Bantuan
Free Tele x

Apa Itu Wall Sit dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Apa Itu Wall Sit dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Wall Sit merupakan latihan yang sering diabaikan karena caranya yang sangat sederhana. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa banyak orang yang masih salah melakukan Wall Sit walau latihan ini terlihat sederhana?

Kebanyakan orang dalam hal latihan lebih memilih latihan yang kompleks seperti squat dan deadlift sebagai latihan kaki yang biasa dilakukan karena merasa bahwa semakin kompleks suatu latihan maka akan semakin bagus juga manfaatnya.

Namun, diantara semua latihan kompleks yang ada, Wall Sit memiliki beberapa manfaat yang tidak dapat diberikan oleh latihan kaki pada umumnya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak terus penjelasan mengenai Wall Sit dan bagaimana cara melakukannya berikut ini.

Apa Itu Wall Sit?

Bagi Anda yang belum cukup familiar dengan Wall Sit, latihan ini dilakukan dengan cara menyandarkan punggung ke dinding dengan lutut yang ditekuk seolah-olah sedang duduk dan menahannya dalam jangka waktu tertentu (biasanya 30 sampai 60 detik).

Wall Sit merupakan latihan yang lebih mengutamakan seberapa lama Anda berhasil menahan posisi Anda dibandingkan dengan berapa kali Anda mengulang gerakan tersebut. Wall Sit adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar kalori dan menguatkan otot-otot paha.

Cara Melakukan Wall Sit yang Benar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kebanyakan orang masih salah dalam melakukan latihan Wall Sit dengan benar. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang benar dalam melakukan Wall Sit:

 Bersandarlah dan pastikan posisi punggung rata ke dinding dengan kaki selebar bahu dan sekitar 70 cm dari dinding.

 Perlahan-lahan geser punggung Anda dengan melibatkan otot perut ke bawah dinding sampai paha Anda sejajar dengan tanah.

 Sesuaikan kaki Anda sehingga lutut berada tepat di atas pergelangan kaki.

 Jaga agar punggung Anda tetap rata dengan dinding. Kemudian tahan posisi selama 20 hingga 60 detik.

 Geser perlahan kembali punggung Anda sampai ke posisi berdiri.

 Istirahat 30 detik dan ulangi latihan tiga kali. Anda dapat meningkatkan waktu latihan Wall Sit sebanyak 5 detik setiap sesinya.

Baca Juga: Kenali Olahraga 7 Menit dan Manfaatnya

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Wall Sit

Banyak orang yang tidak memperhatikan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat sedang melakukan Wall Sit sehingga manfaat yang diberikan belum optimal. Namun, dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut dapat membuat Anda dapat menghindarinya dan meningkatkan manfaat yang didapatkan.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan Wall Sit:

  1. Lutut Membentang Melewati Pergelangan Kaki

Kaki bagian bawah Anda harus sejajar dengan tanah dan lutut tepat di atas pergelangan kaki. Anda tidak menggunakan paha depan, melainkan menggunakan betis Anda.

  1. Posisi Paha, Kaki Bagian Bawah, dan Punggung

Posisi yang perlu Anda pertahankan adalah dengan paha 90 derajat ke kaki bagian bawah dan punggung. Pada awalnya, Anda mungkin perlu memegang dengan paha pada sudut kurang lebih 45 derajat saat Anda membangun kekuatan.

  1. Titik Berat Berada di Jari Kaki

Titik berat yang seharusnya, berada di tumit Anda bukan di jari kaki Anda. Tumit Anda harus di tanah atau di lantai. Membuat jari kaki menjadi titik beratnya dapat meningkatkan risiko cedera.

Manfaat Wall Sit

Berikut merupakan beberapa manfaat dari Wall Sit yang dapat Anda rasakan dari waktu ke waktu jika melakukan Wall Sit dengan rutin, diantaranya:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Otot

Wall Sit melatih seluruh tubuh bagian bawah Anda dengan tujuan utama untuk meningkatkan daya tahan otot. Jika Anda melakukan latihan ini dengan rutin, maka Anda akan melihat bahwa Anda dapat menahan Wall Sit ini lebih lama dari waktu ke waktu.

  1. Membakar Banyak Otot

Setelah sekitar 15 detik menahan posisi Wall Sit, Anda akan merasakan detak jantung Anda naik. Detak jantung yang lebih tinggi menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar selama jangka waktu tertentu. Hal ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

  1. Meningkatkan Stamina

Diperlukan tenaga yang cukup untuk melakukan Wall Sit, sehingga jika Anda sering melakukannya akan melatih stamina Anda untuk terus berkembang.

Selain ketiga manfaat diatas, masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan Wall Sit seperti dapat dilakukan di mana saja, ada banyak varian yang bisa dikombinasikan, dan dapat dijadikan alternatif saat tidak bisa melakukan squat.

Nah, itulah beberapa hal mengenai apa itu Wall Sit dan bagaimana cara melakukannya. Yang terpenting dari semua ini adalah dengan mencoba melakukannya dan mulai merasakan perbedaannya. Selamat olahraga dan hidup sehat!

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

Tag :
Referensi
  1. Quinn, Elizabeth. 2021. How to Do the Wall Sit.
  2. Harris-Fry, Nick. 2019. How To Do The Wall Sit: A Great Exercise To Prevent Runner’s Knee.
  3. Ward, Brian. 8 Amazing Benefits Of The Wall Sit (& How To Do It Correctly). 
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami