Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

Prosedur infus vitamin C belakangan ini banyak dibicarakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi terjadi defisiensi vitamin C. Sebagaimana namanya, prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan vitamin C dengan dosis tertentu melalui infus ke pembuluh darah, dan akan memakan waktu selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. 

Pemberian vitamin C secara langsung ke dalam aliran darah ini terbilang lebih cepat dibandingkan dengan mengonsumsi obat atau suplemen yang perlu dicerna oleh tubuh terlebih dahulu. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai infus vitamin C ini, simak penjelasan berikut.

Apa itu infus vitamin C?

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dan oleh karenanya harus dijaga asupannya setiap hari. Memenuhi asupan vitamin C dalam hal ini dapat dilakukan melalui konsumsi buah-buahan seperti jeruk, dan sayuran seperti paprika. Apabila asupan vitamin C ini tidak terpenuhi, seseorang dapat mengalami defisiensi vitamin C yang dapat menimbulkan gejala berupa kelelahan, gusi yang bengkak dan berdarah, nyeri pada sendi, luka susah disembuhkan, hingga timbulnya bintik-bintik di kulit.

Dalam hal ini, infus vitamin C kemudian hadir sebagai salah satu pengobatan yang bertujuan untuk memasukkan vitamin C ke dalam tubuh dengan cepat melalui pembuluh darah. Pada umumnya, prosedur ini hanya dilakukan pada mereka yang berada dalam kondisi membutuhkan asupan vitamin C dengan dosis yang cukup besar, baik karena permasalahan defisiensi vitamin, kondisi tyrosinemia, hingga gangguan penyerapan zat besi. 

Manfaat infus vitamin C

Lantas, apa saja manfaat yang didapat dari infus vitamin C? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan infus vitamin C. 

  1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat infus vitamin C untuk kecantikan yang paling terkenal yaitu dapat mencerahkan kulit. Bagi banyak orang, kulit yang cerah akan membuatnya semakin percaya diri dan menunjang penampilan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak yang melakukan infus vitamin C untuk mendapatkan kulit yang cerah. 

  1. Melembapkan kulit

Selain dapat mencerahkan kulit, infus vitamin C juga dianggap memiliki manfaat dalam melembabkan kulit. Hal ini karena, infus vitamin dapat mencegah kulit menjadi kering sehingga membuat kulit tetap kenyal. 

  1. Menyegarkan tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, infus vitamin C juga dapat menyegarkan tubuh. Hal ini karena infus vitamin memiliki antioksidan yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, maka akan membuat tubuh menjadi lebih segar. 

Efek samping infus vitamin C

Meskipun memiliki beragam manfaat, terutama di bidang kecantikan, namun infus vitamin C ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping tertentu. Adapun beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah infus vitamin C adalah sebagai berikut.

  1. Alergi

Salah satu efek samping yang muncul dari tindakan infus vitamin C yaitu alergi. Hal ini dapat terjadi, apabila Anda memiliki imunitas yang rendah. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan infus vitamin C, lebih baik untuk melakukan  pemeriksaan imunitas terlebih dahulu. 

  1. Gatal dan iritasi

Tidak hanya alergi, efek samping infus vitamin C yang muncul selanjutnya yaitu gatal dan iritasi. Efek samping ini biasanya muncul pada bekas suntikan pada saat memasukkan vitamin C ke dalam tubuh. Anda perlu berhati-hati bila mengalami kondisi ini, karena dapat menjadi pertanda awal penyakit kulit. 

  1. Mengganggu ginjal

Infus vitamin C juga dapat menyebabkan terganggunya ginjal. Hal ini karena, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air sehingga bisa mencapai ginjal. Apabila dosis infus vitamin C terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan terganggunya ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya  infus vitamin C tidak dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu. 

Demikianlah penjelasan mengenai infus vitamin C dan beragam manfaat serta efek samping yang mungkin ditimbulkannya. Perlu diketahui bahwa prosedur infus vitamin C ini sejatinya adalah sama dengan prosedur pemberian obat lainnya melalui infus. Dalam hal ini, petugas kesehatanlah yang akan memasangkan infus, dan kemudian menggantinya manakala cairan vitamin dalam infus telah habis.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Vitamin C Untuk Hilangkan Bekas Jerawat


Sumber:

Evolve. IV Vitamin Therapy for Benefits of Vitamin C High-dose Specially for Immune Support.  

Carter, Alan. 2018. Vitamin C Injection: Benefits and Risks.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi