Bantuan

Apa Itu Kentut Vagina? Ketahui Penjelasannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jun 2022

Bagikan

Apa Itu Kentut Vagina? Ketahui Penjelasannya di Sini

Apa itu kentut vagina? Sudahkah Anda membaca atau mendengar perihal yang satu ini? Rasanya memang asing, namun hal ini adalah salah satu kondisi yang dapat terjadi pada vagina. Bagi yang belum familiar, alangkah baiknya jika mulai membiasakan diri dengan istilah yang satu ini.

Tidak semua orang mampu menjawab apa itu kentut vagina. Peristiwa ini memang tidak begitu sering terjadi. Bahkan dalam lingkup sosial Anda, mungkin hanya beberapa saja yang pernah mengalaminya. Walaupun demikian, agar Anda semakin memahami kentut vagina, alangkah baiknya jika tulisan ini disimak hingga tuntas.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum dalam Merawat Vagina!



Apa Itu Kentut Vagina?

Sebelum mampu menjawab apa itu kentut vagina, Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa tubuh memiliki sarana lain selain hidung dan anus untuk mengeluarkan udara. Vagina adalah salah satu organ yang dapat menghembuskan udara dari dalam tubuh, tentunya dengan mekanisme yang berbeda dari organ-organ lainnya.

Lebih jelasnya, kentut vagina adalah proses terlepasnya sejumlah udara yang terjebak di dalam vagina karena berbagai aktivitas tertentu. Ada kalanya ketika tengah beraktivitas, udara masuk ke dalam vagina, terjebak selama beberapa saat, dan kemudian dikeluarkan kembali.

Udara memang normalnya ada di dalam vagina, namun tidak dalam jumlah yang banyak. Namun jika kantong udara semakin membesar atau dipicu oleh aktivitas tertentu, maka akan berhembus keluar menjadi kentut vagina. Karena sifatnya adalah udara, maka kentut vagina tidaklah berbau seperti halnya kentut yang dihasilkan oleh rektum.

Apakah menimbulkan suara? Ya, seringkali kentut vagina tetap menimbulkan suara seperti halnya kentut pada umumnya. Selain suara, Anda juga akan merasakan sensasi tersendiri ketika udara berhembus keluar dari vagina. Kurang lebih akan sama seperti mulut balon ketika udara di dalamnya berhembus keluar. 

 

Apa Penyebab Kentut Vagina?

Fenomena kentut yang sudah Anda ketahui, yakni memiliki bau dan dikeluarkan dari anus, adalah gas yang hasil buangan atau proses di rektum. Lantas apa yang menyebabkan kentut terjadi pada vagina?

Baca juga: Mengetahui Penyebab Sering Kentut dan Cara Mengatasinya



1. Aktivitas Seksual

Ketika vagina mengalami penetrasi maka akan terbuka celah bagi udara untuk masuk ke dalam dan terjebak selama beberapa saat. Adapun penetrasi pada vagina tidak harus selalu dengan penis (dengan pasangan) namun juga bisa dengan toys (masturbasi).

2. Prosedur Kesehatan (Ginekolog)

Vagina adalah salah satu organ yang ikut diperiksa atau menjadi jalan masuk bagi prosedur kesehatan tertentu. Contohnya yakni pap smear atau kolposkopi yang mengharuskan vagina dimasuki oleh alat tertentu. Proses ini juga memungkinkan bagi keluar masuknya udara pada vagina. 

3. Olahraga

Vagina memang tidak mendapat penetrasi dari manapun ketika berolahraga. Walaupun demikian, jika melakukan latihan yang melibatkan peregangan daerah panggul (contoh: yoga), maka vagina akan terdorong untuk membuka atau rileks. Kondisi seperti itu kemudian memungkinkan lebih banyak udara masuk dan terperangkap di dalam vagina.

 

Haruskah Khawatir dengan Kentut Vagina?

Setelah memahami apa itu kentut vagina, mungkin benak Anda akan berkelana lebih jauh lagi. Yakni ingin mengetahui seberapa jauh efek atau pengaruh dari kentut vagina bagi Anda. Jika Anda sudah terlanjur membayangkan hal-hal yang buruk, tentu Anda akan senang dengan fakta yang sebenarnya.

Pada dasarnya, kentut vagina adalah suatu fenomena yang wajar terjadi dan tidak mengarah pada indikasi buruk. Dalam arti lain, kentut vagina tidak ada hubungannya dengan kondisi tubuh Anda. Ketika kondisi fisik Anda sedang fit, segar bugar, dan tanpa keluhan apapun, kentut vagina tetap dapat terjadi.

Ingatlah selalu bahwa prinsip utama dari fenomena ini adalah adanya udara yang terperangkap di dalam vagina. Udara tersebut masuk berkat beberapa aktivitas tertentu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu risau atau kalut, karena sejatinya fenomena ini wajar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kini Anda telah memahami apa itu kentut vagina. Melalui artikel ini, Anda sudah mengetahui penyebab di balik fenomena ini. Apabila suatu waktu mengalaminya, Anda sudah tidak perlu bertanya-tanya lagi. Kentut vagina adalah normal dan wajar dialami tanpa ada yang perlu dikhawatirkan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Huizen, Jane. 2017. What’s to Know About Vaginal Gas? https://www.medicalnewstoday.com/articles/319558#common-natural-causes

Bagikan artikel ini