Bantuan

Sering Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih baik Kelapa Mudah VS Kelapa Tua?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Sering Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih baik Kelapa Mudah VS Kelapa Tua?

Sering kali muncul pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti mana yang lebih baik, kelapa muda vs kelapa tua? Sebenarnya hal ini bisa dijawab tergantung pada alasan dan tujuan untuk apa kelapa tersebut. Setiap kelapa baik tua maupun muda memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Salah satunya, yaitu kelapa muda lebih lezat untuk dikonsumsi dalam sebagai jus yang mengandung elektrolit lebih banyak dan kelapa tua biasanya memiliki daging putih lebih banyak di bagian dalamnya. Untuk penjelasan lebih detailnya, mari simak mengenai topik perdebatan kali ini, yakni demi menjawab pertanyaan mana yang lebih baik, kelapa muda vs kelapa tua?

Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Tua

Walaupun berasal dari jenis kelapa yang sama, ada sedikit perbedaan di antara kedua jenis kelapa ini. Berikut perbedaan kelapa muda dan kelapa tua yang bisa membantu Anda untuk memilih mana yang lebih baik.

  1. Umur Kelapa

Pada dasarnya 12 bulan adalah waktu yang dibutuhkan untuk kelapa menjadi lebih matang sepenuhnya. Akan tetapi, kelapa sudah bisa dimakan kapan saja setelah melewati waktu sekitar 7 bulan. Sebagian besar kelapa berwarna hijau sampai benar-benar matang dan menjadi kelapa tua berwarna cokelat. Kelapa muda, yaitu kelapa hijau berumur mulai dari 7 bulan di mana mereka akan semakin berkembang. Kelapa tua yang biasanya berwarna cokelat, biasanya berumur sekitar 11 hingga 12 bulan.

  1. Nutrisi Kelapa

Secara umum, kelapa tua dan kelapa muda tidak memiliki perbedaan nutrisi terkandung yang signifikan. Daging kelapa memiliki 10gr gula, 77kal, 3,6gr lemak, 6mg vitamin C, 257gr kalium, dan 1,4gr protein, sedangkan air buah kelapa mengandung sekitar 4,1gr gula dan 16 kalori. Kelapa muda yang masih mengandung kurang lebih 95% air membuat kelapa tua secara umum jauh lebih bernutrisi jika mempertimbangkan daging buahnya juga. Semakin tua umur dari buah kelapa maka semakin maksimal jumlah kandungan daging dan air di dalamnya. Daging dari kelapa tua pun mengandung minyak nabati 30% lebih banyak dibandingkan dengan kelapa muda.

  1. Air Kelapa

Kelapa muda mengandung lebih banyak air dibandingkan kelapa tua. Pasalnya, kelapa muda mengandung sekitar 90% hingga 95% air di dalamnya. Rasanya pun tidak manis namun menyegarkan dan oleh karenanya untuk orang-orang yang sedang berdiet atau yang menderita diabetes. Kebanyakan orang biasanya membuang air dari kelapa tua dan mengambil dagingnya saja, sedangkan kelapa muda, lebih banyak digunakan untuk tujuan mengambil air kelapa.

  1. Daging Kelapa

Berbeda dengan kelapa muda yang memiliki sedikit daging dengan tekstur yang lembut dan mudah hancur, kelapa tua mengandung daging yang padat dan banyak seiring dengan lamanya dia bertumbuh di atas pohon. Daging buah kelapa tua sebaliknya, lebih bertekstur kasar, tebal, memiliki rasa yang gurih, dan mengandung lebih banyak serat. Jika Anda mencari kelapa untuk membuat santan atau diambil dagingnya saja, akan lebih baik untuk memilih kelapa tua dengan daging buah yang berlimpah. 

  1. Manfaat Lainnya

Biasanya kelapa muda hanya digunakan untuk mendapatkan air buahnya. Hal ini berbeda dengan kelapa tua yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Dalam hal ini, sabut kelapa tua bisa dibuat menjadi kerajinan, bahkan sampai jadi bahan dari kasur, cocopeat sebagai media tanam, tempurung kelapa menjadi arang, dan bahkan bisa diolah lagi menjadi briket bernilai tinggi, serta masih banyak lagi. Oleh karena itulah, pabrik-pabrik lebih banyak membutuhkan kelapa tua sebagai raw material-nya jika dibandingkan dengan kelapa muda.

Itulah beberapa perbedaan antara kelapa tua dan kelapa muda. Terlepas dari mana yang lebih baik, kelapa muda vs kelapa tua, keduanya tetap saja merupakan buah kelapa. Buah kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Mulai dari membuat tubuh terus terhidrasi, mengandung banyak antioksidan yang baik dalam tubuh sampai manfaatnya bagi kesehatan hati.

Mengenai mana yang lebih baik dari yang lain, mungkin bisa dijawab dengan memprioritaskan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda butuh air kelapa, Anda bisa memilih kelapa muda untuk menjadi pilihan yang terbaik, sedangkan jika Anda membutuhkan santan, sabut kelapa, tempurung kelapa, ataupun cocopeat akan lebih baik untuk memilih kelapa tua. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Menjadi Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri?

 

Sumber:

Bikarregi, C. 2020. What is the difference between young and mature coconuts?. 

Danahy, A. 2019. All You Need to Know About Green Coconut. 

Panoff, L. 2019. What Is Coconut Meat, and Does It Have Benefits?.

Bagikan artikel ini