Bantuan
Free Tele x

Tak Perlu Obat-obatan, Berikut Ini Cara Menggemukkan Badan Dengan Mudah dan Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Tak Perlu Obat-obatan, Berikut Ini Cara Menggemukkan Badan Dengan Mudah dan Alami

Apakah Anda kurus dan belum tahu cara menggemukkan badan? Memiliki berat badan yang ideal tentunya merupakan salah satu idaman setiap orang, termasuk orang yang kurus. Oleh karena itu, orang yang merasa kurus akan berusaha untuk menggemukkan badannya. Bagi Anda yang kurus dan ingin menggemukan badan, Anda tidak perlu obat-obatan, karena berikut ini ada cara menggemukkan badan dengan mudah dan alami yang bisa Anda lakukan. 

  1. Mengonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering

Cara menggemukkan badan yang pertama yaitu makan dengan porsi kecil namun sering. Hal ini karena ketika tubuh Anda terlalu kurus, mungkin akan merasa kenyang lebih cepat. Hal ini membuat Anda menjadi jarang makan. Padahal ketika Anda melewatkan makan, maka bisa dikatakan Anda memaksa tubuh untuk bekerja tanpa energi. Jadi sebaiknya Anda mengkonsumsi  makanan sebanyak 5 hingga 6 porsi dengan jarak 3 hingga 5 jam setiap harinya. 

  1. Mengkonsumsi olahan susu lebih banyak

Cara menggemukkan badan yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi olahan susu lebih banyak. Beberapa olahan susu seperti keju dan yoghurt merupakan sumber kalori, lemak dan juga protein yang baik. Tidak hanya itu, susu juga memiliki kandungan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Untuk tujuan menggemukkan badan, Anda bisa mengonsumsi susu murni atau susu olahan sebanyak 1 hingga 2 gelas per harinya. 

  1. Melakukan olahraga dengan rutin

Melakukan olahraga dengan rutin merupakan salah satu cara menggemukkan badan dengan mudah dan alami yang perlu Anda lakukan. Olahraga akan membantu menggemukkan badan dengan membangun serta menguatkan otot-otot tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda sehingga asupan nutrisi dan kalori harian Anda bisa tercukupi. 

  1. Meninggalkan kebiasan merokok

Apabila Anda ingin gemuk, cobalah mulai meninggalkan rokok. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang sering merokok sangat berisiko mengalami berat badan berlebih atau malah kekurangan. Tidak hanya itu, kebiasan merokok juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, apabila Anda ingin gemuk, mulailah dari meninggalkan kebiasan merokok Anda. 

  1. Mengonsumsi jus atau smoothie

Cara menggemukkan badan dengan mudah dan alami yang selanjutnya yaitu mengonsumsi jus atau smoothie. Apabila Anda ingin gemuk, maka mulailah meninggalkan minuman bersoda, kopi atau teh karena memiliki kandungan gizi dan kalori yang hampir nol. Jadi sebaiknya Anda mengonsumsi minuman yang sehat seperti jus atau smoothie. Smoothie dapat Anda gunakan sebagai pengganti makanan. Rasa kenyang yang Anda dapat dari smoothie akan berbeda dengan kenyang dari makanan. Jadi, Anda tidak perlu takut kekenyangan yang berlebih hingga begah. 

  1. Memilih makanan yang berkalori tinggi

Anda juga bisa menggemukkan badan dengan cara memilih makanan yang berkalori tinggi. Pilihlah sumber lemak nabati yang berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, jagung, keju, kentang, oatmeal, sup krim dan minyak zaitun.  Selain itu, Anda bisa mengonsumsi telur dan ikan berlemak seperti tuna, sarden dan salmon sebagai pengganti daging merah. Untuk cemilan sebaiknya tinggalkan kripik atau donat dan ganti dengan mengonsumsi greek yogurt yang diberi tambahan granola sebagai topping.  

  1. Memvariasikan makanan

Cara terakhir dalam menggemukkan badan dengan mudah dan alami yaitu memvariasikan makanan dalam piring. Pada saat Anda makan, usahakan ada 3 kelompok makanan yang berbeda dalam satu piring. Sebagai contoh, apabila Anda biasanya ngemil pisang dan susu, maka Anda bisa memvariasikannya menjadi roti lapis yang diolesi selai kacang serta diberi irisan pisang, dan untuk minumnya gunakan segelas susu. Semakin bervariasi isi piring Anda, maka semakin bervariasi pula asupan nutrisi dan kalori dalam tubuh Anda. 

Itulah beberapa cara menggemukkan badan yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan alami. Apabila semua cara diatas tidak dapat membuat berat badan Anda bertambah, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran pola makan dan juga suplemen yang membantu menggemukkan Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berat Badan Tak Kunjung Naik? Berikut Ini Makanan yang Bikin Gemuk untuk Dikonsumsi

 

Sumber: 

Nutrition and healthy eating  (2020) 

Gunnars, Kris. How to Gain Weight Fast and Safely (2018)

 

Tips for gaining weight safely and things to avoid. (2018)

Bagikan artikel ini