Bantuan

Bantu Menyerap Nutrisi Makanan, Apa Fungsi Asam Lambung Lainnya Untuk Tubuh Manusia?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Membantu Menyerap Nutrisi, Apa Saja Fungsi Asam Lambung?

Salah satu fungsi asam lambung atau HCl adalah untuk mencerna makanan. Asam lambung itu sendiri merupakan asam yang diproduksi dengan alami di lambung manusia. Komponen utama dari asam lambung yakni asam klorida, yang mana adalah larutan gas hidrogen dengan berbasis air atau encer.

Asam klorida sebagai komponen utama dari asam lambung, bukan hanya diproduksi secara alami di dalam tubuh, namun juga diproduksi secara sintetis. Dimana asam klorida dimanfaatkan guna beberapa jenis keperluan industri serta komersial. 

Fungsi Asam Lambung 

Fungsi asam lambung menjadi sangat penting untuk tubuh manusia, karena adanya komponen asam klorida. Asam klorida ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Membantu tubuh manusia guna memecah, mencerna, serta menyerap nutrisi pada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  • Hilangkan bakteri dan juga virus pada lambung, yang mana berguna sebagai pelindung tubuh dari terjadinya infeksi. 

Komponen penting ini memberikan fungsi asam lambung lainnya, yakni guna memasok senyawa yang bisa mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Kemudian, pepsin ini akan memecah protein yang menjadi asam amino atau peptida. Dengan berbagai ukuran yang bisa diserap oleh usus halus manusia.

Terjadinya peningkatan asam amino, jumlah peptida, serta zat lain dari makanan akan membuat produksi HCl meningkat. Bila HCl tidak diproduksi dengan memadai maka protein yang ukurannya besar akan masuk ke dalam usus halus. Hal ini akan menyebabkan sulitnya proses cerna, yang mana akan mengakibatkan proses pencernaan yang terganggu. Asam klorida dalam fungsi asam lambung, memiliki sifat korosif.

Namun, tubuh manusia memproduksi lapisan lendir, yang mana memiliki fungsi untuk melindungi dinding lambung agar tidak tergores asam ini.  Salah satu fungsi asam lambung lainnya adalah guna membunuh bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

Fungsi Lambung

Setelah mengetahui fungsi asam lambung, lalu apa fungsi dari lambung itu sendiri? Fungsi lambung menjadi sangat penting untuk sistem pencernaan Anda. Ini karena pada lambung, makanan diolah lalu diproses sampai nutrisi dari makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh. Di bawah ini merupakan fungsi utama dari lambung yang perlu Anda ketahui:

  • Menampung Makanan

Saat Anda makan, maka makanan akan masuk ke dalam mulut lalu melewati tenggorokan. Kemudian, makanan tersebut akan melewati kerongkongan ketika ditelan. Setelah itu, makanan akan disimpan untuk sementara waktu, dengan kurun waktu 2 jam atau lebih di dalam lambung Anda. 

  • Memecah, Mengolah, dan juga Memproses Makanan

Pada organ lambung terdapat asam lambung, yang mana memiliki fungsi guna memecah makanan. Lambung juga memiliki otot yang kuat, dengan fungsi guna mengaduk makanan menggunakan cairan lambung supaya dapat tercerna dengan merata. Asam lambung serta enzim pencernaan ini dihasilkan oleh kelenjar yang ada di dinding lambung.

Fungsi enzim pencernaan adalah guna memecah lemak, karbohidrat, dan juga protein agar menjadi bentuk atau molekul yang lebih kecil. Hal ini agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh Anda. 

  • Mendorong lalu Meneruskan Makanan ke Usus

Fungsi utama lambung ini adalah dimana sesudah makanan diolah dan diproses, maka kemudian otot lambung akan berkontraksi guna mendorong makanan tersebut ke usus dua belas jari. Proses ini melalui katup pada bagian ujung bawah lambung, yang biasa disebut sebagai pilorus. Pilorus ini memiliki fungsi guna mencegah makanan yang telah masuk ke dalam usus dua belas jari, kembali naik ke lambung Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa makanan juga atau minuman yang dikonsumsi, tidak semua dapat masuk lalu diproses oleh lambung. Anda juga bisa muntah jika mengonsumsi makanan atau minuman yang dianggap berbahaya untuk tubuh. Misalnya seperti bakteri atau racun yang menyebabkan keracunan makanan. Beberapa penyakit lainnya yang dapat mengakibatkan muntah serta fungsi lambung menjadi terganggu adalah sakit maag dan gastritis. 

Baik lambung dan asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Maka dari itu, Anda perlu untuk menjaga kesehatannya agar sistem pencernaan Anda dapat selalu sehat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

 

Referensi:

1. Mayo Clinic, see how your digestive system works

2. WebMD, nausea and vomiting

3. NCBI Bookshelf, how does the stomach work

4. Chemical Safety Facts

5. Healthline

Bagikan artikel ini