Bantuan
Free Tele x

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Wanita?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Wanita?

Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, mengetahui masa subur wanita merupakan hal yang penting. Hal ini karena, pada masa subur tersebut terdapat peluang yang besar untuk terjadi kehamilan. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu masa subur dan bagaimana cara mengetahuinya, simak terus penjelasan di bawah ini. 

Masa Subur Wanita

Masa subur wanita atau ovulasi merupakan waktu dimana terjadi pelepasan sel telur yang sudah matang untuk dibuahi oleh sperma di dalam rahim. Apabila sel telur yang sudang matang ini berhasil dibuahi oleh sperma, maka kehamilan akan terjadi. Akan tetapi, jika tidak dibuahi maka sel telur akan mati dan terjadilah menstruasi. 

Cara mengetahui masa subur wanita

Untuk dapat mengetahui masa subur wanita ini, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa subur Anda.  

  1. Memerhatikan Lendir Serviks

Mengetahui masa subur Anda bisa dilakukan dengan memerhatikan lendir serviks. Hal ini karena, sebelum ovulasi vagina akan mengeluarkan  lendir yang lebih banyak dari biasanya. Ciri-ciri lendir yang menandakan masa subur yaitu, encer, bening seperti putih telur, dan dalam jumlah banyak. Apabila Anda ingin mengetahui masa subur dengan cara ini, maka catatlah kondisi lendir serviks Anda mulai dari 1 hari setelah menstruasi berakhir. Selain itu, hindari membersihkan vagina menggunakan sabun khusus vagina. 

  1. Memperhatikan Siklus Menstruasi

Cara mengetahui masa subur wanita yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan siklus menstruasi. Pada umumnya, wanita dengan siklus menstruasi selama 28 hari, masa suburnya terjadi pada hari ke-12 hingga 14 setelah menstruasi pertama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kalkulator masa subur yang sudah banyak tersedia, dengan cara memasukkan siklus menstruasi Anda dan berapa lama Anda menstruasi. Akan tetapi, cara ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki siklus menstruasi kurang dari 26 hari atau lebih dari 32 hari. 

  1. Memerhatikan Suhu Basal Tubuh

Apabila Anda sedang memasuki masa ovulasi, maka akan terjadi peningkatan suhu basal tubuh kurang lebih 0,5 derajat celsius. Cara mengetahui suhu basal tubuh yaitu mengukur suhu Anda ketika bangun tidur pada pagi hari dan belum beranjak dari kasur. Lakukan hal ini setiap hari dan catatlah suhunya. Akan tetapi, apabila Anda demam maka cara ini tidak akurat. Selain itu, gunakan termometer khusus agar suhu yang ditunjukkan lebih akurat. 

  1. Menggunakan Alat Prediksi Ovulasi

Cara terakhir dalam mengetahui masa subur wanita yaitu menggunakan alat prediksi ovulasi. Cara yang satu ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan meneteskan sampel urine Anda pada alat prediksi ovulasi dan akan terlihat hasilnya. Selain itu, alat ini juga bisa dengan mudah Anda dapatkan, Anda cukup ke apotek dan membelinya. 

Ciri-Ciri Masa Subur Wanita

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengetahui masa subur dengan memerhatikan beberapa ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri masa subur wanita. 

  1. Payudara terasa nyeri

Ciri-ciri Anda sedang memasuki masa subur yaitu payudara terasa nyeri. Payudara yang terasa nyeri ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormon pada saat ovulasi. Akan tetapi, kondisi ini tidak dapat menjadi petunjuk jelas kapan Anda memasuki masa ovulasi .

  1. Gairah seks meningkat

Terkadang Anda pasti merasakan gairah seks yang meningkat. Gairah seks yang meningkat ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memasuki masa subur. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki respon alami yang mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual. 

  1. Sakit ovulasi

Sakit ovulasi merupakan rasa sakit yang terasa amat kuat seperti ditusuk pada bagian bawah perut. Ciri-ciri masa subur ini tidak jelas penyebabnya dan datang secara tiba-tiba. Apabila rasa sakit ini muncul di tengah-tengah siklus menstruasi Anda, maka bisa menjadi tanda Anda sedang memasuki masa subur. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai masa subur wanita dari cara mengetahuinya dan ciri-cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berjuang dalam program kehamilan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!


Sumber:

Ovulation calculator. (2019) 

Birth Control: Rhythm Method (Fertility Awareness) (2018) 

How to Get Pregnant

Bagikan artikel ini