Bantuan

Mengenal Gejala Mata Kering

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 20 Oct 2020

Bagikan

Mengenal Gejala & Penyebab Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan karena kurangnya jumlah air mata. Air mata diperlukan untuk menjaga kesehatan permukaan depan mata dan untuk memberikan penglihatan yang jelas.

Dengan setiap kedipan kelopak mata, air mata menyebar di permukaan depan mata, yang dikenal sebagai kornea.

Air mata memberikan pelumasan, mengurangi risiko infeksi mata, membersihkan benda asing di mata dan menjaga permukaan mata tetap halus dan jelas. Mata kering dapat terjadi ketika produksi air mata dan drainase tidak seimbang.

Gejala Mata Kering

Mata kering adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki cukup air mata dengan kualitas baik untuk melumasi dan menyehatkan mata.

Orang dengan mata kering dapat mengalami keluhan iritasi, berpasir, gatal atau sensasi terbakar di mata; dan penglihatan kabur. Mata kering secara lebih lanjut dapat merusak permukaan depan mata dan merusak penglihatan.

Baca Juga: Apakah Benar Wortel Dapat Memperbaiki Fungsi Mata?

Penyebab Mata Kering

Mata kering dapat berkembang karena berbagai alasan, termasuk usia, jenis kelamin, obat-obatan, kondisi medis, kondisi lingkungan, dan faktor-faktor lain seperti pemakaian lensa kontak jangka panjang dan pasca operasi lasik.

Mata kering merupakan bagian dari proses penuaan alami. Mayoritas orang di atas usia 65 tahun akan mengalami gejala mata kering.

Wanita lebih cenderung mengembangkan mata kering karena perubahan hormon yang dialami saat kehamilan, penggunaan kontrasepsi oral, dan menopause.

Obat-obatan tertentu, termasuk antihistamin, dekongestan, obat tekanan darah, dan antidepresan, dapat mengurangi produksi air mata dan menyebabkan mata kering.

Orang dengan penyakit rheumatoid arthritis, diabetes, dan masalah tiroid lebih cenderung memiliki gejala mata kering.

Selain itu, adanya peradangan pada kelopak mata (blepharitis), peradangan pada permukaan mata, atau kelopak mata dengan posisi abnormal ke dalam atau ke luar dapat menyebabkan mata kering.

Paparan terhadap asap, angin, dan iklim kering dapat meningkatkan kecepatan penguapan air mata yang mengakibatkan gejala mata kering.

Kegagalan untuk berkedip secara teratur, seperti ketika menatap layar perangkat elektronik untuk jangka waktu yang lama, juga dapat berkontribusi pada pengeringan mata.

Perawatan untuk mata kering bertujuan untuk mengembalikan atau mempertahankan jumlah normal air mata dengan kualitas baik di mata untuk meminimalisasi kekeringan, ketidaknyamanan, dan menjaga kesehatan mata.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata

 

Referensi:

2020 American Optometric Association.

Tag :
Bagikan artikel ini