Bantuan

Bagaimana Cara Melakukan Tes Buta Warna? Ketahui Caranya Di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Melakukan Tes Buta Warna? Ketahui Di Sini!

Pernahkah Anda mendengar istilah tes buta warna? Tes buta warna merupakan metode umum untuk memeriksa tingkat penglihatan mata terhadap warna yang sudah ada sejak lama dan sudah dicoba oleh banyak orang. Bahkan tes buta warna dijadikan sebagai salah satu syarat dalam bidang pekerjaan atau akademik tertentu yang membutuhkan kejelian dalam membedakan warna.

Beberapa orang yang buta warna terkadang tidak menyadarinya. Dalam beberapa kasus, orang yang tidak menyadari bahwa ia mengalami buta warna akan melihat suatu objek dengan warna yang seragam, padahal sebenarnya objek tersebut memiliki warna yang berbeda. Biasanya mereka akan mulai menyadarinya ketika telah mengalami kasus tersebut dan diberitahu oleh orang lain di sekitarnya.

Apa Itu Buta Warna?

Apakah Anda pernah melakukan tes buta warna? Sebelum melakukan tes buta warna mungkin Anda mulai mengetahui tanda-tandanya. Buta warna adalah suatu kondisi kelainan pada mata yang membuat seseorang kesulitan membedakan beberapa warna. Buta warna bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti faktor genetik, kerusakan pada saraf, usia yang telah lanjut, dan faktor penyakit lain termasuk katarak, glaukoma, dan sebagainya. 

Buta warna dibagi menjadi dua kelompok, yaitu buta warna parsial atau buta warna sebagian dan buta warna total. Orang yang mengalami buta warna parsial akan kesulitan membedakan beberapa warna seperti warna merah dan hijau serta warna biru dan kuning. Sedangkan orang yang mengalami buta warna total akan kesulitan membedakan semua warna.

Baca Juga: Lakukan Tes Buta Warna Mandiri di Rumah

Cara Melakukan Tes Buta Warna

Terdapat cara untuk melakukan tes buta warna. Cara-cara tersebut bisa Anda coba untuk memastikan apakah penglihatan mata Anda normal dalam mengenal dan membedakan berbagai macam warna, atau Anda mengalami kesulitan membedakan warna tersebut. Ketika melakukan tes buta warna bisa saja  pandangan Anda menjadi terkecoh dan membuat Anda menjadi tidak fokus. Maka Anda harus benar-benar teliti. Berikut beberapa cara atau metode untuk melakukan tes buta warna:

  1. Tes Buta Warna Ishihara

Ishihara adalah tes buta warna untuk membedakan warna merah dan hijau. Metode ini mengharuskan Anda untuk melihat serangkaian lingkaran titik-titik dengan warna dan ukuran yang berbeda. Sebagian titik bisa membentuk huruf atau angka beberapa digit. Jika Anda mengalami buta warna merah dan hijau, maka Anda akan kesulitan melihat bentuk tersebut atau bahkan Anda tidak bisa melihatnya sama sekali.

  1. Tes Buta Warna Cambridge

Tes buta warna Cambridge hampir mirip tes buta warna Ishihara. Namun pada tes buta warna Cambridge Anda akan diharuskan untuk melihat layar komputer untuk mencoba menemukan bentuk “C” yang warnanya berbeda dari warna latarnya. Bentuk tersebut akan muncul secara acak. Ketika Anda melihatnya, maka Anda bisa menekan tombol yang tersedia pada komputer. 

  1. Tes Buta Warna Anomaloscope

Pada tes buta warna Anomaloscope Anda akan melihat lingkaran melalui lensa pada sebuah alat semacam mikroskop. Lingkaran tersebut mencakup dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas lingkaran terdiri dari lampu yang berwarna kuning. Sedangkan bagian bawah lingkaran terdiri dari lampu yang berwarna merah dan hijau. Anda diharuskan untuk memutar kenop hingga kedua bagian memiliki warna yang sama. Tes buta warna ini biasanya dilakukan pada orang kesulitan melihat warna merah dan hijau. 

  1. Tes Buta Warna Farnsworth-Munsell

Tes buta warna ini menggunakan media gambar berbentuk balok atau pasak. Bentuk balok atau pasak tersebut memiliki berbagai warna. Anda diharuskan untuk mengaturnya dengan cara mengklasifikasikan warna-warna tersebut. Anda akan melihat bagian mana yang memiliki warna yang sama dan bagian mana yang memiliki warna berbeda. Serta melihat perubahan pada warna-warna tersebut. Karena warna-warna yang berdekatan akan menghasilkan sebuah gradasi warna.

Itulah beberapa cara atau metode yang biasa dilakukan untuk tes buta warna. Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa buta warna bukanlah suatu kondisi yang cukup serius. Namun jika tidak ada salahnya jika Anda mencoba tes buta warna. Beberapa media untuk tes buta warna bisa Anda gunakan dengan mudah seperti dalam aplikasi tertentu yang telah dilengkapi panduan yang jelas dan mudah dipahami.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Mata Minus dan Cara Menanganinya!

 

Sumber:

1. Brennan, Dan. What You Need to Know Abour Color Blindness Test.  2020.

2. Colormax.org. Color Blindness Test.  2021.

Tag :
Bagikan artikel ini