Bantuan
Bantuan

Apa Itu Nilai Normal Hb dan Bagaimana Cara Menjaganya Tetap Normal?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

Apa Itu Nilai Normal Hb dan Bagaimana Cara Menjaganya Tetap Normal?

Sudahkah Anda mengetahui berapa nilai normal Hb yang sebenarnya dan bagaimana cara agar nilai Hb ini tetap berada dalam kondisi normal? Hemoglobin atau Hb sejatinya adalah salah satu kandungan yang dapat ditemukan dalam sel darah merah Anda. Hb inilah yang menyebabkan darah manusia berwarna merah.

Mengetahui nilai normal Hb merupakan suatu hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan. Dengan mengetahui nilai normal Hb ini, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Ketika nilai Hb tidak berada pada angka normal, baik karena terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka terdapat beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh Anda, seperti kadar saturasi oksigen yang menurun. 

Nilai normal Hb

Lantas berapa nilai normal Hb itu sendiri? Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa nilai normal Hb akan berbeda antara orang yang satu dengan lainnya. Perbedaan ini akan bergantung pada beberapa faktor seperti jenis kelamin dan usia.

Pada bayi yang baru lahir, nilai normal Hb akan berkisar pada angka 17 sampai 22 gm/dL. Adapun pada bayi berusia satu minggu, kadar normalnya adalah sekitar 15 sampai 20 gm/dL, sedangkan pada bayi berusia satu bulan berkisar antara 11 sampai 15 gm/dL. Pada anak berusia 1 sampai 6 tahun, nilai normal Hb nya adalah sekitar 11,5 gm/dL, remaja usia 6 sampai 18 tahun adalah sekitar 12 gm/dL. 

Sedangkan pada wanita dewasa, nilai normal Hb ini adalah sekitar 12 sampai 16 gm/dL. Adapun pada wanita paruh baya nilai normal Hb adalah sekitar 11,7 sampai 13,8 gm/dL. Jika pada pria dewasa nilai normal Hb ini adalah sekitar 14 sampai 18 gm/dL, maka pada pria paruh baya nilai normal Hb adalah sekitar 12,4 sampai 14,9 gm/dL.

Cara menjaga Hb tetap normal

Lalu seperti apa cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga Hb tetap normal? Mudah saja, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam keseharian demi menjaga nilai Hb tetap normal.  

  1. Mengonsumsi zat besi

Cara menjaga Hb tetap normal yang pertama, yaitu dengan mengkonsumsi zat besi. Pasalnya, apabila tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka jumlah Hb dalam darah akan berkurang. Oleh karena itu, untuk menjaga Hb tetap normal Anda perlu memenuhi asupan zat besi. Pada laki-laki dewasa membutuhkan 8 mg zat besi setiap harinya, sedangkan wanita dewasa membutuhkan 18 mg zat besi setiap harinya. 

  1. Mengonsumsi vitamin C

Mencukupi zat besi saja tidaklah cukup untuk menjaga Hb normal. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengkonsumsi vitamin C. Hal ini dikarenakan oleh vitamin C akan membantu penyerapan zat besi pada tubuh menjadi maksimal. Pada saat zat besi berhasil diserap dengan maksimal, maka hemoglobin dalam darah dapat meningkat. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan vitamin C, yaitu tomat atau jeruk.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Imunitas Tubuh

  1. Mengkonsumsi asam folat

Mengkonsumsi asam folat juga menjadi salah satu cara menjaga Hb tetap normal. Hal ini karena, pada saat Anda mengonsumsi asam folat maka tubuh dapat menghasilkan heme. Heme itu sendiri merupakan komponen hemoglobin yang akan membawa oksigen. Pada saat asupan asam folat tidak cukup, maka dapat membuat sel darah merah tidak matang dan menyebabkan kadar Hb menurun. Beberapa makanan yang mengandung asam folat, yaitu hati ayam, pisang dan kacang. 

  1. Berolahraga

Cara menjaga kadar hemoglobin dalam darah tetap normal yang selanjutnya, yaitu rutin berolahraga. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan oksigen saat olahraga. Oleh karena itu, rutin berolahraga dapat membuat hemoglobin terus meningkat. Olahraga yang dilakukan pun bisa Anda pilih sesuka hati sesuai dengan kemampuan atau yang Anda sukai. 

  1. Hindari mengkonsumsi beberapa minuman

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar hemoglobin tetap normal yaitu menghindari beberapa minuman seperti kopi, soda, dan minuman alkohol. Hal ini karena beberapa minuman tersebut hanya akan membuat penyerapan zat besi oleh tubuh tidak terjadi secara maksimal. 

Itulah dia penjelasan mengenai nilai normal Hb dan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga nilai normal tersebut. Selain cara-cara di atas, cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok serta rutinlah melakukan medical check up untuk mengecek apakah kadar Hb Anda masih tergolong normal.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

 

Sumber:

Cadman, Bethany. 2018. How to increase hemoglobin: Home remedies. 

Davis, Charles Patrick. 2021. Hemoglobin: Normal, High, Low Levels and Causes. 

Nall, Rachel. 2020. Hemoglobin Levels: What Considered Normal?. 

 

Watson, Kathryn. 2018. How to Raise Your Hemoglobin Count.

Tag :
Bagikan artikel ini