Bantuan

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Jun 2022

Bagikan

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Penyebab sakit kepala bagian belakang sejatinya masih belum banyak diketahui. Padahal, kondisi sakit kepala bagian belakang ini bisa dikatakan cukup umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Pada beberapa kasus, bahkan kondisi yang sering dianggap sepele ini bisa menandakan suatu hal yang cukup serius.

Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk paling tidak mengetahui apa saja penyebab sakit kepala bagian belakang tersebut. Dengan ini, Anda dapat mengantisipasi timbulnya keluhan tersebut. 

Sejatinya, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang. Lantas, apa saja penyebabnya tersebut? Simak pembahasan lebih lanjutnya pada uraian berikut ini.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Dapat terjadi dalam kondisi ringan hingga parah, sakit kepala bagian belakang mampu menimbulkan gejala yang cukup mengganggu aktivitas. Penyebabnya pun bisa datang dari berbagai macam hal dan dapat dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Untuk itu, berikut ini akan diuraikan penyebab sakit kepala bagian belakang berdasarkan jenisnya.

  1. Jenis sakit kepala exertional

Sakit kepala bagian belakang ini pada umumnya disebabkan oleh aktivitas fisik. Dalam hal ini, rasa nyeri yang timbul dapat semakin bertambah intensitasnya, seiring dengan semakin beratnya aktivitas fisik yang dilakukan, seperti berlari dan lainnya. 

Biasanya, rasa sakit kepala yang satu ini akan terjadi tepat pada bagian belakang mata hingga seluruh bagian kepala Anda. Adapun durasinya bisa berlangsung hingga 20 menit. Kondisi ini tidak menandakan adanya penyakit serius, melainkan disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah di otak.

  1. Jenis sakit kepala harian kronis

Sering mengalami rasa sakit kepala bagian belakang dan bahkan terjadi setiap hari? Kondisi inilah yang dinamakan sakit kepala harian kronis. Sering dialami oleh para wanita, kondisi ini bisa berlangsung hingga tiga bulan lamanya dan dipicu oleh kelelahan atau riwayat cedera pada bagian leher.

Saat menyerang, kondisi sakit kepala harian kronis ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian leher dan belakang kepala, dan disebabkan oleh otot leher yang menegang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba metode pengobatan fisioterapi.

  1. Jenis sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang dapat menimbulkan rasa nyeri pada kepala bagian belakang. Untuk pemicu kondisi ini, sejatinya cukup bervariasi, mulai dari rasa lapar, stres, kurang tidur, hingga tubuh yang tegang. Walaupun tidak begitu berat, namun rasa nyeri yang timbul cukup mampu mengganggu aktivitas Anda, karena bisa berlangsung hingga 30 menit lamanya selama beberapa hari.

Pada umumnya, jenis sakit kepala tegang akan hilang dan muncul selama 15 hari dalam sebulan. Namun pada kondisi yang lebih kronis, sakit kepala tegang ini bisa menyerang hingga lebih dari 15 hari dalam setiap bulannya. Jika sudah seperti itu, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan diagnosa yang tepat.

  1. Jenis sakit kepala migrain basilar

Migrain umumnya menyerang salah satu sisi kepala saja. Berbeda dengan itu, migrain basilar dapat menyerang bagian belakang kepala dan menimbulkan beberapa gejala tambahan seperti pandangan kabur, pusing, kesulitan berbicara dan mendengar, hingga kebutaan sementara. 

Penyebabnya bisa berbagai macam hal, namun migrain basilar ini kerap dikaitkan dengan stroke. Oleh sebab itu, meskipun kondisi ini tidak akan membuat penderitanya menjadi lebih lemah, migrain basilar ini tidak bisa disepelekan. 

  1. Jenis sakit kepala neuralgia oksipital

Penyebab sakit kepala bagian belakang berikutnya adalah neuralgia oksipital yang terjadi saat saraf oksipital yang terdapat pada saraf tulang belakang di bagian pangkal leher dan kepala mengalami gangguan. Saraf oksipital tertekan ini pada dasarnya bisa dipicu oleh riwayat cedera, peradangan, hingga saraf terjepit. 

Sakit kepala jenis ini kerap disamakan dengan migrain karena memiliki gejala yang mirip. Meskipun begitu, rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kondisi ini mampu menimbulkan sensasi tertentu, seperti tersengat listrik yang menusuk dan tajam pada bagian leher dan kepala. 

 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai kemungkinan penyebab sakit kepala bagian belakang. Selain kelima poin di atas, sakit kepala bagian belakang juga dapat disebabkan oleh sakit kepala cluster hingga postur tubuh yang kurang baik. Untuk mengatasi rasa sakit yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Pilihan Obat Sakit Kepala di Bagian Belakang yang Manjur

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kumar, Karthik. 2020. What Causes Headaches at the Back of the Head?. https://www.medicinenet.com/what_causes_headaches_at_the_back_of_the_head/article.htm

Cassoobhoy, Arefa. 2020. Tension Headaches. https://www.webmd.com/migraines-headaches/tension-headaches

Gotter, Ana. 2019. Pain in the Back of the Head. https://www.healthline.com/health/pain-in-back-of-head

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang