Bantuan

Mengenal Penyebab Penyakit Paru-Paru dan Ragam Jenisnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

penyakit paru-paru

Mengetahui penyebab penyakit paru-paru merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, paru-paru merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang memiliki peranan yang sangat penting. Paru-paru berfungsi dalam memasok oksigen dan mengeluarkan udara kotor dari dalam tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu,  terjadinya masalah pada paru-paru tentu dapat menyebabkan berbagai gangguan lainnya pada tubuh Anda. 

Penyebab Penyakit Paru-Paru

Lalu apa saja penyebab penyakit paru-paru tersebut? Berikut ini akan dijelaskan faktor yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru. 

  1. Radon

Penyebab penyakit paru-paru yang pertama yaitu radon atau gas radioaktif yang tidak terlihat dan tidak berbau yang ada di sekitar Anda. Radon ini tercipta dari uranium yang membusuk di dalam batu, tanah dan juga air. Kadar radon tertinggi ada di lantai bawah tanah dan tempat yang tidak memiliki sirkulasi udara seperti ventilasi. 

  1. Polusi Udara

Polusi udara merupakan penyebab penyakit  paru-paru yang selanjutnya. Beberapa polusi udara yaitu asap rokok, asap knalpot jalanan dan lainnya. Berbagai polusi udara tersebut dapat menyebabkan saluran pernapasan mengalami kerusakan yang cukup serius. 

  1. Asbestos

Penyebab penyakit paru-paru yang terakhir yaitu asbestos. Asbestos itu sendiri merupakan mineral yang muncul secara alami dan memiliki kaitan dengan luka pada jaringan paru dan kanker paru. Saat ini asbestos sering dijumpai di setiap rumah, pada  awalnya mineral ini hanya digunakan untuk penahan api. 

Ragam Penyakit Paru-Paru

Setelah mengetahui penyebab penyakit paru-paru, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis penyakit paru-paru tersebut. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang menyerang paru-paru. 

  1. Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh peradangan pada bronkus. Penyebab terjadinya perdagangan ini yaitu iritasi asap rokok dan juga infeksi virus. Penderita penyakit bronkitis akan mengalami batuk berdahak yang berkepanjangan. Dahak yang disebabkan bronkitis umumnya tidak berwarna dan kental. Selain itu, bronkitis dapat berlangsung akut dan akan membaik setelah 10 hari tanpa menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

  1. Pneumonia

Penyakit paru-paru yang selanjutnya yaitu pneumonia atau infeksi pada sistem pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, jamur ataupun bakteri yang akan menyerang kantung udara pada paru-paru. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan yang membuat paru-paru terendam cairan dan menyebabkan beberapa sel mati. Kondisi ini menyebabkan oksigen yang ada di paru-paru menjadi sulit untuk dialirkan menuju pembuluh darah. Oleh karena itu, penderita pneumonia akan mengalami sesak napas dan batuk terus menerus. 

Baca juga: Mengetahui Berbagai Penyebab dan Cara Mencegah Pneumonia

  1. Asma

Asma merupakan gangguan pernapasan kronis yang terjadi karena adanya penyempitan yang disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan. Penyempitan saluran pernapasan ini akan mempengaruhi kerja dari paru-paru sehingga pertukaran udara menjadi terhambat. Ketika kambuh, penderita asma mungkin akan merasakan sakit paru-paru terutama pada sebelah kiri. Selain itu, penyakit paru-paru yang satu ini tidak dapat disembuhkan secara total dan dapat kambuh kembali karena disebabkan oleh beberapa pemicu seperti udara dingin. 

Baca juga: Apa Penyebab Asma? Ketahui Jawabannya di Bawah Ini dan Cara Mencegahnya

  1. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit paru-paru yang terjadi karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Ketika bakteri ini telah aktif menginfeksi maka akan menimbulkan gejala berupa batuk kronis. Pada awalnya, bakteri ini hanya menyerang paru-paru namun lama kelamaan akan menyerang berbagai organ lainnya seperti tulang, dan kelenjar getah bening. Penularan penyakit ini pun cukup mudah yaitu melalui percikan air liur dan melalui kontak erat. 

  1. Emboli Paru

Penyakit paru-paru yang terakhir yaitu emboli paru atau kondisi ketika salah satu arteri di paru mengalami penyumbatan oleh gumpalan darah. Oleh karena itu, penyebab penyakit paru-paru ini yaitu gumpalan darah yang membeku di pembuluh darah. Gumpalan darah ini akan menghalangi aliran darah menuju paru-paru sehingga menyebabkan sesak napas, nyeri dada, hingga batuk berdarah. 

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab penyakit paru-paru dan ragam jenisnya. Untuk menghindari penyakit paru-paru ini, sebaiknya Anda menjaga kesehatan paru-paru dengan rutin berolahraga dan menjauhi polusi udara. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seluk Beluk Fungsi Paru-Paru Dalam Tubuh Manusia

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. 2020. COPD. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/copd/symptoms-causes/syc-20353679

Medline Plus. 2020. Lung disease. https://medlineplus.gov/ency/article/000066.htm

Barrel, Amanda. 2021. Lung diseases: What to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/types-of-lung-diseases

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang