Bantuan

Tidak Hanya Memberikan Rasa Manis, Berikut Ini Deretan Manfaat Gula Merah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

gula merah

Apakah Anda tahu apa saja manfaat gula merah? Mungkin banyak dari kamu yang berpikir bahwa gula merah hanya memberikan rasa manis. Namun sebenarnya, gula merah ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat gula merah tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini.  

Manfaat Gula Merah

Gula merah memiliki berbagai kandungan sepertikalsium, magnesium, dan juga berbagai jenis vitamin B. Berkat berbagai kandungan tersebut, tidak heran jika gula merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat gula merah. 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat gula merah yang perlu Anda ketahui pertama yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, niacin, dan lainnya. Berbagai kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya anemia, melancarkan peredaran darah, dan juga menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. Jadi, dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

  1. Meningkatkan energi

Manfaat gula merah yang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan energi. Hal ini karena selama proses pencernaan, gula seperti sukrosa dan glukosa akan terurai menjadi gula sederhana. Setelah itu, gula tersebut akan mengalir melalui aliran darah menuju ke seluruh sel-sel didalam tubuh. Di sel-sel tersebutlah gula akan diubah menjadi energi serta membantu pembentukkan protein dan disimpan untuk digunakan ketika tubuh memerlukannya. 

  1. Menjaga tingkat gula darah

Pada dasarnya, setiap gula atau pemanis memiliki indeks glikemik. Indeks glikemik itu sendiri merupakan skala yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat dapat meningkatkan glukosa dalam darah. Ketika Anda mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, maka akan membuat gula darah meningkat. Dalam hal ini, gula kelapa memiliki indeks glikemik sebesar 35 yang berarti tidak begitu berpengaruh pada gula darah. 

  1. Mengobati sakit perut

Gula merah juga dipercaya mampu mengobati sakit perut. Bahkan gula merah sering dijadikan campuran dalam pengobatan tradisional untuk meredakan sakit perut. Tidak hanya itu, campuran ini juga dipercaya mampu meredakan demam. Walaupun begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan mengenai manfaat yang satu ini. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk klaim manfaat ini. 

  1. Menjaga sistem saraf

Tahukah Anda, ternyata gula merah terutama yang berasal dari aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi dari pisang dan sayuran hijau. Berkat kandungan kalium yang tinggi ini, maka aktivitas sistem saraf seperti kontraksi otot dan detak jantung akan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kandungan kalium ini juga mampu mengelola tekanan darah pada seseorang. Diketahui bahwa orang dengan asupan kalium yang kurang lebih rentan terhadap serangan jantung. 

  1. Mengatasi Anemia

Manfaat gula merah yang selanjutnya yaitu mampu mengatasi anemia. Hal ini karena gula merah terutama yang terbuat dari nira aren memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, gula merah juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin B seperti B1, B2, B6 dan B12. Dengan begitu, gula merah mampu membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. Oleh karena itu, gula merah mampu mencegah dan juga mengatasi anemia. 

  1. Menjaga kesehatan tulang. 

Manfaat gula merah yang perlu Anda ketahui yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat berbagai kandungan mineral di dalam gula merah seperti mangan, kalium, kalium, dan juga zat besi. Bahkan dengan mengonsumsi gula merah sebanyak satu sendok teh sudah mampu mencukupi 20% kebutuhan kalsium dan zat besi harian. Berbagai mineral tersebut sangat berguna dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat gula merah yang perlu Anda ketahui selain memberikan rasa manis. Walaupun memiliki beberapa manfaatnya, Anda sebaiknya tidak menjadikan gula merah sebagai pengobatan atau mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, mengonsumsi gula merah melebihi batas hanya menimbulkan efek samping yang sangat merugikan kesehatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Adakah Manfaat Gula Pasir bagi Kesehatan?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cranston, Goerge. 2020. Benefits of Palm Sugar. https://www.healthguidance.org/entry/17580/1/Benefits-of-Palm-Sugar.html

Frey, Malia. 2021. Brown Sugar Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/brown-sugar-nutrition-facts-and-health-benefits-5024892

Staughton, John. 2021. 7 Surprising Benefits Of Brown Sugar. https://www.organicfacts.net/brown-sugar.html

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang