7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengatasi sakit gigi tanpa obat? Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang banyak membuat orang kesal karena membuat penderitanya sulit makan, minum kadang berbicara. Oleh karena itu, banyak yang ingin segera untuk menyudahi sakit gigi dengan berkonsultasi dengan dokter ataupun mengonsumsi obat-obatan.

Akan tetapi, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi tanpa obat. Bagaimana caranya? Berikut ini 7 cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang bisa Anda coba di rumah. 

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang pertama yaitu dengan berkumur air garam. Berkumur dengan air garam merupakan salah satu pertolongan pertama ketika Anda mengalami sakit gigi. Air garam mampu membantu mengurangi peradangan dan juga menyembuhkan luka.

Selain itu, berkumur dengan air garam akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin saja masih tersangkut di gigi. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 

  1. Mengompresnya dengan Kompres Dingin

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang selanjutnya mengompres gigi yang sakit menggunakan kompres dingin. Hal ini karena, kompres dingin mampu membantu menghilangkan rasa sakit. Dalam hal ini, kompres dingin akan membuat pembuluh darah pada area yang sakit menyempit sehingga rasa sakit akan berkurang.

Cara menggunakannya yaitu, membungkus es menggunakan handuk lembut. Setelah itu, tempelkan pada area yang sakit selama 20 menit. Anda bisa melakukan hal ini secara berulang setiap beberapa jam sekali. 

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi tanpa obat. Hal ini karena, bawang putih sudah selama beribu tahun dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya yaitu mengobati sakit gigi. Bawang putih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan plak pada gigi dan juga meredakan nyeri. 

Cara menggunakannya yaitu menghancurkan satu siung bawang putih. Setelah itu, oleskan pada area yang sakit. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengunyah bawang putih secara langsung dengan perlahan.

Baca Juga: Mengenal Obat Tradisional Sakit Gigi Yang Telah Ada Sejak Zaman Dulu

  1. Menggunakan Cengkeh

Mengatasi rasa sakit gigi yang selanjutnya yaitu menggunakan cengkeh. Sama halnya bawang putih, cengkeh juga sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat yang dapat mengatasi sakit gigi. Hal ini karena, cengkeh memiliki kandungan yang bernama eugenol.

Eugenol itu sendiri merupakan antiseptik alami, sehingga minyak yang dihasilkan dari cengkeh dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit

  1. Mengoleskan Kantong Teh Peppermint

Anda juga bisa menggunakan kantong teh peppermint untuk menghilangkan rasa sakit. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan kantong teh peppermint bekas yang masih sedikit hangat pada gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan kantong teh peppermint bekas ke dalam freezer, kemudian menempelkannya pada area gigi yang sakit. 

  1. Mengoleskan Minyak Thyme

Mengoleskan minyak essensial thyme merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat. Thyme memiliki antioksidan dan juga antibakteri yang akan membantu mengatasi sakit gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan kapas dengan beberapa tetes minyak thyme. Kemudian oleskan kapas tersebut pada area gigi yang sakit. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa mencampurkan minyak thyme pada segelas air dan gunakan untuk berkumur. 

  1. Mengunyah Daun Jambu Biji

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang terakhir yaitu mengunyah daun jambu biji. Hal ini karena daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, daun jambu biji juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengunyah daun jambu biji hingga mengeluarkan sari. Apabila Anda tidak ingin mengunyahnya, Anda juga bisa merebus jambu biji dan menyaringnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang bisa Anda coba di rumah. Apabila dalam beberapa hari sakit gigi tidak kunjung mereda atau malah semakin parah, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Ditemui Untuk Redakan Gejala Yang Mengganggu

 

Sumber:

1. Cronkleton, Emily. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain (2017)

2. Ponsford, Soccy. How to treat a toothache at home (2017)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi