Mengenal Penyakit Seksual Berbahaya, STD Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mengenal Penyakit Seksual Berbahaya, STD Adalah?

Saat ini, bahaya STD adalah salah satu hal yang kerap dikhawatirkan, terutama kepada mereka yang aktif secara seksual. STD ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari parasit, virus, hingga bakteri. Salah satu jenis penyakit yang merupakan STD adalah HIV yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya. Selain HIV, masih banyak lagi jenis STD lainnya yang perlu diwaspadai.

Lantas apa saja jenis-jenis STD tersebut? Apakah penyakit menular seksual dapat dicegah? Dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan STD itu sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak terus penjelasan mengenai STD berikut ini.


Apa itu STD?

STD sejatinya merupakan singkatan dari sexually transmitted diseases, yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai penyakit menular seksual atau yang biasa disingkat sebagai PMS. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa STD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang ditularkan oleh orang yang satu ke yang lain, melalui kontak seksual. 

Tidak hanya dapat mempengaruhi pria, STD ini juga dapat mempengaruhi kesehatan wanita. Bahkan, beberapa kasus STD pada wanita disebut-sebut lebih parah dibandingkan pada pria. Apabila wanita tersebut berada dalam kondisi hamil, maka penyakit menular seksual ini juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan yang cukup serius.


Beberapa jenis STD

  1. Gonore

Jenis STD yang pertama yaitu gonore atau disebut juga dengan kencing nanah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menyebabkan keluarnya cairan dari vagina atau penis dan disertai rasa nyeri saat buang air kecil. Infeksi yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae juga dapat menginfeksi bagian tubuh lain apabila terjadi kontak dengan cairan vagina atau sperma. 

  1. Sifilis

Penyakit menular seksual atau STD  selanjutnya yaitu sifilis yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Mungkin diantara Anda lebih mengenal penyakit ini dengan sebutan raja singa. Penyakit sifilis akan menimbulkan luka di sekitar mulut atau alat kelamin. Luka inilah yang dapat menjadi penyebab penularan bakteri Treponema pallidum. 

  1. Infeksi HIV

Infeksi HIV merupakan salah satu penyakit menular seksual yang mungkin paling banyak diketahui. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri human immunodeficiency virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Penularan penyakit ini terjadi pada saat berhubungan seksual tanpa kondom, transfusi darah, atau  berbagi alat suntik. 

  1. Chlamydia

Chlamydia merupakan penyakit seksual menular yang disebabkan oleh bakteri  Chlamydia trachomatis. Penyakit ini akan menyerang saluran keluar di penis dan leher rahim. Cara penularan penyakit chlamydia yaitu melalui kontak pada luka di area kelamin. 

  1. Hepatitis

Penyakit menular seksual yang terakhir yaitu hepatitis B dan C. penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis dan menyebabkan terjadinya gangguan pada hati. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui hubungan seksual dan berbagi jarum suntik.  


Cara mencegah STD

Agar terhindar dari penyakit menular seksual atau STD, terdapat beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda ambil. Tindakan pencegahan ini akan mampu meminimalisir risiko Anda untuk tertular STD. Adapun cara mencegah STD adalah sebagai berikut.

  • Menghindari perilaku seks bebas

Kunci utama dari kesuksesan dalam mencegah STD adalah dengan tidak melakukan seks secara bebas dan sembarangan. Dengan membiasakan perilaku seks bebas, kemungkinan Anda untuk terinfeksi akan menjadi lebih tinggi. 

  • Tidak berhubungan dengan seseorang yang terinfeksi STD

Apabila pasangan Anda menderita salah satu jenis penyakit menular seksual, maka hindari aktivitas seksual untuk beberapa saat terlebih dahulu, paling tidak sampai pasangan Anda telah dinyatakan benar-benar sembuh dari penyakit tersebut. 

  • Setia terhadap satu pasangan

Selain menjaga hubungan tetap utuh dan bahagia, setia terhadap satu pasangan akan membuat Anda terhindar pula dari ancaman STD. Agar solusi ini dapat terwujud, pasangan Anda juga harus melakukan hal yang sama. 

  • Melakukan vaksinasi diri 

Beberapa penyakit menular seksual atau STD dapat dicegah dengan vaksin. Adapun beberapa jenis tersebut di antara adalah kutil kelamin dan hepatitis B. Untuk itu, jangan lupakan untuk mendapatkan vaksin ini.

  • Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual

Kondom adalah cara yang paling efektif dalam mencegah STD saat berhubungan seksual. Untuk itu, jangan lupakan kondom dan cara pemakaian yang baik dan benar agar terhindar dari STD.

Demikianlah penjelasan mengenai STD beserta beberapa jenis dan cara mencegahnya yang perlu Anda ketahui. Selalu jaga kesehatan aktivitas seksual Anda dan pasangan agar terhindar dari penyakit-penyakit menular seksual tersebut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Cleveland Clinic. 2020. Sexually Transmitted Diseases & Infections (STDs & STIs)

CDC. Sexually Transmitted Diseases (STDs). 

WebMD. Understanding Sexually Transmitted Diseases (STDs).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi