Bantuan
Free Tele x

Apa Penyebab Gigi Anak Hitam dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Apa Penyebab Gigi Anak Hitam dan Cara Mengatasinya?

Banyak ibu yang bertanya apa penyebab gigi hitam pada anak? Apakah itu karies gigi? Apakah si kecil rajin menggosok gigi? Karies adalah kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri. 

Gigi hitam sering kali ditemukan pada anak-anak, namun sebenarnya apa penyebab gigi anak hitam? Apabila Anda menemukan gigi anak hitam, sebaiknya jangan dianggap remeh. Pasalnya, gigi hitam ini dapat menurunkan kepercayaan diri anak bahkan menimbulkan infeksi yang memengaruhi kesehatan secara menyeluruh. 

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua wajib mengetahui apa saja penyebab gigi anak hitam agar bisa mencegahnya. Untuk mengetahuinya, mari simak terus penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini.

 

Penyebab Gigi Anak Hitam

Lantas apa saja penyebab gigi anak hitam? Berikut ini ada beberapa  penyebab gigi anak hitam yang perlu Anda waspadai. 

  1. Kebersihan mulut dan gigi tidak terjaga

Penyebab gigi anak hitam yang pertama yaitu kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga. Setelah usai makan dan minum, terdapat sisa-sisa yang menempel di permukaan gigi. Sisa-sisa makanan ini, jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk sehingga membentuk plak yang berwarna hitam yang disebut karies gigi. Oleh karena itu, Anda perlu mengajarkan cara membersihkan gigi dan mulut dengan benar sejak dini. 

Baca juga: Obat sakit karena gigi berlubang

  1. Penggunaan obat-obatan tertentu

Ternyata, penggunaan obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab gigi anak hitam. Pasalnya, ada beberapa obat yang memberikan efek samping seperti mengurangi dan menghilangkan enamel gigi. Padahal, enamel gigi itu sendiri merupakan lapisan struktur gigi paling luar dan berfungsi melindungi lapisan gigi lebih dalam. Akibatnya, warna gigi yang putih akan mulai hilang hingga menjadi hitam. 

  1. Konsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak

Sudah menjadi hal umum, jika anak-anak menyukai makanan dan minuman manis seperti permen atau es krim. Hal ini berkaitan dengan terbentuknya karies, bakteri di dalam mulut akan menggunakan gula untuk melakukan metabolisme dan akan memproduksi asam yang merusak gigi. Perlu diingat anak-anak harus tetap menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

  1. Cedera gigi

Penyebab gigi anak hitam yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu cedera gigi. Contohnya yaitu anak terjatuh kemudian terjadi pendarahan di gusi. Apabila pendarahan di gusi ini tidak dapat keluar, maka darah akan menggumpal. Lama-kelamaan, gigi akan berubah menjadi berwarna biru dan akhirnya berwarna hitam. Jika terjadi kondisi ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. 

  1. Terbiasa menyusu dengan botol

Apakah Anda sering memberikan botol susu atau sippy cup pada anak? Mungkin beberapa orang tua akan memberikan sippy cup pada anak agar bisa tertidur pulas.  Namun tahukah Anda, penggunaan sippy cup terlalu sering ini dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak atau sering dikenal dengan gigi gigis atau karies botol. Prosesnya kerusakannya sama dengan karies, hanya dibedakan penyebabnya saja.

 

Tips Merawat Gigi Anak

Agar terhindar dari masalah kesehatan pada gigi, Anda sebagai orang tua wajib merawat gigi anak dan mulai mengajarkan pada anak. Berikut ini ada beberapa tips merawat gigi anak yang bisa Anda lakukan. 

  • Rutin sikat gigi anak

Tips yang pertama yaitu rutin sikat gigi anak. Saat gigi anak mulai muncul, Anda sudah bisa menyikatnya dengan lembut, namun cukup dengan  air saja. Saat anak sudah menginjak umur 2 tahun, Anda sudah bisa menggunakan pasta gigi dan ajarkan cara menyikat yang benar. 

  • Mulai kurangi makanan dan minuman manis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab gigi hitam yaitu makanan dan minuman manis. Oleh karena itu, sebaiknya mulai batasi anak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Anak tetap boleh mengonsumsi makanan dan minuman manis, namun sebaiknya segera menyikat gigi. 

  • Periksa gigi secara berkala

Tips merawat gigi anak yang perlu Anda terapkan terakhir yaitu memeriksakan gigi anak secara berkala. Setidaknya Anda perlu memeriksakan gigi anak ke dokter setiap 6 bulan sekali. Dengan pemeriksaan rutin ini, maka berbagai masalah kesehatan gigi bisa dideteksi sedini mungkin. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi hitam anak yang perlu Anda ketahui. Perlu diketahui, gigi anak yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan bau, gigi berwarna putih, gusi berwarna merah, serta gigi tidak berlubang. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Nall, Rachel. 2018. Why Do Teeth Turn Black?. https://www.healthline.com/health/black-teeth#outlook

Kool Smiles. How to Prevent Black Stains on Teeth. https://www.mykoolsmiles.com/content/black-stains-on-teeth/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang