Bantuan
Free Tele x

Jangan Panik, Berikut Ini Ciri-Ciri Sariawan Akan Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Nov 2021

Bagikan

Ini 4 tanda Sariawan Akan Sembuh, Apa Saja?

Bagaimana cara mengetahui tanda sariawan akan sembuh? Ciri-ciri sariawan akan sembuh bisa Anda ketahui dengan mengetahui beberapa hal. Sariawan adalah kondisi yang diakibatkan karena iritasi di lidah, lapisan dalam mulut, dan juga gusi. Luka karena sariawan biasanya memiliki warna putih, atau bisa juga berwarna kekuningan. Sariawan dengan bentuk seperti luka, dan memiliki warna putih ini diketahui muncul akibat adanya infeksi jamur. Jamur Candida albicans, yang mana umumnya seseorang yang terserang jamur ini karena daya tahan tubuh yang sedang menurun. Luka juga dikelilingi radang di area sekitarnya. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi sariawan sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak enak makan, bahkan tidak nyaman untuk berbicara. Diketahui bahwa sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dari 7 hari sampai 10 hari. 

Penyebab sariawan

Diketahui ada beberapa penyebab sariawan yakni sebagai berikut:

  1. Kurangnya asupan vitamin B12, zat besi, asam, dan seng.

  2. Terjadi gesekan benda keras pada bagian mulut

  3. Terkena behel

  4. Tergigit

  5. Mengonsumsi makanan yang terlalu asam

  6. Menderita penyakit yang dapat melemahkan sistem imun tubuh

Tanda sariawan akan sembuh

Tidak perlu panik, jika sariawan yang Anda alami tak kunjung sembuh. Ini karena Anda dapat memerhatikan beberapa ciri, yang mana menjadi indikasi bahwa sariawan Anda akan sembuh. Apa sajakah itu? Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri sariawan akan sembuh

  1. Kemerahan pada sariawan yang perlahan memudar

  2. Warna putih atau kekuningan akan menghilang

  3. Rasa nyeri pada sariawan akan mereda

  4. Warna sariawan yang kembali seperti mukosa bibir, atau seperti semula

Sedikit ciri-ciri sariawan akan sembuh diatas penting untuk diketahui agar Anda dapat segera mengetahui perawatan yang selanjutnya harus dilakukan. 

Cara mengatasi sariawan

Setelah mengetahui ciri-ciri sariawan akan sembuh, lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan ini? Untuk dapat segera menghilangkan sariawan, terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan, yakni sebagai berikut.

  1. Membersihkan mulut dengan obat kumur

Anda dapat berkumur menggunakan obat kumur yang mana banyak dijual bebas, baik di supermarket ataupun toko online. Dengan berkumur menggunakan obat kumur maka akan membantu menjaga mulut menjadi tetap bersih serta mengurangi nyeri yang Anda rasakan pada sariawan. Disarankan untuk Anda yang sedang mengalami sariawan, untuk menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Mengapa? Ini karena kandungan antiseptik bisa bantu mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Tak hanya itu, antiseptik juga dapat membuat sensasi kebas di mulut Anda, walaupun hanya sebentar. 

  1. Berkumur dengan air garam 

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, di mana beberapa orang yang menderita sariawan menggunakan air garam, guna meredakan sariawan yang dialaminya. Walaupun, kandungan yang ada dalam air garam tidak dapat begitu saja mengganti fungsi dari obat kumur. Air garam dapat mengurangi nyeri yang dialami karena sariawan. Penting untuk anda ingat, jangan sampai air garam tersebut tertelan. 

  1. Obat sariawan

Selanjutnya adalah menggunakan obat sariawan khusus guna mengatasi sariawan. Obat sariawan ini dapat berbentuk salep, cairan, gel, atau krim. Beberapa obat sariawan tersebut umumnya memiliki kandungan antiseptik, yang mana berguna untuk atasi infeksi kuman yang ada dalam mulut. Selain itu, ada juga obat sariawan dalam bentuk cairan, tetapi biasanya obat ini akan diresepkan oleh dokter saat sariawan yang terjadi sangat parah. Di mana obat yang dijual bebas di pasaran, tidak mampu mengatasinya. 

  1. Menggosok gigi dengan lembut

Guna menjaga kesehatan mulut maka orang yang sering kali terserang sariawan tentu saja harus selektif dalam memilih sikat gigi yang digunakannya. Anda dapat memiliki sikat gigi yang memiliki tekstur bulu lembut, serta aman digunakan ketika menyentuk dinding bagian dalam mulut. Anda juga dianjurkan untuk tidak menggosok gigi terlalu kencang, ini karena bisa membuat sakit bagian dalam mulut. 

Setelah mengetahui penyebab sariawan, bagaimana mengatasinya, dan ciri apa yang mengindikasikan sariawan akan sembuh maka sudah sebaiknya anda lebih peka dan memerhatikan kondisi kesehatan mulut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Obat Sariawan?

 

Referensi:

Medical News Today

 

Clevand Clinic

Bagikan artikel ini