Apa Itu Glukosa Serta Manfaat Apa Yang Dimilikinya Untuk Tubuh?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jul 2021

Bagikan

Apa Itu Glukosa Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Glukosa merupakan senyawa organik yang membentuk karbohidrat dengan jenis monosakarida. Glukosa juga sering disebut dengan gula darah. Tak hanya glukosa, monosakarida juga memiliki jenis lain seperti galaktosa, ribosa, dan fruktosa. Glukosa memiliki peran untuk menjaga mekanisme tubuh, agar selalu bekerja dengan baik. Glukosa juga merupakan salah satu sumber bahan bakar untuk tubuh, seperti lemak. 

Beberapa makanan yang menjadi sumber glukosa adalah seperti sayuran, buah-buahan, roti, dan produk susu seperti keju dan yoghurt. Meskipun memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, kadar glukosa juga perlu diperhatikan. Hal ini karena jika kadar glukosa tidak terkendali dan berlebihan, juga dapat menyebabkan efek yang serius bagi kesehatan tubuh anda. 

Bagaimana Tubuh Akan Memproses Glukosa?

Idealnya tubuh memproses glukosa beberapa kali dalam sehari. Misalnya saat anda makan, tubuh akan langsung mulai bekerja untuk memproses glukosa. Proses pemecahan glukosa akan dibantu oleh pankreas, yang dimulai oleh enzim.

Pankreas memproduksi hormon, yang mana salah satunya adalah insulin, dimana menjadi bagian yang berperan bagaimana tubuh akan memproses glukosa. Nah, saat anda makan, untuk mengatasi kenaikan kadar gula darah maka tubuh akan memberi tahu pankreas untuk melepaskan hormon insulin. 

Lalu bagaimana jika pankreas tidak memproduksi insulin seperti seharusnya? Seperti kondisi diabetes, maka orang tersebut membutuhkan bantuan dari luar dengan mendapatkan bantuan suntikan insulin, untuk memproses dan mengatur glukosa dalam tubuh.

Penyebab lain diabetes adalah resistensi insulin, dimana hati tidak mengenali insulin yang ada dalam tubuh, sehingga terus membuat glukosa dalam jumlah yang tidak sesuai. Diketahui bahwa hati menjadi organ yang penting untuk mengontrol gula, dikarenakan hati membuat glukosa bila diperlukan, serta membantu penyimpanan glukosa.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gula Darah Normal

Fungsi dan Manfaat Glukosa

Berikut ini fungsi dan manfaat glukosa untuk tubuh, yang penting untuk anda ketahui :

  1. Sumber bahan bakar, glukosa memiliki fungsi sebagai bahan bakar atau sumber energi tubuh. Seluruh sel dalam tubuh dapat menggunakan glukosa untuk menghasillkan energi. Melalui serangkaian proses yang cukup rumit, pemecahan glukosa akan menghasilkan molekul berenergi tinggi yang disebut adenosin trifosfat. Molekul ini kemudian akan menyediakan energi untuk menggerakkan aktivitas seluler, yang mana untuk menjaga fungsi tubuh.

  2. Kekuatan otot, dimana otot mampu memanfaatkan asam lemak dan glukosa untuk bahan bakar. Saat istirahat dan aktivitas fisik yang terbatas, sebagian energi untuk bahan bakar otot rangka berasal dari pemecahan asam lemak. Namun, ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, maka pemecahan glukosa menjadi sumber energi utama yang digunakan untuk menggerakkan otot rokok. Sehingga glukosa memiliki peran penting untuk kekuatan otot tubuh. 

  3. Sumber energi, dimana glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh dapat berasal dari makanan, simpanan glikogen atau bentuk penyimpanan glukosa, serta membuatnya dari molekul lain, proses ini disebut sebagai glukoneogenesis. Tubuh hanya bisa menyimpan glikogen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi, selama setengah hari saja. Sehingga penting untuk anda, mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan sumber glukosa.

Beberapa sumber makanan yang menjadi sumber utama dari glukosa adalah produk susu seperti keju dan yoghurt, apel merah, tepung roti, permen, kue, jus buah, minuman manis dan makanan manis. Mendapatkan makanan dengan kandungan glukosa cukup mudah bukan?

Bahkan, mungkin salah satunya menjadi makanan kesukaan anda. Namun, perlu diperhatikan konsumsi sumber glukosa berlebihan juga dapat menyebabkan akibat buruk untuk tubuh anda, salah satunya adalah berat badan yang meningkat, tekanan darat tinggi, diabetes, mempercepat pikun, dan penuaan dini.

Kaitan Glukosa dan Diabetes

Glukosa dan diabetes menjadi dua hal yang berkaitan, bagi penderita diabetes tipe 1 dimana pankreas tidak mengeluarkan insulin. Hal ini menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah, tanpa adanya insulin maka glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel anda. Sedangkan untuk penderita diabetes tipe 2, dimana anda mengeluarkan insulin lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal ini terjadi karena tubuh anda mengalami resistensi insulin. Kedua jenis diabetes ini menyebabkan glukosa tidak dapat digunakan sebagai sumber energi, dan menumpuk pada aliran darah. Sehingga terjadi komplikasi kesehatan yang memiliki potensi serius.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Dan Risiko Melakukan Diet Tinggi Protein

 

Referensi:

1. https://sciencing.com/role-glucose-body-5695442.html

2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/multimedia/blood-sugar/vid-20084642

3. https://www.healthline.com/health/glucose

4. https://www.livestrong.com/article/201765-what-is-the-main-function-of-glucose/

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi