mengenal penyakit menular seksual ini dengan sebutan raja singa. Penyebab PMS yang satu ini, yaitu karena infeksi yang dilakukan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum. Jika bakteri ini menyerang Anda, maka akan menimbulkan gejala berupa luka pada kelamin, anus hingga mulut. Apabila kondisi ini tidak mendapatkan pengobatan bisa menyebabkan komplikasi yang menyerang otak hingga jantung. 

3. Herpes genital

Sesuai dengan namanya, penyebab PMS yang satu ini, yaitu karena infeksi virus herpes terutama tipe I dan  tipe II. Penderita penyakit ini akan mengalami gejala berupa lenting merah dan berair di sekitar kelamin. Tidak hanya itu, gejala dari penyakit ini juga bisa muncul di sekitar mulut atau disebut dengan herpes oral. Apabila kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti gangguan penglihatan hingga impotensi. 

4. Klamidia

Klamidia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Jika Anda telah terinfeksi bakteri ini, maka akan menimbulkan gejala berupa keputihan abnormal, perih saat buang air kecil, dan cairan abnormal yang keluar dari penis. Meskipun begitu, pada beberapa penderita mungkin saja tidak mengalami keluhan sama sekali. 

5. Gonore

Penyakit menular seksual yang selanjutnya, yaitu gonore yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Apabila penyakit jenis ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Beberapa komplikasi yang dapat muncul, yaitu menyebabkan konjungtivitis atau peradangan pada selaput mata. Tidak hanya itu, jika seorang ibu sedang hamil maka memiliki kemungkinan yang besar untuk menularkan ke anak saat persalinan. 

 

Hal-hal yang Berisiko Menyebabkan Penularan Penyakit

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab PMS di atas, mungkin Anda ada yang bertanya-tanya mengapa seseorang bisa terinfeksi penyakit menular seksual ini. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat menjadi media penularan penyakit menular seksual. 

1. Hubungan seksual dengan banyak pasangan

Sesuai dengan namanya, penyakit menular seksual ini paling umum ditularkan karena aktivitas hubungan seksual. Hal ini akan semakin berisiko jika Anda berhubungan dengan banyak pasangan.  Pasalnya, Anda tidak tahu apakah pasangan Anda bebas dari berbagai infeksi menular seksual ataukah tidak. 

2. Oral dan anal seks

Melakukan oral dan anal seks mungkin menjadi sensasi tersendiri bagi setiap pasangan, tetapi ternyata cara ini sangat berisiko menularkan infeksi menular seksual. Pasalnya, anak merupakan tempat pembuangan sisa-sisa makanan dan dipenuhi oleh bakteri. Bisa saja, bakteri dan virus yang ada di anal tersebut masuk ke dalam tubuh Anda melalui anal seks.

3. Penggunaan jarum suntik dengan penderita PMS

Tidak hanya melalui hubungan seksual, ternyata PMS juga dapat ditularkan karena penggunaan jarum suntik yang sama dengan penderita PMS. Hal ini karena jarum suntik yang sudah digunakan pada penderita PMS maka tidak lagi  steril. Pasalnya, di jarum tersebut bisa saja terdapat berbagai bakteri hingga virus yang siap masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab PMS yang wajib Anda ketahui. Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit ini, pastikan selalu menghindari penyebab dan faktor risikonya.

Baca juga: Mengenal Penyakit Seksual Berbahaya, STD Adalah?

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

CDC. Sexually Tranmitted Diseases. https://www.cdc.gov/std/default.htm

Grey, Heather. 2021. Everything You Need to Know About Sexually Transmitted Diseases (STDs).https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases#types

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami